HUBUNGAN RASA MEMILIKI DAN KOMITMEN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PEMAIN FUTSAL FAKULTAS DI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aamodt, M. G. (2010). Industrial/organizational psychology: An applied approach. Belmont, CA: Wadsworth Cengage Learning.
Asnawi. (2002). Teori motivasi. Jakarta: Studi Press.
Azwar. (2010). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar. (2012). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Colquitt, J. A., LePine, J. A., & Wesson, M. J. (2015). Organizational behavior: Improving performance and commitment in the workplace. New York: McGraw-Hill Education.
Curtis, S., & Wright, D. (2001). Retaining employees - The fast track to commitment. Management Research News , 24 (8/9), 59-64.
Degeng. (1997). Strategi pembelajaran, mengorganisasi isi dengan model elaborasi. Malang: IKIP Malang & Biro Penerbitan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan.
Dewi, & Prihatanta. (2015). Hubungan berat badan dan tinggi badan dengan kelincahan pemain futsal putri UNY. Medikora , 16 (2).
Dirwan. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan dan komitmen mahasiswa terhadap motivasi berprestasi mahasiswa perguruan tinggi swasta. Jurnal Cakrawala Pendidikan , 3 (3), 379-391.
Dwianasari, R., & Mardiasmo. (2004). Pengaruh hubungan antara partisipasi anggaran dan struktur desentralisasi pada kinerja manajer agensi pemerintahan daerah: Peran komitmen organisasi sebagai variabel intervensi (Studi tentang Kotamdya dan Kabupaten di Provinsi Yogyakarta). Sosiosains , 17 (4), 655-674.
Effendi. (2016). Pengaruh metode latihan practice session, test session dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menendang dalam sepak bola. Jurnal Pendidikan Unsika , 4 (1), 91-106.
Fernald, L. D., & Fernald, P. S. (2004). Introduction to psychology (5th Edition ed.). Delhi: A.I.T.B.S Publishers & Distributors (Regd).
Ferreira, Cardoso, & Abrantes. (2011). Motivation and relationship of the student with the school as factors involved in the perceived learning. Procedia: Social and Behavioral Sciences , 1707-1714.
Freeman, Anderman, & Jensen. (2007). Sense of belonging in college freshmen at The Classroom and Campus Levels. The Journal of Experimental Education , 75 (3), 203-220.
Goodenow, & Grady. (1993). The relationship of school belonging and friends' values to academic motivation among urban adolescent students. Journal of Experimental Education , 62 (1), 60-71.
Gould, D., & Weinberg, R. S. (2007). Foundations of sport and exercise psychology (4th edition). IL Champaign: Human Kinetics.
Gunarsa. (2008). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Guspa, A., & Rahmi, T. (2014). Hubungan antara persepsi terhadap financial reward dengan komitmen kerja pada Atlet. Jurnal RAP UNP , 5 (1), 1-11.
Hagerty, & Patusky. (1995). Developing a measure of sense of belonging. Nursing Research , 44 (1), 9-13.
Hagerty, B. M., Lynch-Sauer, J., Patusky, K. L., Bouwsema, M., &
Collier. (1992). Sense of belonging: A vital Mental health concept. Archives of Psychiatric Nursing , VI (3), 172-177.
Halim, S. (2012). 1 Hari pintar main futsal. Yogyakarta: MedPress Digital.
Hasibuan, M. S. (2007). Organisasi & motivasi. Bandung: Bumi Aksara.
Heckhausen. (1967). The anatomy of achievement motivation. New York: Academic Press.
Herlambang, S. (2014). Perilaku organisasi: cara mudah mempelajari perilaku manusia dalam sebuah organisasi. Sleman: Gosyen Publishing.
Irwanto. (1997). Psikologi umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Jatmiko, E. D., Swasto, B., & Eko N, G. (2015). Pengaruh motivasi kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan (Studi pada karyawan kompartemen pabrik II PT. Petrokimia Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) , XXI (1), 1-8.
Kreitner, & Kinicki. (2010). Organizational behavior. New York: McGraw-Hill.
Kusumawati, & Mylsidayu. (2015). Analisis anxiety atlet PORDA Kota Bekasi. Motion , 6 (1), 1-16.
Kusumawati, M. (2016). Pengaruh circuit training terhadap daya tahan atlet futsal SWAP Jakarta dalam Indonesia Futsal League (IFL) 2013. Jurnal Pendidikan Olahraga , 3 (1), 27-34.
Lhaksana, J. (2011). Taktik & strategi futsal modern. Depok: Be Champion.
Manggarani, & Supraptiningsih. (2015). Hubungan antara peran kelompok teman sebaya dengan motivasi berprestasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung angkatan 2011. Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba (Sosial dan Humaniora) (pp. 164-172). Bandung: Unisba.
Mangkunegara. (2005). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
McMillan, D. A., & Chavis, D. M. (1986). Sense of community: A definition and theory. Journal of Community Psychology , 14 (1), 6-23.
Muhaeminah. (2015). Game therapy untuk meningkatkan sense of belonging anak panti asuhan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan , 3 (1), 32-53.
Mulyana. (2013). Hubungan konsep diri, komitmen, dan motivasi berprestasi dengan prestasi renang gaya bebas. Jurnal Cakrawala Pendidikan , 3 (3), 488-498.
Mulyasa. (2011). Praktik penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosykarya.
Munandar, A. S. (2008). Psikologi industri dan organisasi. Jakarta: UI-Press.
Murwaningsari, E. (2008). The role of organizational commitment and procedural justice in moderating the relationship between budgetary participation and managerial performance. Gadjah Mada International Journal of Business , 10 (2), 185-210.
Periantalo, J. (2016). Penelitian kuantitatif untuk psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putri. (2014). Hubungan dukungan sosial orang tua, pelatih, dan teman sebaya dengan motivasi berprestasi akademik dan motivasi berprestasi olahraga (basket) pada Mahasiswa Atlet Basket Universitas Surabaya.
Radar Banjarmasin. (2016). Pemain 'nakal' dicoret. Banjarmasin: PT. Duta Prokal Multimedia.
Robins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Rosmita, & Nainggolan, K. (2015). Pengaruh kepemimpinan, iklim organisasi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja karyawan PT. Bintang Mandiri Finance Jawa Barat. Ecodemica. , 3 (2), 516-528.
Santi, T. (2012). Menumbuhkan rasa cinta terhadap pekerjaan: Motivasi terhadap pegawai perpustakaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan. Jurnal Iqra’ , 6 (1), 87-98.
Sardiman. (2007). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Schuler, H., Thornton, G. C., A, F., & Hanson, R. M. (2004). AMI: Achievement motivation inventory (1st Edition ed.). Oxford: A Hogrefe Company.
Setyani, & Khamidi. (2013). Evaluasi manajemen tim pertandingan dash karate club taman-Sidoarjo. Jurnal Prestasi Olahraga , 1 (1).
Siregar. (2015). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Siswati. (2015). Hubungan Kompetensi pedagogik guru dan efikasi diri dengan motivasi berprestasi belajar siswa kelas IX SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Kultura , 16 (1), 4925-4935.
Sopiah. (2008). Perilaku organisasional. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulasmi. (2005). Hubungan komitmen organisasi dengan motivasi berprestasi pada Pegawai Administrasi Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta: Eprints UAD.
Surahman. (2008). Hubungan antara persepsi terhadap gaji dan komitmen organisasi dengan motivasi berprestasi. Surakarta: Eprints UMS.
Suryabrata. (2002). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Sutrisno, E. (2013). Budaya organisasi (1st Edition ed.). Jakarta: Kencana.
Triatna, C. (2015). Perilaku organisasi dalam pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Wattimena. (2015). Hubungan motivasi berprestasi dan kecemasan terhadap prestasi panahan ronde recurve pada Atlet Panahan di Indonesia. Motion , 6 (1), 109-122.
Wibowo. (2015). Perilaku dalam organisasi (2 ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Yuwono. (2015). Handarbeni dan sense of belonging di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Proceeding Seminar Nasional "Selamatkan Generasi Bangsa dengan Membentuk Karakter Berbasis Kearifan Lokal" (pp. 208-215). Solo: Publikasi Ilmiah UMS.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.13.2.144-155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.