KONSEP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM OPTIMALISASI EFIKASI DIRI DAN GAYA BELAJAR SISWA

Nurul Nisah, Aan Widiyono, Tramelia Salsabela

Abstract


Implementasi profil pelajar Pancasila berkaitan erat dengan karakter diri pribadi peserta didik di Sekolah Dasar. Suatu faktor yang mendorong terbentuknya karakter dapat dilihat dari keyakinan terhadap kemampuan serta kebiasaan diri dalam menyelesaikan suatu tugas secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara konseptual penguatan profil pelajar Pancasila yang optimal melalui aspek dalam diri peserta didik yakni efikasi diri dan pemilihan gaya belajar. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan atau library research. Teknik pengumpulan data dipenuhi dengan mengkaji artikel pada jurnal, buku, serta dokumen lain yang sesuai dengan pokok bahasan pada penelitian. Temuan-temuan sebagai hasil dari penelitian yang diperoleh dari proses pengumpulan data kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif sebagai suatu kebaruan pokok bahasan untuk memperkaya keilmuan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kajian implementasi penguatan profil pelajar Pancasila melalui efikasi diri, 2) Kajian penguatan profil pelajar Pancasila melalui pemilihan gaya belajar, 3) Konsep penguatan profil pelajar Pancasila melalui optimalisasi efikasi diri dan gaya belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa efikasi diri yakni keyakinan atas kemampuan individu pada diri peserta didik untuk memenuhi tuntutan pada situasi tertentu berhubungan dengan pemilihan gaya belajar untuk mencapai suatu hasil dengan karakter yang dimiliki dapat mengoptimalkan penguatan profil pelajar Pancasila di Sekolah Dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.