PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI GLOBALISASI DI SEKOLAH DASAR

Muhammad Ilham, Waode Eti Hardiyanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi tidak adanya Perangkat Pembelajaran IPS yang berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir siswa. Tujuan penelitian adalah mengkaji perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajarakan materi globalisasi, mengembangkan perangkat pembelajaran IPS dengan metode saintifik, dan mengkaji keefektifan dan kepraktisan perangkat pembelajaran IPS dengan metode saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes angket, dan dokumentasi. Analisis kevalidan perangkat pembelajaran dilakukan dengan penilaian ahli. Data tentang sikap kritis siswa dalam proses pembelajaran dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji n-gain, dan uji perbedaan dua rata-rata. Analisis kepraktisan perangkat pembelajaran dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajarkan materi globalisasi berbasis pada transformasi ilmu pengetahuan. Perangkat pembelajaran IPS dengan metode saintifik telah memenuhi kriteria valid. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa lebih dari KKM (65), uji N-gain dengan nilai 0,50, rata-rata sikap kritis siswa 30,9, dan respons positif guru dan siswa lebih dari 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan perangkat pembelajaran IPS dengan metode saintifik valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga disarankan penggunaan perangkat pembelajaran ini dalam mengajarkan IPS di sekolah dasar.

 

Kata Kunci:   Perangkat Pembelajaran IPS, Metode Saintifik, Berpikir Kritis


Keywords


Perangkat Pembelajaran IPS;Metode Saintifik;Berpikir Kritis

References


Abidin Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama.

Chen & She. 2015. The effectiveness of Scientific Inquiry with/without Integration of Scientific Reasoning. International Journal of Science & Mathematics Education. 13 (1):1-20.

Cottrell, S. 2005. Critical Thinking Skills: Developing Effective Analysis and Argument. New York: Palgrave Macmillan.

Daniel, M. F., & Auriac, E. 2011. Philosophy, Critical Thinking, and Philosophy for Children. Educational Philosophy and Theory Journal, 43(5):415-435.

Daryanto. 2013. Media Pembajaran: Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Gerde, H.K., Schachter. R.E., Wasik. B.A. 2013. Using the Scientific Method to Guide Learning: An Integrated Approach to Early Childhood Curriculum. Early Childhood Education Journal,41:315–323.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. 2011. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Machin, A. 2014 Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1): 28-35.

Majid. 2014. Impelemetnasi Kurikulum 2013: Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Insan Madani.

McPherson, G.R. 2001. Teaching and Learning The Scientific Method. The American Biology Teacher Journal, 63 (4): 242-245.

Presseisen, B. Z . 1986. Critical Thinking and Thinking Skills: State of The Art Definitions and Practice in Public Schools. Philadelphia, Pa: Institution Research For Better Schools, Inc.

Putrawan, A. A dan Suharta, I.G. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1): 1-13.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Walsh, Debby & Paul, W. Richard. 1986. The Goal of Critical Thinking from Educational Ideal to Educational Reality. Chicago: American Federation of Teacher Educational Issues Department.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.12-29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id