Hidden Curriculum PAI-BP dan Tata Nilai Budaya dalam Membentuk Perilaku Keagamaan
Abstract
Kata Kunci: Hidden Curriculum; Pendidikan Agama Islam; Budaya; Perilaku Keagamaan
Full Text:
PDFReferences
Agustin, A. B. S. (2020). Pengembangan Hidden Curriculum Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga.
Ancok, Djamaludin ; Suroso, F. N. (2001). Psikologi Islami. Pustaka Pelajar.
Anwar, K., & Choeroni, C. (2019). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Budaya Sekolah Religius di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 90. https://doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5155
Awaludin, A. (2022). Analisis Impleementasi Hidden Curriculum dalam Pengenmbangan Nilai-Nilai Kepemimpinan Siswa (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Darunnajah Jakarta). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Fauzi, M. (2019). Kolaborasi Hidden Curriculum dalam Penguatan Pendidikan Karakter Lingkungan Sekolah. Al-Ibrah, 4 No. 2.
Glock, C. Y., & Stark, R. (2014). Religion and Society in Tension. Rand Mc Nally & Company.
Karsadi. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Pustaka Pelajar.
Khoir, N. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Reward And Punishment. Faktor M: Focus Action of Research Matematic, 01, 160–178. https://doi.org/10.30762/f
Mahali, A. (2020). Kurikulum Tersembunyi dalam Pembelajaran PAI. Prosiding Pascasarjana IAIN Kediri, 217, 181–188.
Mansur, F. (2001). Pendidikan Populer, Membangun Kesadaran Kritis. Pustaka Pelajar.
Musrifah. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Edukasia Islamika, 1, 119.
Mustaghfiroh, H. (2014). Hidden Curriculum dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 147–162.
Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. Studi Keislaman, 5.
Nuriyanto, L. K. (2015). Pengaruh Implementasi Pendidikan Agama terhadap Perilaku Keagamaan Peserta Didik SMA di Bawah Yayasan Keagamaan. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 13(3), 410. https://doi.org/10.32729/edukasi.v13i3.249
Rohinah M. Noor. (2012). The Hidden Curriculum Membangun Krakter Melalui Ekstrakulikuler. Insan Madani.
Rosyada, D. (2013). Paradigma Pendidikan Demokratis (5th ed.). Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, W. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Prenada Media Group.
Siswanto, H. (2019). Pentingnya Pengembangan Budaya Religius di Sekolah. Madinah: Jurnal Studi Islam, 6, 51–62.
Sudaryanti; Pamungkas, Joko; Harun; Syamsudin, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Tata Nilai Budaya Yogyakarta di Taman Kanak-Kanak se-Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 9 No 2.
Yuliana, L. M. (2021). Peran Core dan Hidden Curriculum dalam Pembentukan Kepribadian Siswa (Studi kasus di SMA Insan Kamil Tartila dan SMA Al-Asmaniyah Kabupaten Tangerang ). Jurnal Qathruna, 8(2), 85–105.
Refbacks
- There are currently no refbacks.