PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Susilo ., Winarsih .

Abstract


Perkembangan bisnis di Indonesia terlihat dari peningkatan jumlah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dari 668 perusahaan pada Desember 2019 menjadi 800 perusahaan pada Agustus 2022. Tingkat persaingan yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk meningkatkan Nilai Perusahaan dan memperhatikan kepentingan stakeholder seperti karyawan, konsumen, masyarakat, dan lingkungan. Perusahaan memiliki kewajiban ekonomis dan legal kepada pemegang saham serta tanggung jawab terhadap pihak lain yang berkepentingan, sehingga perusahaan harus mempertahankan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menguji secara empiris pengaruh struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 45 perusahaan manufaktur sektor industri yang terdaftar di BEI selama periode 2019-2022 sehingga jumlah data yang digunakan sebanyak 180 data pengamatan. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Data yang berupa data sekunder diperoleh dari website resmi BEI dan perusahaan yang bersangkutan.
Hasil penelitian ini adalah Struktur Modal tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, dan Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan

Kata-kata kunci: Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Abbas, Dirvi Surya; Dillah, Ubay; dan Sutardji. 2020. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen. 17(1) : 42-49

Abbas, Dirvi Surya; Hakim, Mohamad Zulman, dan Istianah, Nur. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Pada Perusahaan Makanan dan MinumanYang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017).COMPETITIVE: Jurnal Akuntansi dan Keuangan 3(2) : 1-25.

Ahmad, A. W., & Septriani, Y. (2008). Konflik Keagenan : Tinjauan Teoritis dan. Cara Menguranginya. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 3(2), 47–56

Ali, Jamaluddin; Faroji, Ridwan; dan Ali, Osman. 2021. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). Jurnal Neraca Peradaban. 1 (2) : 128-135

Auditta, I.G. , Sutrisno dan Achsin, M. 2011. Pengaruh Agency Cost terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol.12, No.02: 284-294.

Brigham & Houston. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Terjemahan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Craven, B.M. & Marston, C. L. (1999) Financial reporting on the Internet by leading UK companies, European Accounting Review, 8:2, 321-333 DOI: 10.1080/096381899336069

Erlangga, E. dan E. Suryandari. 2009. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR, Good Corporate Governance dan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi dan Investasi. 10 (1) : 57-70

Fajriana, Ardianti. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility, Keputusan Investasi, dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Nominal. 5(2) : 16-28

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Helfert. 2011. Technique of Financial Analysis. Boston

Hidayat, Wastam Wahyu. 2019. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return On Equity Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Jurnal Forum Ekonomi. 21 (1) : 67-75.

Husnan, Suad. 2014. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang). Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Jogiyanto, Hartono.2016. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi. Kesepuluh.Yogyakarta

Mustofa, Nadia dan Suaidah, Yuniep Mujati. 2020. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan Sektor Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2019. Jurnal Cendekia Akuntansi. 1 (2) : 31-41

Novari, Putu Mikhy dan Lestari, Putu Vivi. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen UNUD. 5(1) :5671-5694

Rahardjo, Budi. (2007). Keuangan Akuntansi, Yogyakarta: Graha Ilmu

Rahayu, Maryati dan Sari, Bida. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal IKRAITH-Humaniora 2(2) : 69-76

Ramdhonah, Zahra; Solikin, Ikin; dan Sari, Maya.2019. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 7 (1) : 67-82.

Rudangga, I Gusti Ngurah Gede dan Sudiarta, Gede Merta. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen UNUD. 5 (7) : 4394-4422

Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua. Jakarta:Salemba Empat

Sembiring, Selvi dan Trisnawati, Ita. 2019. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 21(1-2) : 173-184

Susila, I Made Pradnya dan Prena, Gine Das. 2019. Pengaruh Keputusan Pendanaan, Kebijakan Deviden, Profitabilitas, dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi. 6 (1) : 80-87

Widyantari, Ni Luh Putu dan Yadnya, I Putu. 2017. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food And Baverage Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen UNUD. 6 (12) : 6383-6409.

Wijaya, Bayu Irfandi dan Sedana, I. B. Panji . 2015. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Mediasi). E-Jurnal Manajemen Unud. 4(12) : 4477- 4500


Refbacks

  • There are currently no refbacks.