Strategi Pengembangan Industri Kreatif Dalam Mewujudkan Kota Cerdas

Agus Rochani

Abstract


Dewasa ini kawasan perkotaan dan perdesaan berlomba dalam memenangkan persaingan investasi. Berbagai cara dilakukan baik dalam lingkup internal melalui penguatan kapasitas personal, masyarakat, maupun kelembagaan maupun dalam konteks ekternal melalui kerjasama antar wilayah. Kondisi ini menjadikan peran kemitraan strategis memegang peranan penting dalam mempercepat pertumbuhan wilayah.

Salah satu aspek penting dalam membentuk karakter kota cerdas adalah mendorong sektor bisnis khususnya industri kreatif. Industri ini sangat spesifik, karena mengandalkan kepiawaian, kreatifitas serta kecerdasan dalam melihat peluang usaha serta mengembangkan menjadi sektor ekonomi yang produktif. Terlebih di tengah era informasi yang akut dengan berbagai kemudahan/ multi media, maka perkembangan industri kreatif memiliki peluang yang sangat tinggi untuk dikembangkan sebagai basis perekonomian rakyat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.