Literasi Digital dan Pembelajaran Mandiri

Asep Jejen Jaelani

Abstract


Ada tidaknya pandemi Covid-19, kecakapan pembelajaran abad ke-21 tetap mempersyaratkan budaya literasi digital sebagai komponen yang harus dikembangkan. Dalam dunia perguruan tinggi, literasi digital menjadi bagian penting dalam mengembangkan proses pembelajaran. Pembelajaran mandiri (self-directed learning) merupakan suatu proses yang mana individu belajar tanpa bantuan orang lain yang didukung oleh teknologi digital dan seluler, atau aplikasi teknologi yang dikembangkan untuk memanfaatkan konsep belajar mandiri. Dalam perkembangannya, literasi digital yang kemudian diadaptasi oleh dunia pendidikan dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengemukakan bahwa literasi dasar menjadi salah satu komponen kecakapan abad XXI dalam pendidikan khususnya pada kurikulum 2013. literasi dasar terdiri atas literasi: 1)bahasa dan sastra, 2) numerasi, 3)sains, 4)informatika dan teknologi, 5) finansial, dan 6) budaya dan kewarganegaraan (Balitbang Kemendikbud, 2017). Dikembangkannya enam jenis literasi dasar tersebut sebagai upaya agar warga masyarakat Indonesia memiliki keterampilan abad XXI menjadi manusia yang memiliki kemampuan berpikir kritis, krearif, komunikatif dan kolaboratif serta berkarakter. Sebagai dasar dalam mencapaian tujuan yang tercanang dalam membangun generasi emas Indonesia tahun 2045. Literasi digital merupakan penunjang dalam pembelajaran mandiri.

Full Text:

PDF

References


Biggs, J dan Tang, C. (2013). Teaching for quality learning at university. (2nd Edn.). Innovations in Education and Teaching International (Vol. 50). Buckingham: The Society for Research into Higher Education and Open University Press. https://doi.org/10.1080/14703297.2013.839332

Bullock, S. M. (2013). Using digital technologies to support Self-Directed Learning for preservice teacher education. Curriculum Journal, 24(1), 103–120. https://doi.org/10.1080/09585176.2012.744695

Curran, V., Gustafson, D. L., Simmons, K., Lannon, H., Wang, C., Garmsiri, M., … Wetsch, L. (2019). Adult learners’ perceptions of self-directed learning and digital technology usage in continuing professional education: An update for the digital age. Journal of Adult and Continuing Education, 25(1), 74–93.

Gilster, P. (2016). Digital Literacy. International Journal of Digital Literacy and Digital Competence, 7(3), 1–12. https://doi.org/10.4018/ijdldc.2016070101

Hague, C., & Payton, S. (2010). Digital Literacy Across the Curriculum: a Futurelab Handbook. United Kingdom.

Hiemstra, R., & Brockett, R. G. (2012). Reframing the Meaning of Self-Directed Learning: An Updated Model. Proceedings of the 54th Annual Adult Education Research Conference, 155–161.

Merriam, S. B., & Bierema, L. L. (2013). Adult Learning: Linking Theory and Practice. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Plews, R. C. (2017). Self-Directed in Online Learning. International Journal of Self-Directed Learning, 1(14), 37-57.

Silamut, A., & Petsangsri, S. (2020). Self-directed learning with knowledge management model to enhance digital literacy abilities. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10187-3

Techataweewan, W., & Prasertsin, U. (2018). Development of digital literacy indicators for Thai undergraduate students using mixed method research. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(2), 215–221. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.07.001

Tu, C., Yen, C., Sujoâ€Montes, L., & Sealander, K. (2018). Digital Lifelongâ€Learning Literacy.pdf. Retrieved from https://doi.org/10.1002/9781119218456.ch23


Refbacks

  • There are currently no refbacks.