Analisis faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Limbangan 08 Kecamatan Wanerja Kabupaten Cilacap

Dessy Wulansari, Setyo Eko Atmojo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri Limbangan 08 Kecamatan Wanerja Kabupaten Cilcap. Pendekatan yang digunakan peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Subjek utama pada peneliti ini merupakan siswa kelas 1, orang tua atau wali murid, dan guru kelas 1. Pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan yaitu pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif mengacu pada konsep Miles dan Huberman dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan peserta didik kelas 1 SD Negeri Limbangan 08 Kecamatan Wanerja Kabupaten Cilacap diantaranya yaitu: profil siswa berkesulitan membaca sebanyak 14 dari jumlah siswa keseluruhan 19 dan yang bisa membaca perempuan 2 dan laki-laki, Adapun faktor-faktor lain kurangnya motivasi dari keluarga guru untuk mendorong serta memberi semangat kepada siswa, kurangnya minat membaca peserta didik yang rendah.

Keywords


membaca permulaan, faktor penghambat

References


Ajnani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Gugus II Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83. https://ejournal pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2869

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta, Raja Perindo persada, 11.

Fitria, S., & Suparno, S. (2016). Evaluasi pembelajaran keterampilan membaca permulaan di TK Fastrack Funschool kelas A program nusantara Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 85. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.6481

Harista, E. (2019). Pemahaman Siswa Tunarungu Di Slb Negeri Koba. Jurnal Hasil Penelitian, 4(1):40–59.

Hendrayani, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9617

Jumaris. (2014). Kesulitan Belajar Presepektif, asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor, Ghalia Indonesia.

Kartika, Y. (2015). Korelasi Antara Kemampuan Menyimak Pembacaan Puisi Dengan Kemampuan Membaca Puisi di Kelas III. Artikel Penelitian, Vol. 4(No. 9), 1–10. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11432

Kuehner, A. (2013). The importance of fine motor skills in the classroom. Early Childhood Education Journal, 41(5), 341-345.

Lederberg, A. R. (2014). Literacy and children with cochlear implants: Implications for intervention. Language, Speech, and Hearing Services in Schools, 45(3), 235-246.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram, 12.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Cahyaningtyas, A. P., Ismiyanti, Y., & Mustadi, A. (2019). Analysis of writing mistakes in university student’s essay. 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018), 71–76.

Cahyaningtyas, A. P., Ismiyanti, Y., & Salimi, M. (2022). A Multicultural Interactive Digital Book: Promoting Tolerance and Multiculturalism to Elementary School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4079–4096.

Ismiyanti, Y. (2018). Pengaruh minat dan kedisiplinan terhadap nilai uas ips di sdn 02 temulus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 34–43.

Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 533–543.

Ismiyanti, Y., & Permatasari, N. D. (2021). The effect of pictorial story media on critical thinking of grade 4 SDN 1 Pendem. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 118–128.

Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144

Salamah, E. R. (2018). Pengaruh Kultur Sosial Sosial terhadap Sistem Pendidikan. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 155–164. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1375

Ulia, N., Ismiyanti, Y., & Setiana, L. N. (2019). Meningkatkan Literasi Melalui Bahan Ajar Tematik Saintifik Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 150–160.

Ulia, N., KD, R. F., Ismiyanti, Y., Yustiana, S., Jupriyanto, J., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pendampingan kelompok guru SD di kecamatan Genuk tentang pemahaman metodologi penelitian pendidikan (action research & experiment) dan penyusunan artikel jurnal. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 32–47.

Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.10.2.100-111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id