Hubungan Antara Ekspektasi Karir dan Dukungan Sosial Keluarga dengan Kesiapan Kerja Siswa Smk Di Kabupaten Pekalongan

Joharul Arifin, Ruseno Arjanggi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hungan antara ekspektasi karir dan dukungan sosial keluarga dengan kesiapan kerja siswa SMK di Kabupaten Pekalongan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 288 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling.  Pengumpulan data yang digunakan meliputi skala kesiapan kerja, skala ekspektasi karir, dan skala dukungan sosial keluarga. Skala kesiapan kerja memiliki nilai konsistensi internal Cronbach α= 0,834, skala ekspektasi karir memiliki nilai konsistensi internal Cronbach α= 0,757, dan skala dukungan sosial keluarga memiliki nilai konsistensi internal Cronbach α= 0,940. Metode analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa ada hubungan antara ekspektasi karir dan dukungan sosial keluarga dengan kesiapan kerja dengan R= 0,630 dan F= 93,787 dengan signifikansi = 0,000 (p<0,01). Hasil korelasi antara ekspektasi karir dengan kesiapan kerja diperoleh nilai rx1y sebesar 0,543, p = 0,000 (p<0,01) hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif signifikan antara ekspektasi karir dengan kesiapan kerja. Hasil uji selanjutnya antara dukungan sosial keluarga dengan kesiapan kerja diperoleh nilai rx2y sebesar 0,173, p = 0,003 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif antara dukungan sosial keluarga dengan kesiapan kerja. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel ekspektasi karir dan dukungan sosial keluarga adalah sebesar 39,3%. Hasil penelitian ini memiliki implikasi bahwa ekspektasi karir dan dukungan sosial keluarga akan membuat siswa SMK memiliki kesiapan kerja yang baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.