Analisis Kegalatan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Limit Fungsi Aljabar

Indri Setyawati, Imam Kusmaryono, Mochamad Abdul Basir

Abstract


Target penelitian menyadari jenis kegalatan siswa dalam proses memecahkan masalah matematika materi limit fungsi aljabar, melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Kendal Tahun Ajaran 2020/2021. Sebanyak 28 siswa kelas XII MIPA 6 diberi tes diagnostic berbentuk soal uraian materi limit fungsi aljabar. Siswa ketika menyelesaikan soal hendak diamati objek matematisnya berupa kegalatan yang dilakukan. Jenis kegalatan berdasar pengkategorian kesalahan H. Hudoyoya meliputi kegalatan konsep, kegalatan prosedur dan kegalatan operasi. Peneliti menemukan hasil dimana, presentase siswa dalam memecahkan soal matematika materi limit fungsi aljabar pada jenis galat, kegalatan konsep sebesar 7,14% (kategori rendah), untuk kegalatan uji prosedur 3,57% (dikategori rendah) sedangkan jenis kegalatan operasi sebesar 7,73% (kategori sangat rendah). Jelas menunjukkan adanya kesulitan yang tengah dialami siswa ketika mengoprasikan suatu bilangan, baik bilangan positif maupun negatif. Tidak cermat serta minimnya penguasaan materi siswa dalam memanipulasi aljabar pun sebagai pemicu kekeliruan sehingga terjadi galat. Langkah dari guru kepada siswa dalam mengatasi kekeliruan sangat diperlukan supaya siswa dapat terhindar dari kegalatan setaraf serta dapat meminimalisir presentase kegalatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.