KEEFEKTIFAN FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Laifatul Anisa Azizah, Khoirul Anwar, Toha Makhsun

Abstract


Penelitian ini bertujuan karena terkikisnya akhlak generasi Z yang disebabkan oleh kenakalan-kenakalan remaja sehingga meresahkan kehidupan masyarakat baik dalam lingkup kecil maupun besar. Sehingga hal tersebut menjadi tantangan yang besar bagi dunia pendidikan. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana keefektifan full day school dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang keegektifan full day school dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, melalui kegiatan pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai islam yang disusun dalam perencanaan pembelajaran yang sesuai, prasarana yang memadai, dukungan dari orangtua, serta kerjasama yang baik oleh seluruh sumber daya manusia yang ada disana baik guru, karyawan, yang menjadi teladan dalam mebentuk akhlak peserta didik sehingga dapat menunjukkan sikap sopan, dan senang beribadah, sehingga menciptakan output yang sesuai dengan visi dan misi sekolah yaitu menjadi generasi yang berakhlakul kharimah, cerdas intelektual, emosional, dan spiritual.

Kata kunci: Pembelajaran, Full Day School, Akhlak

Full Text:

Untitled

References


A B Tjahjono et al., Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Budaya Akademik Islami (BUDAI) (CV. Zenius Publisher, 2023), https://books.google.co.id/books?id=MN_rEAAAQBAJ.

Akmal Hawi, Kompetensi Guru PAI, (Jakarta: Rajawali Pers. 2013

Anwar, Khaerul, Choeroni Choeroni, And Mumtaz Fatimah Az-Zahro. “Manajemen Pendidikan Agama Islam Di Masjid Berbasis Layanan Umat.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, No. 2 (2022): 129. Https://Doi.Org/10.30659/Jpai.5.2.129-137.

Anwar, Khoirul, Mochammad Hendrik, Yaredi Waruwu, And Citra Dewi. “Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan Dan Kompetensi Guru Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Agama Sosisal Dan Budaya 5, No. 3 (2022): 2599-2473.

Baharun, Hasan, And Saudatul Alawiyah. “Hasan Baharun, Saudatul Alawiyah: Pendidikan Full Day School.” Potensia 4, No. 1 (2018): 1-22.

Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Amzah, 201

Chotimah, Chusnul. “Peranan Full Day School Dalam Pengembangan Pembelajaran. Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sdit) Al Uswah Tuban,” No. 3 (N.D.): 7823-30.

Clarisa Hasibuan, Putri. “Efektivitas Pembelajaran Full Day School Dalam Penanaman Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Az-Zuhri.” Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, No. 3 (2020): 201-12. Https://Doi.Org/10.56114/Maslahah.V1i3.291.

Dkk Zakiah Darajat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014).

Drajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Dewi, Dinka Rosyita. “Efektivitas Sistem Full Day School Dalam Mengembangkan Karakter Siswa Di Mts Al-Jadid Waru Sidoarjo,” 2018.

Drs. Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya,2002).

Mahmudi Mahmudi, “Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi,” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (May 21, 2019): 89, https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105.

Masyarakat, Jurnal Pengabdian. “Efektivitas Pembelajaran Full Day School Dalam Penanaman Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Az-Zuhri” 1, No. 1 (2020): 49-58. Https://Doi.Org/10.30596/Maslahah.V.

Oktaviani, Tri. “Efektivitas Full Day School Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Sd Integral Hidayatullah Salatiga,” 2017.

Pendidikan, Penguatan, Karakter Peserta, Didik Dalam, Era Globalisasi, Zaza Yulianti Amelia, Aulia Novemy Dhita, Pendidikan Sejarah, And Universitas Sriwijaya. “Karakter Peserta Didik Dalam Era Globalisasi Budaya Full Day School As Reinforcement Strategy Of” 8 (2020): 1-8.

Rosyidah, Euis, Pembentukan Moral, And Akhlak Siswa. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di Tpq Al-Azam Pekanbaru” 9, No. 1 (2019).

Siti Halimah. “Upaya Guru Dalam Pembentukan Akhlak Anak Di Raudlotul Athfal Baipas Roudlotul Jannah Kota Malang.” Jurnal Dewantara 1, No. 1 (2019): 1-6.

Sugiyono. “Metode Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R D” (Bandung: Alfabeta, 2009)

Sukur, D, A Afifuddin, And S Suyeno. “Implementasi Kebijakan Full Day School Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Siswa (Studi Pada Sdn Bandulan” Respon Publik 13, No. 2 (2019): 2-7. Http://Www.Riset.Unisma.Ac.Id/Index.Php/Rpp/Article/View/2107.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. “Sistem Pendidikan

Nasional. Demographic Research 49, No. 0 (2003): 1-33: 29 Pag Texts + End Notes, Appendix, Referen.

Widyowati, Lilies. “Pengembangan Kurikulum Terpadu Sistem Full Day School (Studi Multi Kasus Di Sd Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang, Sdit Ihsanul Fikri Kota Magelang Dan Sd Terpadu Gunungpring Magelang,” N.D., 7823-30.

Yuspawati. “Efektifitas Pelaksanaan Full Day School Dalam Proses Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas Xi Di Smkn 3 Pinrang,” N.D., 1-86. Http://Repository.Iainpare.Ac.Id/2671/.

Zafar, Miftah Afifah, And Armida S. “Efektivitas Penerapan Full Day School Di Sekolah Menengah.” Jurnal Ecogen 3, No. 3 (2020): 449. Https://Doi.Org/10.24036/Jmpe.V3i3.9997


Refbacks

  • There are currently no refbacks.