Analysis of The Importance of Teachings from Mother Figures for Late Adolescents in Pekanbaru

Dwi Surotul Isni

Abstract


Peran orang tua sangat mempengaruhi sikap dan perilaku anak, terutama peran ibu yang sering menjadi sosok penting dalam kehidupan remaja. Ibu memberikan kelekatan emosional dan kenyamanan yang membentuk fondasi karakter serta menjadi sumber dukungan emosional bagi remaja. Dalam budaya Melayu Riau, pendidikan dan pembinaan anak oleh ibu sangat diutamakan agar anak tumbuh baik secara lahir dan batin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa sosok ibu berkesan bagi remaja akhir dalam proses transmisi ajaran hidup. Pendekatan yang digunakan adalah psikologi Indigenous dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Partisipan penelitian terdiri dari 249 remaja akhir berusia 17-22 tahun yang berstatus sebagai mahasiswa dan pelajar SMA di Kota Pekanbaru. Data dikumpulkan melalui kuesioner terbuka online dan dianalisis menggunakan analisis isi melalui tiga tahap: open coding, axial coding, dan selective coding, serta program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ajaran yang paling berkesan bagi remaja akhir berasal dari figur ibu dengan persentase sebesar 73,5%, diikuti figur ayah sebanyak 26,5%. Alasan utama remaja memilih figur ibu adalah karena karakter (4,8%), faktual (2,4%), hukuman (2%), komunikatif (39,4%), intim (22,1%), konsisten (25,3%), dan tegas (4%). Remaja merasa ajaran dari ibu lebih melekat karena disampaikan melalui interaksi dan cerita, serta didukung oleh karakter penyayang dan hubungan intim yang kuat antara ibu dan anak.


Full Text:

PDF

References


Agus, Z. (2019). Konsep pendidikan Islam bagi remaja menurut Zakiah Daradjat. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 11-24.

Anabella, R. T. C., & Utami, I. (2023). Peran Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dalam Keluarga (Studi Kasus Pada Masyarakat Gang Asholihin Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang). GHAITSA: Islamic Education Journal, 4(2).

Arsya, H. (2022). Pengaruh Islam dalam Kebudayaan Melayu. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 79-83.

Azzahra, A. A., Shamhah, H., Kowara, N. P., & Santoso, M. B. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Mental Remaja. Jurnal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (JPPM), 2(3), 461.

Dasopang, A. S., Pohan, N. K., & Lessy, Z. (2022). Esensi Pembinaan Karakter Anak Bagi Orang Tua dan Guru. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(2), 196-213..

Dermawan, S., Sunarti, E., & Herawati, T. (2017). Internalisasi nilai kebaikan melalui fungsi keagamaan dan pengondisian lingkungan dan dampaknya terhadap karakter anak. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 10(3), 204-215.

Fatmawati, F. (2016). Peran keluarga terhadap pembentukan kepribadian Islam bagi remaja. Jurnal Dakwah Risalah, 27(1), 17-31.

Irmalia, S. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan, 5(1), 31-37.

Ismail, M. F., Muhammad, S. J. N., & Yusop, M. S. (2015). Cerita rakyat Melayu: Suatu analisis pancaran jati diri masyarakat Melayu sebagai cerminan kebudayaan Melayu. International Journal of Language Education and Applied Linguistics.

Jailani, M. S. (2014). Teori pendidikan keluarga dan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245-260.

Munthe, R. A., & Widyastuti, A. (2017). Saudara yang amanah: Tinjauan psikologi indijinus. Jurnal Psikologi Sosial, 15(1), 25-34.

Natalia, C., & Lestari, M. D. (2015). Hubungan antara kelekatan aman pada orang tua dengan kematangan emosi remaja akhir di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1), 78-88.

Parhan, M., & Kurniawan, D. P. D. (2020). Aktualisasi peran ibu sebagai madrasah pertama dan utama bagi anak di era 4.0. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(2), 157.

Pattiasina, P. J., Fatmawati, E., & Wulandari, M. (2022). Penggunaan Metode Mendongeng Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667-674.

Santrock, J. W. (2007). Remaja edisi 11 jilid 1. USA: The McGrawHill Companies.

Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 369-376.

Sari, S. L., Devianti, R., & NUR’AINI, S. A. F. I. T. R. I. (2018). Kelekatan orangtua untuk pembentukan untuk pembentukan karakter anak. Educational guidance and counseling development journal, 1(1), 16-31.

Siregar, E. Z., & Harahap, N. M. (2022). Peran orang tua dalam membina kepribadian remaja. Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 13(1), 64-80.

Wibhowo, C. (2020). Peran Teknologi Digital terhadap Kondisi Psikologis. Kebudayaan, Ideologi, Revitalisasi dan Digitalisasi Seni Pertunjukan Jawa dalam Gawai, 211.

Wiswanti, I. U., Kuntoro, I. A., Rizqi, N. P. A., & Halim, L. (2020). Pola asuh dan budaya: Studi komparatif antara masyarakat urban dan masyarakat rural Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, 18(3), 211-223.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v6i0.39223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.