Terapi Kelompok Suportif untuk Menurunkan Quarter-Life Crisis pada Individu Dewasa Awal di Masa Pandemi Covid-19

Farra Anisa Rahmania, Muhammad Novvaliant Filsuf Tasaufi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji perubahan quarter-life crisis setelah diberikan intervensi terapi kelompok suportif. Subjek dalam penelitian ini adalah individu dalam fase emerging adulthood yang mengalami quarter life crisis (n=5). Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest post test. Alat ukur yang digunakan adalah Quarter-Life Crisis Diagnosis Quiz yang dikembangkan oleh Hassler (2009). Modul penelitian yang digunakan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Andaryati (2018) dan telah dimodifikasi oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan skor quarter-life crisis antara sebelum dan setelah intervensi terapi kelompok suportif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kajian tambahan mengenai terapi yang dilakukan secara online.

Kata kunci: Quarter Life Crisis, Terapi Kelompok Suportif, Individu Dewasa Awal


Full Text:

Download PDF

References


Abdi. A. P. (2020). Nasib Mahasiswa Tingkat Akhir Saat Pandemi Covid 19. Tirto.id. https://tirto.id/nasib-mahasiswa-tingkat-akhir-saat-pandemi-corona-covid-19-eMvn

Agustin, I. (2012). Terapi dengan Pendekatan Solution-Focused pada Individu yang Mengalami Quarter-Life Crisis. Tesis, tidak diterbitkan. Universitas Indonesia.

Ahmad, A. A. B., & Ambotang, A. S. B. (2020). Pengaruh kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan persekitaran keluarga terhadap stres akademik murid sekolah menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(5), 12–23.

Andaryati, A. (2018). Terapi Kelompok Dukungan untuk Meningkatkan Resiliensi Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisa. Tesis. Universitas Islam Indonesia.

Arnett, J. J. (2000). Emerging adulthood: A theory of development from the late teens through the twenties. American Psychologist, 55(5), 469-480. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.5.469

Atwood, J. D., & Scholtz, C. (2008). The quarter-life time period: An age of indulgence, crisis or both?. Contemporary Family Therapy, 30(4), 233–250. https://doi.org/10.1007/s10591-008-9066-2

Black, A. (2010). “Halfway Between Somewhere and Nothingâ€: An Exploration of the Quarter-Life Crisis and Life Satisfaction among Students. Thesis. University of Arkansas.

Byock, S. D. (2010). The Quarter-life Crisis and the Path to Individuation in the First Half of Life. California: Pacifica Graduate Institute.

Corey, G. (2010). Theory and Practice of Group Counseling (8th edition). Belmont, CA, USA: Brooks/Cole, Cengage Learning.

Corey, G. (2011). Theory and Practice of Group Counseling. Toronto: Nelson Education.

Feijt, M., de Kort, Y., Bongers, I., Bierbooms, J., Westerink, J., & IJsselsteijn, W. (2020). Mental health care goes online: Practitioners' experiences of providing mental health care during the COVID-19 pandemic. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 1-5. https://doi.org/10.1089/cyber.2020.0370

Fitria, L., & Karneli, Y. (2020). Cognitive behavior therapy counseling untuk mengatasi anxiety dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling AL-IRSYAD, 10(1), 23-29.

Fischer, K. (2008). Ramen Noodles, Rent and Resumes: An After-College Guide to Life. California: SuperCollege LLC.

Golden, L., Biebel, K., MacPhee, J., Schwartz, V., & Scott, J. (2017). The quarter-life crisis: Supporting young adult mental. The 31st Annual Research & Policy Conference on Child, Adolescent, and Young Adult Behavioral Health (Tampa, Florida).

Hassler, C. (2011). Are You Having A Quarter-Life Crisis?. https://www.huffingtonpost.com/christine-hassler/are-you-having-a-quarterl_b_326612.html

Hermaleni, T. (2012). Efektivitas Support Group Therapy dalam Meningkatkan Resiliensi Warga Binaan Wanita Kasus Narkotika. Tesis, tidak diterbitkan. Universitas Gajah Mada.

Heuvel, E., Witte, L., Stewart, R., Schure, L., Sanderman, R., & Jong, B. (2002). Long-term effect of a group support program and an individual support program for informal caregivers of stroke patients: Which caregivers benefit the most?. Patient Education and Counseling, 47, 291-299.

Kasnelly, F. A. J. S. (2020). Meningkatnya angka pengangguran di tengah pandemi (COVID-19). Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 45-60.

Knapp, T. R. (2016). Why is the one-group pretest–posttest design still used?. Clinical Nursing Research, 25(5), 467-472. https://doi.org/10.1177/1054773816666280

Kurniawan, Y., & Noviza, N. (2018). Peningkatan resiliensi pada penyintas kekerasan terhadap perempuan berbasis terapi kelompok pendukung. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(2), 125-142.

Kurtz, L. F. (1997). Self-Help and Support Groups: A Handbook for Practitioners. London: SAGE Publications, Ltd.

Miller, L. (1998). Our own medicine: Traumatized psychotherapists and the stresses of doing therapy. Psychotherapy: Theory, Research, Practice, Training, 35(2), 137–146. https://doi.org/10.1037/h0087708

Muiz, R. H., & Sulistyarini, R. I. (2015). Efektivitas terapi dukungan kelompok dalam meningkatkan resiliensi pada remaja penghuni lembaga pemasyarakatan. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 7(2), 173-190.

Muslih, B. (2020). Urgensi komunikasi dalam menumbuhkan motivasi di era pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 5(1), 57-65.

Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemi covid-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192-201.

Nash, R. J., & Murray, M. C. (2010). Helping College Students Find Purpose: The Campus Guide to Meaning-Making. San Francisco: Jossey Bass.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541-544.

Prasyatiani, T., & Sulistyarini, R. I. (2018). Efektivitas terapi kelompok pendukung terhadap kesejahteraan subjektif pada pasien HIV/AIDS. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 10(1), 57-72.

Robbins, A. & Wilner, A. (2001). Quarter-Life Crisis: The Unique Challenges of Life in Your Twenties. New York: Penguin Putnam, Inc.

Rosalinda, I., & Michael, T. (2019). Pengaruh harga diri terhadap preferensi pemilihan pasangan hidup pada wanita dewasa awal yang mengalami quarter life crisis. JPPP-Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 8(1), 20-26.

Saraswati, S. D., Prabandari, Y. S., & Sulistyarini, R. I. (2019). Pengaruh terapi kelompok suportif untuk meningkatkan optimisme pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 11(1), 55-66.

Suryabrata, S. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tanner, J. L., Arnett, J. J., & Leis, J. A. (2009). Emerging adulthood: Learning and development during the first stage of adulthood. In M. C. Smith & N. DeFrates-Densch (Eds.), Handbook of research on adult learning and development. UK: Routledge/Taylor & Francis Group.

Thomas, V. F. (2020). Susahnya Mencari Kerja saat Pandemi COVID-19 & Pengangguran Naik. Tirto.id. https://tirto.id/susahnya-mencari-kerja-saat-pandemi-covid-19-pengangguran-naik-fV55

Videbeck, S. L. (2008). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Yuniardi, M. S. (2017). Model pengembangan konsep diri melalui support group therapy: Upaya meminimalkan trauma psikis remaja dari keluarga single parent. Jurnal Psikologi Proyeksi, 6(1), 14-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v2i0.13061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.