UPAYA PENDAMPINGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA LEMBAGA-LEMBAGA PAUD DI SINGARAJA, BALI

Luh Ayu Tirtayani

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui proses pendampingan pembelajaran terhadap anak usia dini berkebutuhan khusus, yang dilaksanakan oleh pendidik PAUD di Kota Singaraja-Bali. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil studi terdahulu, yakni karena belum adanya lembaga pendidikan inklusi maka anak usia dini berkebutuhan khusus di Kota Singaraja mengenyam pendidikan di sekolah reguler. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan melibatkan guru pendamping, Kepala PAUD, dan orangtua. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, serta dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki persepsi negatif terhadap anak berkebutuhan khusus. Persepsi negatif ini berkaitan dengan kelemahan anak di kelas dan nilai-nilai kultural tentang tanggungjawab yang harus dipenuhi oleh keluarga dari anak berkebutuhan khusus tersebut. Lebih lanjut, pengetahuan dan keterampilan yang baru diperlukan oleh guru dalam upaya meningkatkan kualitas pendampingan bagi anak didiknya yang berkebutuhan khusus. Peran berbagai pihak terkait dibutuhkan demi pencapaian tujuan tersebut.   

Kata-kata Kunci: pendampingan ABK, anak usia dini, peran guru, studi kasus


Keywords


pendampingan ABK; anak usia dini; peran guru; studi kasus

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.12.2.21-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat