EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA MEMPREDIKSI MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA
Abstract
Perkembangan ekonomi global menuntut individu untuk lebih kreatif dan inovatif dalam berwirausaha. Namun pada kenyatannya individu lebih banyak memilih mencari pekerjaan dibandingkan membuka usaha sendiri atau berwirausaha. Hal ini bisa dimulai dengan menumbuhkan minat berwirausaha pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Riau sebanyak 394 mahasiswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala minat berwirausaha, skala efikasi diri dan skala dukungan sosial keluarga. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda deangan menggunakan program SPSS versi 23 for windows. Berdasarkan uji analisis diperoleh F=8,121 dan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Adapun kontribusi yang diberikan sebesar R2=0,052 atau 5,2%. Hal ini berarti menunjukkan pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial keluarga terhadap minat berwirausaha sebesar 5,2%. Universitas perlu melakukan pelatihan kewirausahaan untuk membangun niat kewirausahaan bagi siswa. Pada saat yang sama, konseling dan seminar untuk orang tua untuk memberikan dukungan sosial kepada siswa tentang pentingnya membangun niat kewirausahaan. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua tentang pentingnya dukungan sosial mereka dalam mendorong siswa untuk menjadi wirausaha.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghajani, H., Shababi, H., & Fattahi, M. (2012). Role of Environmental factors on establishment of small and medium enterprises (SMEs): case of Mazadaran Province of Iran. World Applied Sciences Journal, 19 (1), 131-139
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179-211
Ajzen, I. (2005). Attitude, personality and behavior (Second Edition). London: Open University Press
Bandura, A. (1999). A social cognitive theory of personality. In L.
Pervin & O. John (Ed.), Handbook of personality (2nd ed., pp. 154-196). New York: Guilford Publications. (Reprited in D. Cervone & Y. Shoda [Eds.], The coherence of personality. New York: Guilford Press.)
Bandura, A. (2006). Guide for constructing self-efficacy scales. In F.
Pajares & T. Urdan (Eds.), Adolescence and education, Vol. 4: Self-efficacy beliefs of adolescents. Greenwich, CT: Information Age Publishing
Barley, T.N. (2014). Why Indonesia Lacks Entrepreneurs. http://www.thejakartapost.com/news/2014/12/20/why-indonesia-lacks entrepreneurs.html
Drnovsek, M., Wincent, J., & Cardon, M. S. (2010). Entrepreneurial self-efficacy and business start-up: developing a multi-dimensional definition. International Journal Entrepreneurial Behaviour & Research, 16 (4), 329-348
Hendarman. (2010). Kebijakan dan Program Kewirausahaan di Perguruan Tinggi, Makalah dalam TOT Kewirausahaan bagi dosen, Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti.
House, J. S. (1981). Work stress and social support. Addison-
Wesley Series on Occupational Stress. University of Michigan
Kabir, S.M., Haque, A., & Sarwar, A. (2017). Factors affecting the intention to become an entrepreneur: A Study from Bangladeshi Business Graduates’ Perspective. International Journal of Engineering and Information Systems, 1 (6), 10-19
King, L.A. (2014). Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika
Koranti, K. (2013). Analisis Pengaruh Faktor Eksternal dan Iternal Terhadap Minat Berwirausaha. Dalam Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi,Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil, 5 (5)
Krueger, N.F. Jr, Reilly, M.D. & Carsrud, A.L. (2000), “Competing models of entrepreneurial intentionsâ€, Journal of Business Venturing, Vol. 15 No. 5/6, pp. 411-32
Kruger, N.F. (2000). The cognitive infrastructure of opportunity emergence. Entrepreneurship Theory and Practice, 24 (3), 5-23
Lee, L., Wong, P. K., Foo, M. Der, K. & Leung, A. (2011). Entrepreneurial intentions: The influence of organizational and individual factors. Journal of Business Venturing, 26 (1), 124–136. doi:10.1016/j.jbusvent.2009.04.003
Lee, S.M., Chang, D. &Lim, S.B. (2005). Impact of entrepreneurship education: a comparative study of the US and Korea. International Entrepreneurship and Management Journal, 1 (1), 27 – 43.
Lestari, R, B., & Wijaya, T. (2012). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Jurnal ilmiah STIE MDP, 1 (2), 112-119
Maddux, J. E. (2009). Self-efficacy: The power of believing you can. In S. J. Lopez & C. R. Snyder (Eds.), Oxford library of psychology. Oxford handbook of positive psychology (pp. 335-343). New York, NY, US: Oxford University Press
Mohamad, N., Lim, H.-K. Yusof, N. & Soon, J.-J. (2015). Estimating the effect of entrepreneur education on graduates‟ intention to be entrepreneurs‟, Education+ Training, 57 (9), pp. 874-890
Nastiti, T., Indarti, N. & Rostiani, R. (2010). Minat Berwirausaha Mahasiswa Indonesia dan Cina. Manajemen & Bisnis, 9 (2), 188–189
Patricia., & Silangen. (2016). The effect of entrepreneurship education on entrepreneurial intention in Indonesia. Development Research of Management (DeReMa) Jurnal Manajemen, 11 (1), 67-86
Pintrich, R. P. & Schunk, D, H. (1996). Motivation In Education, Theory, Research, and Application. New Jersey: Prentice Hall
Pratiwi, Y., & Wardana, M, I. (2016). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. E-Jurnal Manajemen Unud, 5 (8). 5215-5242
Rytkonen, M. H., & Strandivik, T. (2005). Stress in business relationship. The Journal of Business Industrial Marketing, 20 (1), 12-22
Sahban, M. A., Ramalu, S. S., & Syahputra, R. (2016). The influence of social support on entrepreneurial inclination among business students in Indonesia. Information Management and Business Review, 8 (3), 32-46
Sarafino, E. P. (2006). Health Psychology: biopsychologicall interactions. New York: John Wiley and Sons
Wu, S., & Wu, L. (2012), “The impact of higher education on entrepreneurial intentions of university students in Chinaâ€. Journal of Small Business and Enterprise Development, 15 (14), 752-774
Yasa, A. (2018). Kemenkop dan UKM luncurkan Gerakan mahasiswa pengusaha. Bisnis.com, diakses pada https://ekonomi.bisnis.com/read/20180308/87/746945/kemenkop-dan ukm-luncurkan-gerakan-mahasiswa-pengusaha
Zul Indra (2018). http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/07/25/hipmi-riau-memiliki-1600-pengusaha-pemula-binaan-di-12-kabupaten-kota
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.14.2.151-161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.