PENGARUH PELATIHAN STIMULASI BAYI MENURUT BUKU KIA 2020 TERHADAP PERKEMBANGAN BAYI

Salma Genta Ullayya, Sri Priyantini, Hesty Wahyuningsih

Abstract


Ibu atau care giver berperan penting dalam menstimulasi perkembangan anak, pemberian stimulasi yang tidak adekuat dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan anak. Keberhasilan stimulasi perkembangan dipengaruhi oleh pengetahuan dan keterampilan ibu atau care giver. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan stimulasi menurut Buku KIA 2020 terhadap perkembangan bayi di Posyandu Desa Kawengen, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan post-test only control group design dengan sampel sebanyak 44 ibu beserta bayi usia 0-6 bulan di posyandu Desa Kawengen, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, dimana sampel tersebut dibagi menjadi kelompok intervensi dan kontrol. Penelitian dilaksanakan bulan Oktober 2022 - Januari 2023. Intervensi pelatihan stimulasi menurut Buku KIA 2020 dengan modifikasi metode ceramah, demonstrasi, serta video yang dibagikan melalui grup whatsapp. Hasil dari penelitian didapatkan kelompok intervensi sebanyak 21 bayi (95,5%) memiliki perkembangan sesuai dan 1 bayi (4,5%) memiliki perkembangan kurang sesuai, sedangkan pada kelompok kontrol sebanyak 17 bayi (77,3%) memiliki perkembangan sesuai dan 5 bayi (22,7%) memiliki perkembangan kurang sesuai. Berdasarkan analisis data dengan uji fisher’s exact menunjukan bahwa tidak ada pengaruh antara pelatihan stimulasi perkembangan terhadap perkembangan bayi usia 0-6 bulan di Posyandu Desa Kawengen, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang ( p=0,185 ; p>0,05). Pelatihan stimulasi perkembangan menurut Buku KIA 2020 dengan modifikasi metode ceramah, demonstrasi, dan video yang dibagikan melalui grup whatsapp tidak berpengaruh terhadap perkembangan bayi usia 0-6 bulan di Posyandu Desa Kawengen, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengendalikan faktor-faktor perancu misalnya kepatuhan ibu dalam memberikan stimulasi perkembangan kepada bayi.

Kata Kunci: Pelatihan Stimulasi, Perkembangan Bayi, Buku KIA 2020.

Full Text:

PDF

References


Gunawan, G., Fadlyana, E. and Rusmil, K. (2013) ‘Hubungan Status Gizi dan Perkembangan Anak Usia 1-2 Tahun’, Sari Pediatri, 13(2), pp. 142–146.

Innike, I. and Purwanti, A. (2016). Pengaruh Pelatihan Stimulasi Keluarga oleh Ibu dalam Bentuk Tulisan dengan Gambar terhadap Perkembangan Anak Usia Kurang dari 3 Tahun. Sari Pediatri, 16(4), p. 284. Available at: https://doi.org/10.14238/sp16.4.2014.284-91.

Jamiah. (2021). Penguatan Pola Asuh Orang Tua bagi Perkembangan Kognitif Anak di Desa Guci Kecamatan Sirampog. Jurnal Kependidikan, 9(2), pp. 222–235.

Kemenkes RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta.

Khofiyah, N. (2020).Edukasi Berpengaruh terhadap Pemberian Stimulasi Perkembangan Anak Usia 12-24 Bulan oleh Ibu di Posyandu Desa Tambakrejo Kabupaten Puworejo. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 7(2), pp. 231–238. Available at: https://doi.org/10.26699/jnk.v7i2.art.p231-238.

Kristina, M. dan Sari, R.N. (2021).Pengaruh Edukasi Stimulasi terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Dehasen Education Review, 2(1), pp. 1–5.

Muntiani and Supartini.(2013).Hubungan ibu bekerja dengan perkembangan balita usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Desa Grogol Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo.Embrio Jurnal Kebidanan. Available at: http://bayidananak.com/.

Perdani, R. R., Purnama, D. M., Afifah, N., Sari, A. I., & Fahrieza, S. (2021). Hubungan Stimulasi Ibu dengan Perkembangan Anak Usia 0-3 Tahun di Kelurahan Penengahan Raya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Sari Pediatri, 22, 304-310.

Soetjiningsih, & Gde Ranuh, I. N. (2013). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran.

Susanti, N.Y. dan Adawiyah, R.(2020).Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi Perkembangan Anak dengan Keterampilan Ibu dalam Melakukan Stimulasi Perkembangan Anak’, Journal for Quality in Women’s Health, 3(1), pp. 67–71. Available at: https://doi.org/10.30994/jqwh.v3i1.52.

Wawan, A, dan Dewi M. (2011). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia.Yogyakarta: Muha Medika.

Zukhra.(2017).Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi Tumbuh Kembang terhadap Perkembangan Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Baru, Jurnal Ners Indonesia, 8(1), pp. 9–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.