AKTUALISASI AKSENTUASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI PERTAHANAN BUDAYA BAGI PESERTA DIDIK INDONESIA DI ERA DIGITAL

Purwani Puji Utami, Aulia Fajarianti

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter dapat menjadi penitikberatan dalam pengimplementasian kurikulum merdeka sebagai pertahanan budaya bagi peserta didik Indonesia di era digital. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif serta pendekatan fenomenologi eksistensial yang dimana peneliti berdasarkan pengalaman peneliti sendiri secara objektif menemukan bahwa pendidikan karakter dan dinamisnya perubahan kurikulum dapat menjadi faktor pembentuk dan pertahanan budaya Indonesia bagi para peserta didik  di era digital.  Di era digital ini, kemajuan teknologi mempermudah peserta didik untuk berkomunikasi jarak jauh dan  mengakses segala  informasi serta membuka peluang bagi para peserta didik untuk mencontoh setiap konten yang berasal dari luar negeri dalam media sosial mereka sebagai sarana hiburan. Namun, hal ini dapat menjadi ancaman serius karena dapat menggusur nilai norma serta kelestarian budaya asli Indonesia. Disisi lain, dinamisnya perubahan kurikulum seperti dimulainya pengimplementasian kurikulum merdeka pun turut menjadi faktor perubahan tingkah laku serta karakter peserta didik. Implikasi dari penelitian ini ialah seluruh komponen pendidikan dapat  menyikapi dengan cermat terkait implementasi kurikulum merdeka dan penggunaan alat digital sebagai faktor pembentuk karakter peserta didik serta penentu pertahanan budaya.


References


Hayati, Rina. (2022). Penelitian Ilmiah: Penelitian Fenomenologi. [Online]. Tersedia: https://penelitianilmiah.com/penelitian-fenomenologi/ [9 Juni 2022]

Pimpinan Fakultas Hukum. (2021). Apa itu Pengertian Karakter: Universitas Medan Area [Online]. Tersedia: https://hukum.uma.ac.id/2021/12/03/apa-itu-pengertian-karakter [3 Desember 2021]

Meiryani. (2021). Memahami Perbedaan Analisis Kualitatif dan Analisis Kuantitatif dalam Penelitian Ilmiah: Accounting Binus [Online]. Tersedia: https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-perbedaan-analisis-kualitatif-dan-analisis-kuantitatif-dalam-penelitian-ilmiah/ [12 Agustus 2021]

A, Denty. (2022). Kemendikbudristek Pastikan IKM Membentuk Siswa Unggul yang Cerdas dan Berkarakter: Kemendikbud [Online]. Tersedia: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/08/kemendikbudristek-pastikan-ikm-membentuk-siswa-unggul-yang-cerdas-dan-berkarakter [30 Agustus 2022]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.