EFEKTIVITAS COLABORATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA SHORT CARD BERBASIS IT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Nuhyal Ulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik Collaborative Learning berbantuan media Short Card berbasis IT  serta membandingkan  mana yang lebih baik antara kemampuan pemahaman konsep matematika pada pembelajaran Collaborative Learning berbantuan media Short Card berbasis IT  atau pembelajaran konvensional.  Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif . Penelitian dilakukan di SDN Karangroto  01 Semarang. Adapun Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi normalitas data, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata dan uji banding.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada uji hipotesis  dihasilkan , a = 5% dengan ,  sehingga  artinya kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran Collaborative Learning berbantuan media Short Card berbasis IT lebih baik daripada pemahaman konsep matematika pada pembelajaran konvensional

Keywords


Collaborative Learning, Media Short Card berbasis IT, Kemampuan Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.3.2.1-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id