KEEFEKTIFAN PENDEKATAN BRIDGING ANALOGY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SD

Arif Setio Budi, Imam Kusmaryono, Hevy Risqi Maharani

Abstract


Tujuan penelitian adalah menguji keefektifan pembelajaran pendekatan bridging analogy dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa materi bangun ruang kelas VI SD Negeri Joho. Termasuk penelitian kuantitatif pre-experimental rancangan One – Shot Case Study. Sampel penelitian berjumlah 23 siswa kelas VI SD Negeri Joho. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu tes dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk, One Sample t-Test, Paired t-Test, dan Uji N – Gain. Uji hipotesis One Sample t-Test disimpulkan bahwa rata – rata tes kemampuan penalaran matematis siswa mencapai lebih dari KKM 75 yaitu 79,89. Paired t-Test penalaran matematis disimpulkan bahwa rata – rata skor tes kemampuan penalaran matematis siswa pada materi bangun ruang meningkat dari 51,90 menjadi 79,89. Paired t-Test perbedaan minat belajar disimpulkan bahwa minat belajar matematika meningkat setelah mengikuti pembelajaran bridging analogy , hasil rata – rata angket minat belajar 59,35 (rendah) menjadi 86,09 (sangat tinggi). Uji N – Gain kelanjutan hipotesis paired t-test yaitu 60,48% dan 63,50% menunjukkan bahwa pendekatan bridging analogy termasuk kategori cukup efektif. Berdasarkan pembahasan disimpulkan bahwa pendekatan bridging analogy cukup efektif jika diterapkan kepada siswa SD untuk meningkatan kemampuan penalaran matematis.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.

Agustyaningrum, N., Hanggara, Y., Husna, A., Abadi, A. M., & Mahmudii, A. (2019). An Analysis of Students’ Mathematical Reasoning Ability On Abstract Algebra Course. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 2800–2805.

Ayuningtyas, W., Mardiyana, & Pramudya, I. (2019). Analysis of Student’s Geometry Reasoning Ability at Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012016

Destiawaty, D., Hikmat and Efendi, R. (2013).Pengaruh Pola Scaffolding terhadap Kemampuan Analogi Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika,1(1),48–54.

Fathurohman, A. (2014). Analogi Dalam Pengajaran Fisika. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1),74-77.

Irawati, Intan. (2012). Metode Analogi dan Analogi Penghubung ( Bridging Analogy ) dalam Pembelajaran Fisika. In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2012.

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Latipun. 2017. Psikologi Eksperimen. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Norqvist, Mathias. (2018). The effect of explanations on mathematical reasoning tasks. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 49(1), 15- 30, DOI: 10.1080/0020739X.2017.1340679

Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439

Oktaviana, V., Noor Aini, I., Singaperbangsa Karawang, U., Ronggo Waluyo, J. H., Teluk Jambe Timur, K., & Barat, J. (2021). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 587–600. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.587-600

Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan Open–Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881

Rahmawati, D. I., & Pala, R. H. (2017). Kemampuan Penalaran Analogi Dalam Pembelajaran Matematika. Euclid, 4(2), 717–725. https://doi.org/10.33603/e.v4i2.317

Sari, L. A. (2018). Efektivitas Pendekatan Bridging Analogydengan Model Pembelajaran Laps- Heuristik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Siregar, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA)Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas IX di SMP Swasta Imelda Medan. Skripsi. Medan : Universitas HKBP Nomemmensen Medan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.

Wiwit, Agus Triyanto. (2019). Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Laboratorium Di Smk Berbasis Mobile. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(1), 17– 20.

Yusnita, I., Maskur, R., & Suherman, S. (2016). Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1),29-38. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.29


Refbacks

  • There are currently no refbacks.