Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaiakan Tes Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Newman’s Analysis Eror

Akbar Muntoha Gufron, Mochamad Abdul Basir, Mohamad Aminudin

Abstract


Penurunan peringkat Indonesia di PISA (Program for International Student  Assessment) secara konsisten mengakibatkan adanya program baru dari pemerintah yaitu AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), transformasi, keterampilan proses, dan menulis jawaban dalam sistem persamaan mengenai perubahan kurikulum agar pendidikan Indonesia lebih baik. Kemampuan literasi numerasi pada program tersebut dapat menghasilkan adanya pola pikir untuk menghubungkan matematika dengan peramasalahan kehidupan nyata. Pada penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan secara  lebih mendalam mengenai analisis kesalahan siswa saat mengerjakan tes literasi numerasi sesuai berdasarkan NEA (Newmann's Error Analysis) yaitu tahapan membaca, pemahamanlinier dua variabel. Pada penelitian ini memakai metode kualitatif. Sedangkan validitas atau keabsahan data dalam penelitian ini memakai metode triangulasi. Serta analisis datanya menggunakan teknik reduksi, representasi dan verifikasi data. Sehingga hasil penelitian ini adalah jumlah siswa dengan (kategori tinggi) banyak melakukan kesalahan dalam mengerjakan tes literasi numerasi pada tahap memahami (comprehension) dan kategori rendah siswa dalam menyelesaikan tes literasi numerasi pada tahap transformasi. Sedangkan indikator literasi numerasi yang paling besar melakukan kesalahan adalah pada indikator ketiga.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.