PERBEDAAN ASERTIVITAS REMAJA MINANG DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA

Suci Asysyura, Gumi Langerya Rizal

Abstract


Pada kondisi saat sekarang ini ditemukan banyak remaja yang sulit untuk asertif. Hal ini akan menimbulkan dampak yang cukup serius seperti, kecemasan sosial, ketakutan, dan kekhawatiran bahkan mengganggu kesehatan psikologis maupun fisik remaja. Salah satu faktor yang mempengaruhi asertivitas ialah pola asuh orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan asertivitas remaja Minang ditinjau dari pola asuh orang tua. Metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif komparatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 153 orang remaja keturunan Minang yang berada di Sumatera Barat. Subjek dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan uji Kruskall-Wallis dan uji post-hoct Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam asertivitas remaja ditinjau dari Pola Asuh Orang tua (p=0,000, p<0,05), subjek dengan pola asuh authoritative ditemukan lebih asertif daripada subjek dengan pola asuh permissive, neglectful, dan authoritarian.


Keywords


asertivitas; pola asuh orang tua; remaja

Full Text:

PDF

References


Alberti, R., & Emmons, M. (2017). Your perfect right: assertiveness and equality in your life and relationships. Oakland: New Harbinger Publications.

Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku asertif dan kecenderungan kenakalan remaja berdasarkan pola asuh dan peran media massa. Jurnal Psikologi, 41(1), 74–88.

Andayani, F. T., & Mardianto. (2015). Perbedaan asertivitas antara mahasiswa etnis minang dan etnis batak. RAP UNP, 6, 33–44.

Azwar, S. (2012).Pengukuran skala psikologi. Yogyakarta: Gava Media.

Alayi, Zahra., Khamen, Z., & Ahmadigatab, T. (2011). Parenting style and self-assertiveness : effects of a training program on self-assertiveness of Iranian high school girls. Procedia Social and Behavioral Sciences, 30. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.378

Bkkbn. (2017). Kepala Bkkbn ajak remaja menjadi generasi berencana. https://www.bkkbn.go.id/detailpost/kepala-bkkbn-ajak-remaja-menjadi-generasi-berencana.

Dagnew, A., & Asrat, A. (2017). The role of parenting style and gender on assertiveness among undergraduate students in Bahir Dar University. Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 2(3), 223–229. https://doi.org/10.21276/sjhss.2017.2.3.4

Dahlan, Sopiyuddin. (2014). Statistik untuk kedokteran dan kesehatan (Edisi 6). Jakarta: Epidemiologi Indonesia

Delavita, N. (2019). Perbedaan perilaku seksual ditinjau dari pola asuh pada remaja yang berpacaran (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Padang, Padang.

Ellis, R. (2007). Relationship between parenting styles and children motivational style: The development of learned helpless. Unpublished master’s thesis. Wichita state: Faculty of Education, Wichita state University.

Eslami, A. A., Rabiei, L., Afzali, S. M., & Hamidizadeh, S. (2016). The effectiveness of assertiveness training on the levels of stress , anxiety , and depression of high school students. Iranian Red Crescent Medical Journal, 18(1), 1–10. https://doi.org/10.5812/ircmj.21096

Fajri, N., Nirwana, H., & Alizamar, A. (2019). Assertive behavior of Minangkabau and Batak implications in development services social capability. Journal of Educational and Learning Studies, 2(1), 1. https://doi.org/10.32698/0332

Firdaus, D. R. S., P.Lubis, D., Susanto, D., & Soetarto, E. (2018). Potret Budaya Masyarakat Minangkabau berdasarkan keenam dimensi budaya Hofstede. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 6(2). https://doi.org/10.22500/sodality.v6i2.23229

Fitrianto, Heri. (2012). Pola komunikasi dalam keluarga etnis Minangkabau di Perantauan dalam membentuk kemandirian anak. Universitas Gunadarma: Depok.

Gota, A. A. (2012). Effect of parenting styles, academic self-efficacy, and achievment motivation on the academic achievement of university students in Ethiopia. 315–316. https://doi.org/10.1057/978-1-349-95943-3_324

Handayani, N. (2015). Perbedaan Kontrol diri dalam Berkendara pada remaja

dibawah umur ditinjau dari pola Asuh orangtua (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Padang, Padang.

Hasnabuana, Y., & Sawitri, D. R. (2015). Asertivitas ditinjau dari kemandirian dan jenis kelamin pada remaja awal di SMPN 1 Smarang. Empati, 4(April), 219–223.

Hosseini, S. A., Mirnasab, M. M., Salimy, H., & Zangiabadi, M. (2015). The effect of assertiveness skills training on reduction of emotional victimization of female high school students. International Journal of Life Sciences, 4, 59–64.

Hurlock, E. B. (1993) Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Khalisah, S., & Lubis, R. (2016). Perbedaan perilaku asertif ditinjau dari pola asuh orang tua pada remaja yang memiliki clique. Jurnal Diversita, 2, No.1, 10–22.

Lee, J. yeon, & Ciftci, A. (2014). Asian international students’ socio-cultural adaptation: Influence of multicultural personality, assertiveness, academic self-efficacy, and social support. International Journal of Intercultural Relations, 38(1), 97–105. https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2013.08.009

Marini, L., & Andriani, E. (2005). Perbedaan asertivitas remaja ditinjau dari pola asuh orang tua. Psikologia, I(2), 46–53.

Mohebi, S., Sharifirad, G. H. R., Shahsiah, M., Botlani, S., Matlabi, M., & Rezaeian, M. (2012). The effect of assertiveness training on student ’ s academic anxiety. Original Article, 62(March).

Oktaria, A., Siregar, A., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan antara gegar budaya dengan penyesuaian diri pada mahasiswa bersuku Minang di Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 7(April), 48–65.

Parray, W. M., & Kumar, S. (2017). Assertiveness among Undergraduate Students of the University. The International Journal of Indian Psychology, 4(1), 76.

Pratama, A. (2019). Nilai-nilai pendidikan Islam dan pola asuh orang tua dalam falsafah hidup adat Minangkabau untuk melahirkan masyarakat yang tangguh di kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Doctoral dissertation). Universitas Islam Indonesia : Yogyakarta.

Pratiwi, W. E. (2015). Pengaruh budaya Jawa dan harga diri terhadap Asertivitas pada remaja siswa kelas X di SMA Negeri 3 Ponorogo. Jurnal Psikologi, 3(1), 348-357.

Rathus, S.A., & Nevid, Jeffrey. (1977). Behaviour therapy strategies for solving problems in living. New York: Doubleday & Company Inc.

Santrock, John W. (2014). Adolescence psychology. New York: Mc-Graw Hill Education.

Setyaningrum, R. B., Yulianti, A., Asra, Y. K., Psikologi, F., Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2020). Pola asuh authoritative dengan perilaku asertif remaja keturunan minang di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 101–109

Shilling, C. S. (2007). The relationship between the assertive behavior of parents and the behavior of their children. The American Journal of Family Therapy, January 2015, 37–41. https://doi.org/10.1080/01926187908250328

Steinberg, L., & Morris, A. S. (2001). Adolescent development. Annual Reviews Psychology, 83–110.

Suciati, R., & Agung, I. M. (2017). Perbedaan ekspresi emosi pada orang Batak, Jawa, Melayu dan Minangkabau. Jurnal Psikologi, 12(2), 99. https://doi.org/10.24014/jp.v12i2.3236

Sudha, R. (2005). How to be an assertive nurse?. Nursing journal of India, 96(8), 182.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.15.2.120-130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat