Analisis faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Limbangan 08 Kecamatan Wanerja Kabupaten Cilacap
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ajnani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Gugus II Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83. https://ejournal pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2869
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta, Raja Perindo persada, 11.
Fitria, S., & Suparno, S. (2016). Evaluasi pembelajaran keterampilan membaca permulaan di TK Fastrack Funschool kelas A program nusantara Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 85. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.6481
Harista, E. (2019). Pemahaman Siswa Tunarungu Di Slb Negeri Koba. Jurnal Hasil Penelitian, 4(1):40–59.
Hendrayani, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9617
Jumaris. (2014). Kesulitan Belajar Presepektif, asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor, Ghalia Indonesia.
Kartika, Y. (2015). Korelasi Antara Kemampuan Menyimak Pembacaan Puisi Dengan Kemampuan Membaca Puisi di Kelas III. Artikel Penelitian, Vol. 4(No. 9), 1–10. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11432
Kuehner, A. (2013). The importance of fine motor skills in the classroom. Early Childhood Education Journal, 41(5), 341-345.
Lederberg, A. R. (2014). Literacy and children with cochlear implants: Implications for intervention. Language, Speech, and Hearing Services in Schools, 45(3), 235-246.
Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram, 12.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Cahyaningtyas, A. P., Ismiyanti, Y., & Mustadi, A. (2019). Analysis of writing mistakes in university student’s essay. 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018), 71–76.
Cahyaningtyas, A. P., Ismiyanti, Y., & Salimi, M. (2022). A Multicultural Interactive Digital Book: Promoting Tolerance and Multiculturalism to Elementary School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4079–4096.
Ismiyanti, Y. (2018). Pengaruh minat dan kedisiplinan terhadap nilai uas ips di sdn 02 temulus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 34–43.
Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 533–543.
Ismiyanti, Y., & Permatasari, N. D. (2021). The effect of pictorial story media on critical thinking of grade 4 SDN 1 Pendem. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 118–128.
Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144
Salamah, E. R. (2018). Pengaruh Kultur Sosial Sosial terhadap Sistem Pendidikan. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 155–164. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1375
Ulia, N., Ismiyanti, Y., & Setiana, L. N. (2019). Meningkatkan Literasi Melalui Bahan Ajar Tematik Saintifik Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 150–160.
Ulia, N., KD, R. F., Ismiyanti, Y., Yustiana, S., Jupriyanto, J., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pendampingan kelompok guru SD di kecamatan Genuk tentang pemahaman metodologi penelitian pendidikan (action research & experiment) dan penyusunan artikel jurnal. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 32–47.
Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.10.2.100-111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id