Hubungan antara Regulasi Emosi dan Kontrol Diri (Self- Control) dengan Perilaku Menyimpang pada Siswa di SMA “Xâ€
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dan kontrol diri terhadap perilaku menyimpang pada siswa kelas XI di SMA X. Metode pengambilan  sampel menggunakan teknik   purpoive sampling.  Alat ukur  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  menggunakan  tiga  skala. Skala perilaku menyimpang berjumlah 29 aitem dengan koefisien reliabilita 0,895. Skala regulasi emosi berjumlah 14 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,771. Skala  kontrol diri berjumlah  32  aitem  dengan  koefisien  reliabilitas 0,898. Analisis data menggunakan regresi berganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian  menunjukkan nilai  R =  0,556 dan F =  71,499  dengan  signifikansi sebesar 0,000 ( p < 0,05). Artinya secara simultan ada hubungan yang signifikan antara regulasi emosi dan kontrol diri dengan perilaku menyimpang. Hasil uji korelasi parsial antara regulasi emosi dengan perilaku menyimpang diperoleh skor  rx1y  sebesar  -0,456 dengan  nilai  signifikansi  sebesar  0,000  (  p < 0,05). Artinya ada hubungan negatif yang signifikan antara regulasi emosi dengan perilaku menyimpang. Hasil uji korelasi parsial antara kontrol diri dengan perilaku menyimpang diperoleh skor rx2ysebesar -0,553 dengan nilai signifikansi sebear 0,000 (p < 0,05). Artinya ada hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku menyimpang pada siswa  di SMA X.
Kata Kunci : Perilaku Menyimpang, Regulasi Emosi, Kontrol Diri.
Full Text:
Download PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v2i0.13066
Refbacks
- There are currently no refbacks.