PENGARUH TIGA PILAR GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA NILAI PERUSAHAAN

Farhan Maulana, Muhammad Ja'far Shodiq

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meneliti dampak dari Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Obyek pada penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2019-2022. Sampel akhir yang diperoleh peneliti berjumlah 19 perusahaan, dengan jumlah total data diolah 76 data yang memenuhi kriteria penelitan sampel tahun 2019 hingga 2022.

Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Good Corporate Governance (GCG) diproksikan dengan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan komite audit. Hasil penelitian menunjukkan kepemilikan institusional dan Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kepemilikan manajerial dan komite audit tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

Kata kunci: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai Perusahaan, Perusahaan BUMN

 


Full Text:

Untitled

References


Anwar, K. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan. INOVASI: Jurnal Ekonomi. Keuangan, Dan Manajemen, Vol. 19(Issue 02), 282-288.

Cahyanto, Y. A. D., & Madelyn, M. M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Laba Pada Perusahaan Non-Keuangan Di Indonesia. JURNAL AKUNTANSI TSM, Vol. 2 No., 559-576.

Febriani, V., & Munawaroh. (2022). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institutional Dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Krisnadwipayana, 9(1), 594. https://doi.org/10.35137/jabk.v9i1.641

Ichsan, R. (2013). Teori Keagenan (Agency Theory). https://bungrandhy.wordpress.com/2013/01/12/teori-keagenan-agency-theory/

Indrastuti, D. K. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Sektor Manufaktur. Jurnal Akuntansi TSM, Vol.1(Issue 01), 117–126.

Irmalasari, E., Gurendrawati, E., & Muliasari, I. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan dan Leverage Sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 3(2), 443–460. https://doi.org/10.21009/japa.0302.11

Issomatusaada, Dewi, D. N., & Dewi, A. K. (2022). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Jurnal Ilmiah ESAI, 16(2), 72–81.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs And Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3, 305-360.

Junda, M. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019) SKRIPSI. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 211-222.

Lestari, A. D., & Zulaikha. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Kajian Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2015-2019). Jurnal Akuntansi Manajemen, 10(2011), 1-15.

Nursanita, Faruqi, F., & Rahayu, S. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Jurnal STEI Ekonomi, Vol. 28(Issue. 01), 153-171.

Nuryono, M., Wijayanti, A., & Samrotun, Y. C. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Komite Audit, Serta Kualitas Audit Pada Nilai Perusahaan. Edunomika, Vol. 03(Issue 01), 199–212.

Radhitiya, E., & Purwanto, A. (2017). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Pada Struktur Kepemilikan , Faktor Internal , Dan Faktor ( Tobin S Q ). Diponegoro Journal of Accounting, 6(1), 1-13.

Raharjo, A., & Djanuarti, I. (2014). Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei 2008 Â 2012. In Diponegoro Journal of Accounting (Vol. 3, Issue 1, pp. 21-30).

Rahmantari, N. L. L. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Ganec Swara, 15(1), 813. https://doi.org/10.35327/gara.v15i1.179

Sabatini, K., & Sudana, I. P. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 14(1), 56–69. https://doi.org/10.24843/jiab.2019.v14.i01.p06

Saragih, A. E., & Tampubolon, H. (2023). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Institusional, Komisaris Independen, dan Komite Audit terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Keuangan Yang Terdafatar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Minfo Polgan, Vol. 12(Issue 02), 1086-1095.

Sebastian, B., & Handojo, I. (2019). Pengaruh Karakteristik perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 21(1a-1), 97-108.

Taniman, A., & Jonnardi. (2020). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 2, 1372-1379.

Widianingsih, D. (2018). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, serta Komite Audit pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR sebagai Variabel Moderating dan Firm Size sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 19(1), 38. https://doi.org/10.29040/jap.v19i1.196


Refbacks

  • There are currently no refbacks.