Perfeksionisme dan Kelelahan Akademik pada Siswa SMA Pasca Covid-19

Tri Maulida Sari, Ruseno Arjanggi

Abstract


Perfeksionisme sebagai kecenderungan untuk mengejar standar yang tidak realistis, dapat mengakibatkan stres dan kecemasan yang berlebihan ketika siswa merasa tidak mampu memenuhi harapan diri atau harapan orang lain. Tujuan dari penelitian ini ialah guna mengetahui hubungan perfeksionisme dengan kelelahan akademik pada siswa Sekolah Menengah Atas. Sampel penelitian ini yaitu 293 siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini memakai Proportionate stratified random sampling dengan skala berupa skala kelelahan akademik yang terdiri dari 17 aitem dengan konsistensi internal  Cronbach α= 0,832 yang berarti skala kelelahan academic reliabel. Skala perfeksionisme yang terdiri atas 10 aitem dengan konsistensi internal Cronbach α= 0,735 y ang berarti skala perfeksionisme reliabel. Umtuk menguji hipotesis pada penelitian ini digunakan uji korelasi, diperoleh skor r= 0,219 dengan signifikansi p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat hubungan antara perfeksionsime dengan kelelahan akademik pada siswa sekolah menengah atas. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v5i0.39206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.