KEEFEKTIFAN PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Dinda Dwi Yulianti, Khoirul Anwar, M. Muhtar Arifin Sholeh

Abstract


Penelitian ini untuk memperoleh keefektifan penerapan Profil Pelajar Pancasila khususnya pada P1 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif dengan analisis (field research), sumber data berasal dari sumber data primer dan sekunder. Adapun pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian dari keefektifan penerapn Profil Pelajar Pencasila dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 4 Semarang tahun 2023/2024 ini menunjukan bahwa keefektifan penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah cukup baik dan efektif, dikatakan baik Karena indicator Profil Pelajar Pancasila sudah diterapkan di SMP Muhammadiyah 4 Semarang dengan cara: bersikap sopan santun kepada guru, melakukan pembiasaan-pembiasaan seperti sholat dhuha, sholat jamaah, membaca asmaul husna, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran. Tujuan dari pembiasaaan adalah menanamkan kepada siswa agar selalu melaksanakan ibadah rutin diiringi dengan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

 

Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, mata pelajaran PAI


Full Text:

Untitled

References


Angrayni, L. (n.d.). Efektivitas Rehabilitasi Pecandu Narkotika (Studi di Loka Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Batam).

Anwar, K., & Choeroni, C. (2019). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Budaya Sekolah Religius Di Sma Islam Sultan Agung 3 Semarang. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 90. https://doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5155

Arsyam, M., Ramadhani, S., & Haziman Amin, H. (2021). Iman Kepada Allah (Peroses Munculnya Iman Sad, Dzan Dan Ilmu). Jurnal Aqidah, 20, 5.

Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam Pengertian Tujuan Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Talim, 17(2), 79-90.

Kontekstual, P., & Sekolah, D. I. (2020). Penerapan nilai-nilai profil pelajar pancasila melalui pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. 482-494.

Meilin, L. N., & Iqnatia, A. (2022). Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. 9(3), 687-706.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. Journal Homepage: Http://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Sesiomadika, 659.

O, A. (2015). ADHAYANTO O, VOLUME 5 NO. 2 Februari 2015-Juli 2015 JURNAL ILMU HUKUM. 5(2), 1-12.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. 6(3), 3613-3625.

Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. 7(6), 6641-6653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611

Suleman, R., & Luneto, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Limboto PEKERTI: Jurnal Pendidikan Islam & Budi Pekerti, 5(1), 13-22.

Tjahjono, A. B., Sholeh, M. A., Muflihin, A., Anwar, K., Sholihah, H., Makhshun, T., & Hariyadi, S. (2023). Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Budaya Akademik Islami (BUDAI). CV. Zenius Publisher. https://books.google.co.id/books?id=MN_rEAAAQBAJ

Vellycia, P. S. D., Susanto, R. U., & dkk. (2023). ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA DIMENSI 1 DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SDN RUNGKUT MENANGGAL I SURABAYA. 4(3), 340-348.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.