PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PRAKTIKUM IPS SD PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Yulina Ismiyanti, Andarini Permata Cahyaningtyas

Abstract


Berdasarkan field study, pembelajaran Praktikum IPS SD di Prodi PGSD UNISSULA masih mengandalkan instruksi dosen semata. Mahasiswa terlihat masih kebingungan selama kegiatan praktikum karena ketiadaan bahan ajar yang harusnya menjelaskan langkah-langkah praktikum. Sehingga membuat mereka belum bisa mandiri dalam pembelajaran. Padahal, kegiatan praktikum IPS tidak hanya terbatas di laboratorium IPS. Praktikum IPS melibatkan laboratorium di lapangan atau lingkungan sebagai objek studi ilmu sosial. Oleh karena itu bahan ajar praktikum IPS sangat diperlukan untuk memfasilitasi mahasiswa selama praktikum baik indor atau outdor. Penelitian ini merupakan Researh and Development (R&D), dengan prosedur pendahuluan, pengembangan, serta validasi. Desain yang dipilih yaitu, Post Test Only Control Design. Sumber data penelitian ini ialah mahasiswa semester IVA yaitu kelas eksperimen, dan IVB kelas kontrol Prodi PGSD FKIP UNISSULA tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, lembar validasi ahli, dan soal tes. Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku panduan praktikum IPS SD yang berisi kompetensi pembelajaran, informasi pendukung, petunjuk belajar, lembar kerja. Prestasi belajar dari analisis uji T, kelas eksperimen dengan rata-rata 84,74  lebih tinggi dari kelas kontrol 78,50

Keywords


bahan ajar, Praktikum IPS SD, prestasi belajar

References


Hidayati. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Depdiknas.

Supardan, D. 2015.Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Bandung: Bumi Aksara.

Kemenristekdikti. 2016. Panduan Program Insentif Bahan Ajar dan Pedoman Pembelajaran. Kemenristekdikti:Jakarta.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta. DIVA Press.

Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan.Semarang: Unnes Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang: UNNES.

Sundayana. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.6.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id