KEEFEKTIFAN PENDEKATAN BRIDGING ANALOGY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SD
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.
Agustyaningrum, N., Hanggara, Y., Husna, A., Abadi, A. M., & Mahmudii, A. (2019). An Analysis of Students’ Mathematical Reasoning Ability On Abstract Algebra Course. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 2800–2805.
Ayuningtyas, W., Mardiyana, & Pramudya, I. (2019). Analysis of Student’s Geometry Reasoning Ability at Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012016
Destiawaty, D., Hikmat and Efendi, R. (2013).Pengaruh Pola Scaffolding terhadap Kemampuan Analogi Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika,1(1),48–54.
Fathurohman, A. (2014). Analogi Dalam Pengajaran Fisika. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1),74-77.
Irawati, Intan. (2012). Metode Analogi dan Analogi Penghubung ( Bridging Analogy ) dalam Pembelajaran Fisika. In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2012.
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.
Latipun. 2017. Psikologi Eksperimen. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Norqvist, Mathias. (2018). The effect of explanations on mathematical reasoning tasks. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 49(1), 15- 30, DOI: 10.1080/0020739X.2017.1340679
Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439
Oktaviana, V., Noor Aini, I., Singaperbangsa Karawang, U., Ronggo Waluyo, J. H., Teluk Jambe Timur, K., & Barat, J. (2021). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 587–600. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.587-600
Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan Open–Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881
Rahmawati, D. I., & Pala, R. H. (2017). Kemampuan Penalaran Analogi Dalam Pembelajaran Matematika. Euclid, 4(2), 717–725. https://doi.org/10.33603/e.v4i2.317
Sari, L. A. (2018). Efektivitas Pendekatan Bridging Analogydengan Model Pembelajaran Laps- Heuristik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Siregar, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA)Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas IX di SMP Swasta Imelda Medan. Skripsi. Medan : Universitas HKBP Nomemmensen Medan.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.
Wiwit, Agus Triyanto. (2019). Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Laboratorium Di Smk Berbasis Mobile. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(1), 17– 20.
Yusnita, I., Maskur, R., & Suherman, S. (2016). Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1),29-38. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.29
Refbacks
- There are currently no refbacks.