Peran Coping yang Berfokus pada Masalah dan Regulasi Diri terhadap Kecemasan Siswa SMA Menghadapi Ujian Semester
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara coping yang berfokus pada masalah dan regulasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian. problem focused coping merupakan suatu tindakan yang dilakukan seseorang dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi dengan cara fokus terhadap apa yang membuat kecemasan itu terjadi dan berusaha menyelesaikannya dengan fokus pada sumber masalah. Subjek yang digunakan dalam penelitian berjumlah 199 siswa yang terdiri dari 6 kelas. metode yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecemasan menghadapi ujian dengan reabilitas 0,838, skala coping berfokus pada masalah dengan reabilitas 0,708 dan skala regulasi diri dengan reabilitas 0,801. Analisis data menggunakan analisis regresi dua predictor serta korelasi parsial. Hasil uji hipotesis pertama memperoleh Fhitung=19,114, R=0,404, dan p=0,000 (p<0,05). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh antara coping berfokus pada masalah dan regulasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian. Hipotesis kedua memperoleh hasil rx1y= 0,046 dan signifikansi sebesar 0,524 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh antara coping berfokus pada masalah dengan kecemasan menghadapi ujian. Hipotesis ketiga memperoleh hasil rx2y= -0,395 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh antara regulasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian.
Kata kunci: problem focused coping, regulasi diri, kecemasan menghadapi ujian
Full Text:
Download PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v2i0.13093
Refbacks
- There are currently no refbacks.