ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA KELAS 4 SDN BERAHAN WETAN 1

Dea Ayu Safitri, Sari Yustiana, Yulina Ismiyanti

Abstract


Ayu, Safitri, D. 2023 ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA KELAS 4 SDN BERAHAN WETAN 1, skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung, Sari Yustiana, S.Pd., M.Pd., Yulina Ismiyanti, S.Pd., M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Bagaimana penerapan metode pembelajaran outdoor study terhadap kemampuan bersosialisasi siswa kelas 4 SDN Berahan Wetan 1 2). Bagaimana kemampuan bersosialisasi siswa setelah menerapkan metode pembelajaran outdoor study. Penelitiian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas 4 dan 32 siswa kelas 4 di SDN Berahan Wetan 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara dan Angket. Untuk menguji Keabsahan Data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan Teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). guru sudah memahami apa saja indicator – indicator keberhasilan kemampuan bersosialisasi sehingga dapat secara langsung menerapkan-nya dalam pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan penerapan metode pembelajaran outdoor study. 2). Kemampuan Bersosialisasi siswa kelas 4 SDN Berahan Wetan 1 setelah pelaksanaan penerapan metode pembelajaran outdoor study dapat dikatakan mengalami hasil yang positif, sehingga dapat disimpulkan penggunaan metode pembelajaran outdoor study dalam proses pembelajaran sangat membantu kemampuan bersosialisasi siswa kelas 4 di SDN Berahan Wetan 1.

Kata Kunci: Outdoor Study, Kemampuan Bersosialisasi, Metode Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abi dan Widodo, Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta (ID) : PT Rineka Cipta.

Ardianto, Y. (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. In Djkn (Issue 2).

Cintami, Mukminan. 2018. Efektivitas outdoor study meningkatkan hasil belajar geografi berdasarkan locus of control di sekolah menengah atas kota palembang. SOCIA : Jurnal Ilmu-Imu Sosial. 15 (2) : 164-174.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fauzi VK, Achmadi, Okianna. 2018. Penerapan model pembelajaran outdoor study pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 MAN 1 Potianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 7(9) : 1-11.

Geneza. 2019. Penerapan metode pembelajaran outdoor study dan metode pembelajaran di dalam kelas pada materi hidrosfer di SMA Nusaputera Kota Semarang (skripsi). Semarang (ID) : Universitas Semarang.

Husamah. 2013. Pembelajaran luar kelas outdoor learning. Jakarta (ID) : Prestasi Pustaka Jakarta.

Imanulloh, H. (2020). Penelitian Deskriptif Kualitatif. In www.tripven.com.

Jane B. 2009. Journal Of Adventure Education & Oudoor Learning InclusionThrough Acces to Outdoor Education : Learning in Motion (LIM). Stockholm University : Sweden.

Mursalim, Jusmini, Wulandari N. 2020. Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemampuan Bersosialisasi pada Siswa Kelas IV di SD Inpres 102 Malanu Kota Sorong. Jurnal Papeda. 2(1): 1-9.

Nuraiha. 2020. Pelaksanaan metode pengajaran variatif pada pembelajaran Al Quran MAN 1 Tanjung Jabung Timur Kabupaten Tanjub Timur. Jurnal Literasiologi. 4(1) : 40-50.

Prihantoro A. 2010. Pembelajaran, pengajaran, dan asesmen. Yogyakarta (ID) : Pustaka Pelajar.

Rianto AD. 2021. Upaya Meningkatkan Minat Sosialisasi Anak Melalui Metode Bercerita di RA Salafiyah Pangandaran. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(3): 10930-10936.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Thabroni, G. (2022). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif (Konsep & Contoh). Serupa.Id.

Trisnatalisnawati, Kasiati Retnowati L. 2010. Perbedaan kemampuan bersosialisasi pada anak prasekolah dengan riwayat PAUD dan tanpa riwayat PAUD di desa sumber porong lawang. Jurnal Keperawatan. 1(2): 199-206.

Widiasmoro E. 2017. Strategi & metode mengajar siswa di luar elas (outdoor learning) : secara aktif, kreatif, inspiratif, dan komunikatif. Yogyakarta (ID) : Ar-Ruzz Media.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif. QUANTA, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.