Peran Business Agility Sebagai Variabel Mediasi Dalam Hubungan Antara Orientasi Pasar Dan Business Model Innovation Dengan Kinerja Pemasaran

Vinda Selviana, Lutfi Nurcholis

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh orientasi pasar dan business model innovation terhadap kinerja pemasaran dengan business agility sebagai variabel intervening. Responden dalam penelitian adalah pengusaha UMKM ritel fashion di kota Semarang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan  purposive sampling. Dengan jumlah sampel kuesioner sebanyak 62 responden. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Orientasi Pasar dan Business Model Innovation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Business Agility. Business Model Innovation, Orientasi Pasar, Business Agility memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran. Business Agility mampu memediasi hubungan Orientasi Pasar dan Business Model Innovation terhadap Kinerja Pemasaran.

Kata Kunci : Orientasi Pasar, Business Model Innovation, Business Agility,  Kinerja Pemasaran

Full Text:

Untitled

References


Allahar, H. (2019). A Management Innovation Approach To Project Planning. Technology Innovation Management Review, 9(6), 4-14. Https://Doi.Org/10.22215/TIMREVIEW/1245

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivriate Dengan Program Spss. Semarang: Badan Penerbit - Undip.

Harini, S., Silaningsih, E., & Putri, M. E. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar, Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 67. Https://Doi.Org/10.33603/Jibm.V6i1.6040

Johannes, A. C. Erta. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Wisata Alam. Jurnal Digest Marketing Vol.3 No.2.

Karini, N. F. H., & Pertiwi, I. F. (2023). Pengaruh Business Agility, Kompetensi Sdm Dan Religiusitas Terhadap Kinerja Umkm Dengan Legalitas Usaha Sebagai Variabel Moderating (Studi Umkm Di Jawa Tengah). Quranomic: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 163-173. Https://Doi.Org/10.37252/Jebi.V2i2.424

Kautsar, A. (2022). Digital Marketing Dan Digital Finance Apakah Menjadi Faktor Berkembangnya UMKM Di Surabaya? Jurnal Ekonomika, 10(1), 308-313.

Kurniawan, G. (2019). Analisis Kinerja Pemasaran Produk Pt Artois Pharma. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 4(2), 108-124. Https://Doi.Org/10.33005/Mebis.V4i2.61

Mulyana, M., Zakaria, Z., & Mahmood, R. (2021). Designing Architectural Marketing Capabilities To Increase The Performance Of Small And Medium-Sized Enterprises. RAE Revista De Administracao De Empresas, 61(4), 1-16. Https://Doi.Org/10.1590/S0034-759020210404

Nasito, M. (2022). Pengaruh Mediasi Inovasi Model Bisnis Terhadap Orientasi Kewirausahaan Dan Kinerja Pengembangan Produk Baru Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Kota Kendari. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(06), 46-57.

Ningrum, S., Fitra, V. D., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(2), 1-9. Https://Doi.Org/10.51544/Jmm.V5i2.1614

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. Journal Of Applied Business And Economic, 9(2), 184-204.

Perluhutan, Henrico Viktor, & Setiawan, A. H. (2020). Pengaruh Modal, Pengalaman Usaha, Strategi Promosi Dan Pendidikan Terhadap Keuntungan Pelaku UMKM Fashion Pada Marketplace Online Di Kota Semarang. Diponegoro Journal Of Economics, 9(3), 38-49.

Permatasari, C. D., & Prabawani, B. (2020). Analisis Program Kemitraan Csr Pt. Telekomunikasi Indonesia Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Umkm. Ilmu Administrasi Bisnis, X(3), 1285-1291.

Prabawati. (2019). Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Variabel Intervening Keunggulan Bersaing Pada Umkm Kecamatan Kaliwates. Progress In Retinal And Eye Research, 561(3), S2-S3.

Pramudiati, N., Putri, A. Z., & Basri, A. I. (2019). Penerapan SAK ETAP, Kinerja Usaha, Dan Keberlanjutan UMKM Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.Akuntansi Dewantara, 3(2), 149-155. Https://Doi.Org/10.26460/Ad.V3i2.5190

Rohmaniyah, A., & Nurhayati, T. (2017). Peningkatan Kreativitas Pemasaran Dan Kualitas Networking Berbasis Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada CV. Mubarokfood Cipta Delicia Kudus). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 149. Https://Doi.Org/10.30659/Ekobis.18.2.149-163

Sudarnice, S., & Sudarman, L. (2022). Pengembangan Business Model Innovation (Bmi) Pada Ukm Di Kabupaten Kolaka Dengan Pendekatan Konfigurasi. Journal Of Global Business And Management Review, 4(1), 81. Https://Doi.Org/10.37253/Jgbmr.V4i1.6491

Suprapti, S. (2022). Improving Marketing Performance Through Business Agility And Market Orientation In Micro, Small, And Medium Enterprises In Semarang City. Arthatama Journal Of Business Management And Accounting, 6(1), 26-43.

Sutapa, S., Mulyana, M., & Wasitowati, W. (2017). The Role Of Market Orientation, Creativity And Innovation In Creating Competitive Advantages And Creative Industry Performance. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(2), 152-166. Https://Doi.Org/10.15294/Jdm.V1i1.12756

Shakeel, J. M. (2020). Anatomi Model Bisnis Berkelanjutan Produksi Bersih. Journal Of Cleaner Production, Https://Doi.Org/10.1016/J.Jclepro.2020.121201.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Cv.

Waty, E., So, I. G., Indrajit, R. E., & Abdinagoro, S. B. (2021). The Effect Of Business Ecosystem And Government Regulation Toward Business Agility: The Role Mediating Of Business Model Innovation In Smes. Proceeding Of The International Conference On Family Business And Entrepreneurship, 2(1), 410-420. Https://Doi.Org/10.33021/Icfbe.V2i1.3580

Waty, E., So, I. G., Indrajit, R. E., & Abdinagoro, S. B. (2022). Networking Capabilities And Digital Adoption Of Business Agility: The Mediating Role Of Business Model Innovation. International Journal Of Ebusiness And Egovernment Studies, 14(2), 224-241. Https://Doi.Org/10.34109/Ijebeg.202214131

Wibowo, F., Khasanah, A. U., & Putra, F. I. F. S. (2022). Analisis Dampak Kehadiran Pasar Modern Terhadap Kinerja Pemasaran Pasar Tradisional Berbasis Perspektif Pedagang Dan Konsumen Di Kabupaten Wonogiri. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 53-65. Https://Doi.Org/10.23917/Benefit.V7i1.16057

Wicaksono, D. C. (2019). Perumusan Inovasi Model Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Navigator Pada Sepatuh Bersih Malang. 1-12. Http://Repository.Ub.Ac.Id/Id/Eprint/170293

Yanuar, N. D., & Harti, H. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Penjualan Pada Home Industri Olahan Ikan Di Kabupaten Trenggalek. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 51-60. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.14.2.51


Refbacks

  • There are currently no refbacks.