Proses Berpikir Siswa Dalam Mengajukan Dugaan Matematika Berdasarkan Pemrosesan Informasi

Endang Rahayu Ningsih, Mohamad Aminudin, Dyana Wijayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam mengajukan dugaan berdasarkan teori pemrosesan informasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Alam Nurul Furqon Rembang sebanyak 69 siswa. Diperoleh 5 siswa yang terbagi dalam tiga proses berpikir terdiri dari kelas VII sebanyak 2 siswa, kelas VIII sebanyak 2 siswa dan kelas IX sebanyak 1 siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan instrument tes dan wawancara. Tes terdiri dari tiga soal mengenai pemecahan masalah akar. Wawancara digunakan untuk mendalami proses berpikir siswa dalam mengajukan dugaan. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data yang disajikan dalam bentuk teks dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menemukan tiga tipe proses berpikir siswa dalam mengajukan dugaan, antara lain: proses berpikir dalam mengajukan dugaan tanpa pemahaman konsep (MTPK), proses berpikir dalam mengajukan dugaan dengan pemahaman konsep yang keliru (MPKK), proses berpikir dalam mengajukan dugaan dengan pemahaman konsep utuh (MPKU). MTPK menunjukkan subjek belum mengetahui dan memahami konsep variabel x^2. MPKK menunjukkan bahwa subjek mengetahui konsep x^2 sebagai x×x, tetapi dalam penyelesaiannya diubah menjadi x+x. MPKU menunjukkan subjek mengetahui dan memahami konsep variebel x^2.

Kata Kunci: Dugaan Matematika, Pemecahan Masalah, Teori Pemrosesan Informasi, Proses Berpikir

Full Text:

PDF

References


Adhe, K. R., & Ningrum, M. A. (2022). Teori Pemrosesan Informasi. In M. Nursalim, Sujarwananto, I. Yuliana, Z. E. Rifayanti, N. L. Jannah, K. R. Adhe, . . . M. E. Siswanto, Antologi Neurosains Dalam Pendidikan (p. 39). Surabaya: Jakad Media Publishing.

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan, 6.

Ariesta, F. W. (2018). Teori Belajar Abad 21 : Behaviorisme VS Kognitivisme. Retrieved Oktober 22, 2021, from BINUS University Faculty of Humanities: https://pgsd.binus.ac.id/2018/11/23/teori-belajar-abad-21-behaviorisme-vs-kognitivisme/

Awabin, S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif : Pengertian Menurut Ahli, Jenis-jenis dan Karakteristiknya. Retrieved November 04, 2021, from Deepublish: https://penerbitdeepublish.com/metode-penelitian-kualitatif/

Fauziah, A. A. & Pertiwi, C. M., 2022. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas X SMA Negeri 6 Cimahi. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Mei, V(III), 760.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.

Isrok'atun, & Amelia Rosmala. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jannah, R., Zubainur, C. M., & Syahjuzar. (2020, Februari). Kemampuan Siswa Dalam Mengajukan Dugaan dan Melakukan Manipulasi Matematika Melalui Model Discovery Learning di Sekolah Menengah Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, V(I), 71.

Kusmaryono, I. (2021). Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV. II. Semarang: JISA : Jurnal Ilmiah Sultan Agung.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV. IRDH.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.

Sarumaha, R., 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa MTs Teludalam. Jurnal Education And Development, September, X(III), 417.

Sopamena, P., Sangkala, N. S., & Rahman, F. J. (2018). Proses Berpikir Sswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Piaget Pada Materi Program Linear Di Kelas XI SMA Negeri 11 Ambon. Prosiding SEMNAS Matematika & Pendidikan Matematika IAIN Ambon, 85.

Sugiyanto, & Wicaksono, A. B. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Pada. IJEL: Indonesian Journal Of Education And Learning, April, III(II), 355.

Yulianti, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Agustus, II(II), 94.

Zulkarnain, I., & Budiman, H. (2019, Oktober). Pengaruh Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. RDJE: Research and Development Journal Of Education, VI(I), 26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.