HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN CULTURE SHOCK PADA MAHASISWA RANTAU DI SEMARANG

Reni Anggraini, Anisa Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis culture shock yang dialami oleh mahasiswa rantau di Semarang yang ditinjau dari interaksi sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa rantau luar Jawa yang aktif dan sedang kuliah di Semarang angkatan 2023 yang berjumlah 201 mahasiswa. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Dalam penelitian ini, skala yang digunakan dalam penelitian adalah skala interaksi sosial dan skala culture shock. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji korelai pearson product moment. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil berupa adanya hubungan negatif yang sangat signifikan antara interaksi sosial dengan culture shock, Hal tersebut didapatkan dari skor rxy sebesar -0,753 dengan sig= 0,000 (p<0,01). Yang dapat diartikan semakin tinggi interaksi sosial maka semakin rendah culture shock. Begitupun sebaliknya, maka akan semakin rendah interaksi sosial maka semakin tinggi culture shock yang dialami oleh mahasiswa rantau di Semarang. Maka dari itu, hipotesis penelitian ini diterima.

Kata Kunci: Interaksi Sosial, Culture Shock, Mahasiswa Rantau


Full Text:

Untitled

References


Cindy, F., & Dariyo, A. (2017). Hubungan Psychological Well-Being dengan Loneliness pada Mahasiswa yang Merantau. Journal Psikogenesis, 4(2), 170. https://doi.org/10.24854/Jps.v4i2.344

Devinta, M., & Hendratomo, G. (2015). Fenomena Culture Shock (Gegar Budaya) Pada Mahasiswa Perantauan di Yogyakarta 1. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1-15.

Fernando, F. (2017). Persiapan Dan Pelaksanaan Penelitian.

Indrianie, E. (2012). Culture AdJustment Training untuk Mengatasi Culture Shock pada Mahasiswa Baru yang Berasal dari Luar Jawa Barat. Insan, 14(03), 149-158.

Mapossa, J.B. (2018). Interaksi dalam Kehidupan Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Jalan Candi Badut Gang I, Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru). New England Journal of Medicine.

Nakao, G. (2019). Examining culture shock from anthropological, psychoanalytic, behavioristic, and cognitivist frameworks: Acculturative stress of international students at college in the United States. Otemon Business Management Review.

Qomarudin, A. (2021). Hilangnya Kesadaran Diri Mahasiswa Untuk Kuliah (Konsep Conscientizacao (Kesadaran) sebagai TuJuan Pendidikan Paulo Freire). PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 1-13.

Shieh, C. J.(2014). Effects of culture shock and cross-cultural adaptation on learning satisfaction of mainland China students studying in Taiwan. Revista Internacional de Sociologia. https://doi.org/10.3989/ris.2013.08.10

Soekanto, S. (2017). Sosiologi suatu pengantar. RaJa Grafindo Persada.

Sufandi. (2022). Pengaruh Prasangka Sosial Terhadap Culture Shock Pada Mahasiswa Perantau Luar Pulau Sulawesi Di Kota Makassar. Braz Dent J., 33(1), 1-12. https://doi.org/10.56326/Jpk.v3i1.2274

Syafi’i, I., & Sadewo, F. X. S. (2023). Strategi Adaptasi Mahasiswa Perantauan Jombang di Kota Surabaya. Paradigma.

Wirawan, A. B., & Setiawan, I. K. (2022). Faktor Penghambat Adaptasi Mahasiswa Rantau Di Kota Palu. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu. Https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i1.432


Refbacks

  • There are currently no refbacks.