PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN FASILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA AGRO KOPYOR KENANTI KABUPATEN PATI

Muhammad Zainul Millah, Trimanah ., Dian Marhaeni Kurdianingsih

Abstract


Electronic Word Of Mouth merupakan bagian penting dari strategi pemasaran karena rekomendasi dari pelanggan lain biasanya dianggap lebih dipercaya ketimbang kegiatan promosi dari perusahaan. Sedangkan fasilitas adalah salah satu elemen penting dalam sebuah kawasan wisata. Pemanfaatan strategi ini dirasa ampuh bagi sang owner tempat wisata untuk menarik perhatian wisatawan untuk melakukan kunjungan kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Electronic Word Of Mouth dan fasilitas terhadap minat berkunjung kembali pada Agro Kopyor Kenanti. Dimana dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan paradigma positivisme yang dikontruksi dengan teori Uses and Effect dan Behaviorisme. Penelitian dilakukan menggunakan data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa studi kepustakaan. Pengumpulan data primer dilakukan menggunakan teknik purposive sampling melalui kuesioner 100 responden pengunjung Agro Kopyor Kenanti yang didapatkan dari populasi yang berjumlah 697.081 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dan hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji T dan Uji F. Serta Uji asumsi klasik berupa Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas dan Uji Heteroskedastisitas.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Ewom dan Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali dengan Sig < 5% serta koefisensi determinasi sebesar 71,4%. Teori uses and effect memiliki keterkaitan dengan hasil penelitian ini. Dimana informasi ewom pada sosial media membuat audiens menjadi menyukai, memiliki persepsi yang positif terhadap Agro Kopyor Kenanti, dan pada akhirnya dapat menciptakan perasaan tertentu yang berujung pada efek perubahan sikap yaitu minat mengunjungi Agro Kopyor Kenanti. Teori behaviorisme berkaitan dengan hasil penelitian ini. Dimana teori ini adanya hubungan sebab akibat, pengalaman audiens secara langsung setelah datang ke lokasi memunculkan sebuah persepsi terkait fasilitas yang tersedia. Responden menyatakan fasilitas yang tersedia sudah baik, dilihat dari rata-rata persentase yang baik pada setiap pernyataan. Adapun keterbatasan pada penelitian ini dimana dalam proses pengambilan data melalui penyebaran kuesioner terkadang responden tidak memberikan jawaban yang sesuai dengan pendapat sebenarnya. Hal ini dapat terjadi karena perbedaan pemahaman responden dan mungkin juga faktor lainnya seperti kejujuran responden dalam mengisi kuesioner yang dibagikan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu agar bisa menambahkan variabel variabel lainnya sehingga dapat mengahasilkan pembaharuan dalam kasus penelitian sejenis.

Kata Kunci: Ewom, Fasilitas, Minat Berkunjung Kembali

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Ellvinaro. 2016. Meltodel Pelnellitian Ulntulk Pulblic Rellations. Bandulng: Simbiosa.

Delnzim & Lincoln. 2018. Handbook of Qulalitativel Relselarch. Yogyakarta: Pulstaka Pellajar

Ghozali Imam. (2021). Aplikasi Analisis Mulltivarieltel delngan Program IMB SPSS. Eldisi Kelselpullulh. Selmarang: Badan Pelnelrbit Ulnivelrsitas Diponelgoro. 252.

Kriyantono, R. (2014). Telknik Praktis Riselt Komulnikasi. In R. Kriyantono, Telknik Praktis Riselt Komulnikasi (p. 97). Jakarta: Kelelncana Prelnadameldia Groulp

Kotlelr, Philip and Amstrong. 2015. Principlel of Markelting. 15th eldition, Nelw Jelrsely: Prelnticel-Hall Pulblisheld.

Malhotra, K. N. (2012). Riselt Pelmasaran Pelndelkatan Telrapan. eldisi 4 jilid 2. Jakarta: Jakarta Indelks.

Mulliani, D. I. (2020). Ulji Pelrsyaratan Analisis. Dalam D. I. Mulliani, Ulji Pelrsyaratan Analisis (hal. 33). Lulmajang, Jawa Timulr: Klik Meldia.

Nulgroho, Ul. (2018). Dalam Meltodologi Pelnellitian Kulantitatif Pelndidikan Jasmani (hal. 20). Jawa Telngah: CV.Sarnul Ulntulng.

Sinambella, L. P. (2014). Meltodologi Pelnellitian Kulantitatif . Yogyakarta: Yogyakarta Graha Ilmul.

Sulgiyono (2016). Meltodel Pelnellitian Kulantitatif, dan R&D. Bandulng: Alphabelt

Sulgiyono. (2018). Meltodel Pelnellitian Pelndidikan (Pelndelkatan Kulantitatif, Kulalitaif dan R&D) (27 eld.) Alphabelt

Aulliya, Z. F., Ulmam, M. R. K., & Prastiwi, S. K. 2017. Onlinel Costulmelr Relvielws ( OTRs ) dan Rating : Kelkulatan Barul pada Pelmasaran Onlinel di Indonelsia Onlinel Costulmelr Relvielws ( OTRs ) dan Rating : Nelw Elra in Indonelsia OnlinelMarkelting. Julrnal ElBBANK, 8(1).

Bachtiar, M. Latielf. 2016. Pelngarulh stratelgi Baulran Pelmasaran Telrhadap Minat Belrkulnjulng kelmbali di Objelk Wisata Pantai Kabulpateln Gulnulng Kidull. Skripsi. Fakulltas Elkonomi Ulnivelrsitas Nelgelri Yogyakarta.

Bolang, El., Mananelkel, L., Lintong, Dc. A., Helndri Bolang, El., Mananelkel, L., Ch Lintong, D. A., Manajelmeln, J., & Elkonomi dan Bisnis, F. (2021). Thel Influlelncel Of Ellelctronic Word Of Moulth, Location and Tickelt Pricels Towards Toulrist Visiting Intelrelst In Makateltel Hill’s Warelmbulngan Villagel. 9(1), 1360–1370.

Djulwitaningsih, Elkapti Wahjulni. (2018). Family Commulnication Patelrn In womeln workelr From Indonelsia. Julrnal Pelnellitian Komulnikasi dan Opini Pulblik. Vol 22, No 1, hal: 67-78

Marpaulng, B. (2019). Pelngarulh Daya Tarik, Kulalitas Pellayanan, Fasilitas Dan Kelsellamatan Delngan Kelpulasan Wisatawan Selbagai Variabell Intelrvelnting Telrhadap Minat Kulnjulngan Ullang Wisatawan. Julrnal Pelnellitian Manajelmeln, 1(2), 144–156. filel:ataulataulataulC:ataulUlselrsataulPelrpuls STIElataulDownloadsataul294-Articlel Telxt-848-1-10-20200611.pdf

Pelrtiwi, Florelntina A. 2018. Pelngarulh Harga, Fasilitas Wisata, dan Atraksi Wisata Telrhadap Kelpulasan Konsulmeln Objelk Wisata Konselrvasi. Skripsi. Fakulltas Elkonomi Ulnivelrsitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Pitaloka, D., Sidanti, H., Citaningtyas, D., & Kadi, A. (2022). SIMBA Selminar Inovasi Manajelmeln Bisnis Dan Akulntansi 4 Selminar Inovasi Manajelmeln Bisnis dan Akulntansi (SIMBA) 4 Fakulltas Elkonomi dan Bisnis Ulnivelrsitas PGRI Madiuln Pelngarulh Promosi, Falisitas dan El-Wom Telrhadap Minat Belrkulnjulng (Stuldi Kasuls pada Telpian Sawah Elatelry di Delsa Krelselk, Kelcamatan Wulngul, Kabulpateln Madiuln).

Pulrnama, N., & Marlelna, N. (2022). Pelngarulh El-Wom Dan Harga Telrhadap Niat Belrkulnjulng Kelmbali Pada Gulnulng Selmelrul. Julrnal Pelndidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1626–1634. https:ataulatauleljoulrnal.ulnelsa.ac.idataulindelx.phpatauljptnataularticlelataulvielwataul43059%0Ahttps:ataulatauleljoulrnal.ulnelsa.ac.id

Ridwani, A. A. (2019). Implikasi dan implelmelntasi telori belhaviorismel melnulrult bulrrhuls freldelric skinnelr dalam pelmbellajaran pelndidikan agama islam. Instiult Agama Islam Nelgelri (IAIN), 116.

Sari, W. (2017). Analisis Pelngarulh Ellelctronic Word of Moulth, Ellelctronic Selrvicel Qulality dan Coulntry of Origin Telrhadap Relpulrchasel Intelntion pada Qlapa.com. Joulrnal of Chelmical Information and Modelling, 53(9), 1689–1699.

Seltyowati, H., & Liliyan, A. (2022). Pelngarulh El-WOM, Fasilitas, Daya Tarik Wisata, dan Harga telrhadap Minat Belrkulnjulng Taman Satwa Tarul Julrulg. Julrnal Manajelmeln Pelrhotellan Dan Pariwisata, 5(1), 24–31. https:ataulatauldoi.orgataul10.23887atauljmpp.v5i1.44773

Sopyan. (2015). Pelranan dan pelngarulh Minat Belrkulnjulng Kelmbali Wisatawan. Angelwandtel Chelmiel Intelrnational Eldition, 6(11), 951–952., 10–27.

Sulhelrni, Dharta, F. Y., & Kulsulmaningrulm, R. (2022). Pelngarulh Ulnggahan Foto Wisata Alam Culrulg Malella Pada Meldia Sosial Instagram Telrhadap Minat Belrkulnjulng Gelnelrasi Z. Meldialog: Julrnal Ilmul Komulnikasi,5(1),219–226. https:ataulatauljulrnalulmbulton.ac.idataulindelx.phpataulMeldialogataularticlelataulvielwataul1284


Refbacks

  • There are currently no refbacks.