GAMBARAN PERSEPSI GURU TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH
Abstract
United Nations Educational,Scientific,and Cultural Organization (UNESCO) mendefinisikan
bahwa bullying merupakan suatu perilaku agresif dimana terdapat sebuah perlakukan
tindakan negatif yang tidak diinginkan. Persepsi bullying sendiri adalah sebuah kesan
maupun tanggapan mengenai pengelola maupun mengartikan hal apa yang
didapatkan terkait perilaku bullying dan kemudian mengorganisasikan dan dinterprestasikan
hingga individu mampu memahami apa yang dilihat. Untuk mengetahui gambaran persepsi
guru terhadap bullying pada anak usia sekolah di SD Kelurahan Raja Kalimantan Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuisioner Preconcimei. Jumlah responden sebanyak 74 guru
dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistika dengan
menggunakan uji univariat. Hasil yang didapatkan bahwa jumlah responden yang memiliki
Persepsi kurang sebanyak 2 responden (2.7%) dan responden yang memiliki persepsi baik
sebanyak 72 responden (97.3%) sebagian besar guru memiliki perspsi yang baik. Dari hasil
yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa persepsi guru berdasarkan kategori memiliki
persepsi baik .
Kata kunci : Persepsi guru, perilaku bullying, anak usia
Full Text:
PDFReferences
Lestari, T. (2015). Kumpulan teori untuk kajian pustaka penelitian kesehatan.
Yogyakarta: Nuha Medika.
Boulton, M. J., Boulton, L., Camerone, E., Down, J., Hughes, J., Kirkbride, C.,...
Sanders, J. (2016). Enhancing primary school children's knowledge of online
safety and risks with the CATZ Cooperative Cross-Age Teaching Intervention:
Results from a pilot study. Cyberpsychology, Behavior and Social Networking,
(10), 609-614. https://doi.org/10.1089/cyber.2016.0046.
Nugraha, U. (2015). Hubungan persepsi, sikap, dan motivasi belajar terhadap hasil
belajar pada mahasiswa pendidikan olahraga dan kesehatan.Universitas Jambi.
Junal Cerdas Sifa. 1(1), 1-10.
Notoadmodjo, S. (2010). Promosi kesehatan teori & aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwati, N. (2013). Hubungan sikap guru tentang pendidkan seks pada remaja dengan
penerapan pendidikan seks di SMPN 1 Pajangan Bantul. Sekolah Tinggi Ilmu
Kesehatan ‘Aisysyiah. http://digilib.unisayogya.ac.id.
JURNAL ILMIAH SULTAN AGUNG
Universitas Islam Sultan Agung
Semarang, 26 Agustus 2022
ISSN : 2963-2730
pendidikan (SI) sebanyak 68 responden. Dan berdasrkan pengalaman kerja sebagian
besar guru memiliki pengalaman bekerja selama 21+ tahun sebanyak 31 responden.
Jumlah responden yang memiliki Persepsi kurang sebanyak 2 responden (2.7%) dan
responden yang memiliki persepsi baik sebanyak 72 responden (97.3%) sesuai penelitian
yang berdasarkan kategori perspsi baik dan persepsi kurang menujukan bahwa sebagian
besar guru memiliki perspsi yang baik.
Saran
Bagi Masyarakat diharapkan hasil penelitian ini memberikan informasi yang bermanfaat
bagi masyarakat dan guru agar mengetahui gambaran untuk meningkatkan persepsi atau
pandangan pemahaman mereka terhadap bullying melalui partisipasi aktif dalam
sosialisasi terkait bullying di sekolah. Bagi Intitusi Pendidikan diharapkan guru mampu
membuat suatu penyluhan senantiasa memudahkan pandangan atau pemahaman terkait
bullying dan mampu merespon perilaku bullying di sekolah. Bagi Peneliti Selanjutnya
diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan sumbang asih keilmuan untuk institusi
pendidikan sebagai bentuk masukan untuk pengembangan ilmu keperawatan yang
berhubungan dengan gambaran persepsi guru terhadap perilaku bullying pada anak usia
sekolah. Hasil penelitian ini juga dapat dipakai untuk dasar melakukan penelitian lebih
lanjut yang sejenis dengan menambahk melaksanakan variasi variabel atau dengan
menambah melaksanakan observasi dan wawancara pada tiap responden sehingga hasil
yang diharapkan dapat meningkat.
Sabarini, R. (2019). 7 Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Manusia Menurut
Psikologi.diaksesdarihttps://dosenpsikologi.com/faktor-yangmempengaruhi-
persepsi tanggal 20 Juli 2020 pukul 09.00 WIB.
Unesco. (2019). Behind The Numbers : Ending School Violence And Bullying.Paris :
United nations Educational,Scientific And Cultural Organization.
Victoryne, I. (2017.) Mengatasi Bullying Siswa Sekolah Dasar Dengan Menerapkan
Manajemen Kelas Yang Efektif.Pedagogik ( Jurnal Pendidikan Sekolah
Dasar),5(1).
Wakhid, A. S. (2019.). Perilaku Bullying Siswa Usia 10-12 Tahun.Jurnal Keperawatan
Jiwa,5(1),25.https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.25-28.
Widawaty, Z., & Elvina, W. (2017). Kualitas Perempuan Pekerja Di Kota
Lhokseumawe. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 1(1), 40-47. Diperoleh
Tanggal 22 Januari 2019 Dari Http://Ejurnal.Pnl.Ac.Id.
Refbacks
- There are currently no refbacks.