Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Taruna Dra Zulaeha Leces Probolinggo

Fiddina Arifa Arifa, Imam Bukhori Bukhori, M. Inzah Inzah

Abstract


Kurikulum sangat penting untuk keberhasilan pendidikan. Agar tujuan pembelajaran dapat dilaksanakan dan tercapai, guru harus mengikuti kurikulum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru tentang penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah. SMP Taruna Dra Zulaeha Leces Probolinggo menjadi lokasi penelitian. Guru Pendidikan Agama Islam adalah subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif interaktif untuk pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian, serta untuk menarik kesimpulan, yang semuanya dilakukan secara bersamaan dan berkesinambungan untuk menjamin validitas penelitian. Catatan lapangan dan wawancara tidak terstruktur dengan guru PAI digunakan untuk mengumpulkan data, yang kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menghasilkan hasil yang valid. 1) Beberapa guru menanggapi Kurikulum Merdeka dengan baik, sementara yang lain tidak. Ini terungkap dari hasil temuan penelitian. 2) Menurut guru, Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dinamis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan guru, siswa, dan sekolah. Untuk mempertahankan dan mencapai tujuan pendidikan di Indonesia, guru percaya bahwa kurikulum merdeka memiliki prinsip-prinsip yang berorientasi pada kebutuhan siswa. 4) Menurut guru, kurikulum merdeka menawarkan kebebasan bagi semua bagian sistem pendidikan, mulai dari sekolah guru hingga siswa, tetapi kelemahannya hanya memerlukan pelatihan berkelanjutan. 5) Guru yang mulai menggunakan kreativitas dan inovasi di kelas menjadi bukti bahwa guru PAI sudah mampu menyesuaikan diri dengan kurikulum merdeka.

Keywords


Guru, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Persepsi

Full Text:

PDF

References


Anwar, Rosyida Nurul. "Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar." Jurnal pendidikan dan kewirausahaan, 2021: 210 - 219.

Bahruddin, Muhammad Rusli. "Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MKBM Program Studi)." Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2021: 195 - 205

Hamdi, Mohammad Mustaf. "Evaluasi Kurikulum Pendidikan." Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2020: 66-75

I.A.Md.Sri Widiastuti, Ni Nym.Padmadewi, L.P.Artini. "A Study On The Implementation Of English School Based Curriculum In SMA Negeri 5 Denpasar." Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, 2013

Ida Bagus Nyoman Mantra, I Gde Putu Agus Pramerta, Anak Agung Putu Arsana, Kadek Rahayu Puspa Dewi, Ida Ayu Made Wedasuari. "Persespi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. " Jurnal Inovasi Pendidikan, 2022: 6313-6318

Kemendikbud. "Merdeka Belajar : Pokok - Pokok Kebijakan Merdeka Belajar." 146. Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia, 2019.

kemendikbud.go.id. Implementasi Kurikulum Merdeka. 2022. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/ (accessed Februari 15, 2023).

Lusiana, Ni Putu Mega. "Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMA Laboratorium UNDIKSHA Singaraja Tahun 2017." Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 2018: 441

Md Sawari, S., Muflihin, A., Warsiyah, W., & Madrah, M. (2022). Urban Society's Perception of Islamic Religious Education and Its Implications for Curriculum Development in the Era of Society 5.0. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam, 27(2), 255-266. doi:10.32332/akademika.v27i2.5805

Rozaini, Noni. "Persepsi Siswa Tentang Ekonomi Syariah Dan Hubungannya Dengan Minat Mempelajari Ekonomi Syariah." Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 2016: 124

Sukmadinata, Nana Syaodih. "Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek." 44. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000

Suryaman, Maman. "Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar." Seminar Nasional Pendidikan dan Sastra, 2020: 13-28

Susilo, Mohamad Joko. Inovasi Pembelajaran Merdeka Belajar. Bandung: CV Media Sains Indonesia, 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpai.6.1.36-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam is published by Master Program of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia.

Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang, Indonesia 50112. Email: jurnaltadibuna@unissula.ac.id. 

Â