Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Materi Sistem Persamaan Linear Dua

Nisa Nur Fitriyanah, Sumarni Sumarni, Mohamad Riyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal open ended materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilakukan di SMP Mubarokul Ulum Banjarharjo kelas VIII B dari 20 siswa diambil 6 siswa. Subjek penelitian dipilih perkemampuan awal siswa yaitu tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis data kualitatif yang digunakan adalah triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) dari 20 siswa diperoleh 6 siswa yaitu 2 siswa dengan kemampuan matematis tinggi, 2 kemampuan matematis sedang dan 2 siswa dengan kemampuan matematis rendah. (2) siswa berkemampuan tinggi mampu menyajikan pernyataan matematika secara tulisan, mengajukan dugaan namun langkah yang digunakan tidak terstruktur, mampu memanipulasi matematika, dan mampu menarik kesimpulan dari pernyataan namun harus ada penjelasan dari alasan pernyataan. Siswa dengan kemampuan awal sedang mampu menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, mengajukan dugaan namun dalam langkahnya tidak terstruktur, tidak mampu memanipulasi dengan baik dan mampu menarik kesimpulan namun harus ada penjelasan alasan pernyataan. Siswa dengan kemampuan awal rendah mampu menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, mengajukan dugaan namun dalam langkahnya tidak terstruktur, mampu memanipulasi namun dalam langkahnya tidak terstruktur dan mampu menarik kesimpulan namun harus ada penjelasan alasan pernyataan.

Full Text:

PDF

References


Alfionita, F., & Hidayati, N. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis

Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Sesiomadika, 2(1d).

Azizah, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mata Pelajaran Matematika

Peserta Didk Kelas V Mi Al–Islam Bina Karya Putra Kecamatan Rumbia

Kabupaten Lampung Tengah Tahun Ajaran 2016/2017. Uin Raden Intan

Lampung.

Hamsiah, H., Masjudin, M., & Kurniawan, A. (2017). Analisis Kemampuan

Penalaran Matematis Siswa SMPN 13 Mataram Pada Materi Bangun Ruang.

Media Pendidikan Matematika, 5(2), 115–123.

Isnurani, I. (2018). Pengembangan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui

Pembelajaran Berbasis Multi Representasi di Smp. Jurnal Saintika Unpam:

Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 1(1), 20–34.

Latifah, R. A., & Mahmudi, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan

Pendekatan Brain Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis

Siswa SMP pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan

Matematika, 7(2), 1–9.

Lestari, N., Hartono, Y., & Purwoko, P. (2016). Pengaruh pendekatan open-ended

terhadap penalaran matematika siswa sekolah menengah pertama palembang.

Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 10(1), 81–95.

Sukmasari, P. (2016). Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Soal

Pisa Konten Bilangan.

Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ubaidah, N. (2015). Meningkatkan kemampuan penalaran siswa melalui

pembelajaran auditory intellectual repetition berbantuan buku siswa pada materi

persamaan trigonometri. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika Dan

Matematika, 3(1), 11–22.

Wahyuni, Z., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran

Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika Al Qalasadi, 3(1), 81–92. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.920


Refbacks

  • There are currently no refbacks.