Media Sosial, Trust, dan Partisipasi Politik Pada Pemilih Pemula
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan penggunaan media sosial (Social media used) terhadap kepercayaan (trust) dan partisipasi politik (political participation) pada pemilih pemula. Luaran dari penelitian ini adalah sebuah model yang mengasosiasikan variabel-variabel penggunaan media sosial, kepercayaan dan partisipasi politik pada pemilih pemula. Hipotesis penelitian ini adalah bahwa model yang diajukan mendapat dukungan data empirik dari lapangan. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Jumlah responden penelitian sebanyak 150 mahasiswa yang berdomisili di Yogyakarta. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini : skala penggunaan media sosial, skala kepercayaan, dan skala partisipasi politik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tehnik analisis model persamaan struktural (Structural Equation Model - SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis terbukti. Kata kunci: Media sosial, trust, partisipasi politik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.