HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN SELF PRESENTATION PADA REMAJA PUTRI PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI SMA ISLAM AL AZHAR 14 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara body image dengan self presentation pada remaja putri pengguna media sosial instagram di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini remaja putri pengguna media sosial instagram di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Teknik yang digunakan purposive sampling dengan 115 remaja. Pada penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu, skala self presentation dan skala body image. Skala self presentation memiliki 13 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,723. Skala body image memiliki 29 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,915. Teknik analisis data menggunakan product moment pearson. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh koefisien rxy= -0,277 dengan taraf signifikansi 0,003 (p<0,05). Berdasarkan pengujian tersebut ditemukan bahwa hipotesis ditolak. Hasil ini menujukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara body image dengan self presentation pada remaja putri pengguna media sosial instagram di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang.
Kata Kunci: Citra Tubuh, Presentasi diri
Full Text:
UntitledReferences
Aiyuda, N. (2019). Presentasi Diri Di Media Sosial Psychopolitan. Psikologi, 2(2022), 155-161.
Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat Kecanduan Media Sosial Pada Remaja. Journal Of Nursing Care, 3(1), 41-53.
Aprilizdihar, M., Pitaloka, E. D., & Dewi, S. (2022). Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Sarana Pembelajaran Di Era Digital. Journal Of Digital Education, Communication, And Arts (Deca), 5(01), 40-49.
Aristantya, E. K., & Helmi, A. F. (2019). Citra Tubuh Pada Remaja Pengguna Instagram. Gadjah Mada Journal Of Psychology (Gamajop), 5(2), 114.
Brahmini, I. A. B., & Supriyadi, D. (2019). Kontribusi Intensitas Komunikasi Di Media Sosial Instagram Terhadap Citra Tubuh Remaja Perempuan Pelajar SMA Di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 109.
Burns, R. (1993). Konsep Diri, Teori, Pengukuran, Perkembangan Dan Perilaku (Arcan (Ed.)).
Devina, A. (2023). Hubungan Antara Harga Diri Dan Kesadaran Diri Dengan Presentasi Diri Pada Pengguna Media Sosial. 4(1), 75.
Edward E. Jones, & Thane S. Pittman. (1982). Toward A General Theory Of Strategic Self-Presentation. In Psychological Perspectives On The Self (Vol. 1, pP.230-262).
Erlin, F., Malfasari, E., & Putri, N. M. (2022). The Correlation Between Using Instagram And Body Image At Sman 7 Pekanbaru. Risenologi, 7(1a), 44-48.
Fricila, T., Rasyid, A., & Kamal, A. (2022). Media Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 242-257.
Furqan Alfindra, M., & Yahya, M. (2017). Motivasi Mahasiswa Bergabung Dalam Media Sosial Instagram (Student Motivasi Joining Social Media Instagram (Studies In Student Communication Studies Departement Of Social Unsyiah Using Instagram)). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(3).
Fullwood, C., James, B. M., & Chen-Wilson, C. H. J. (2016). Self-Concept Clarity And Online Self-Presentation In Adolescents. Cyberpsychology, Behavior, And Social Networking, 19(12), 716-720.
Hanandha, T. S., & Kurniawan, A. (2023). Hubungan Antara Body Image Dengan Self-Presentation Di Media Sosial Instagram Pada Remaja Putri. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 10(212), 1-10.
Ifinedo, P.(2016). Applying Uses And Gratifications Theory And Social Influence Processes To Understand Students’ Pervasive Adoption Of Social Networking Sites: Perspectives From The Americas. International Journal Of Information Management, 36(2), 192-206.
Jihan, S. (2023). Hubungan Antara Body Image Dengan Perilaku Makan Pada Mahasiswi. 62.
Leary, M. R., Nezlek, J. B., Downs, D., Radford-Davenport, J., Martin, J., & Mcmullen, A. (1994). Self-Presentation In Everyday Interactions: Effects Of Target Familiarity And Gender Composition. Journal Of Personality And Social Psychology, 67(4), 664-673.
Michikyan, M., Dennis, J., & Subrahmanyam, K. (2015). Can You Guess Who I Am? Real, Ideal, And False Self-Presentation On Facebook Among Emerging Adults. Emerging Adulthood, 3(1), 55-64.
Nasrullah. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi (Nurbaya Siti Nunik (Ed.); Cetakan Ke).
Nur, E. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 02, 52.
Prasetyo, H. Y. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Instagram Dengan Prilaku Hedonisme Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(9), 684-693.
Raymer, K. (2015). The Effects Of Social Media Sites On Self-Esteem Recommended Citation.
Ristiana, U. N. (2019). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Sman 1 Depok Sleman D.I Yogyakarta. Transformatif, 2(2), 170-186.
Rizafy, M. A. (2023). Pengguna-Instagram-Di-Ri-Sebanyak-11119-Juta-Per-September-2023.
Rozika, L. A., & Ramdhani, N. (2018). Hubungan Antara Harga Diri Dan Body Image Dengan Online Self-Presentation Pada Pengguna Instagram. Gadjah Mada Journal Of Psychology (Gamajop), 2(3), 172.
Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development (Edisi Ketiga Belas). New York: Mcgraw-Hill.
Seawell, A. H., & Danoff-Burg, S. (2005). Body Image And Sexuality In Women With And Without Systemic Lupus Erythematosus. Sex Roles, 53(11-12), 865-876.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta., 2013.
Syaifullah, J., & Sudarmaji. (2018). Hubungan Aktualisasi Diri Terhadap Keaktifan Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Remaja Kota Surakarta. Jurnal IKON Prodi D3 Komunikasi Massa-Politeknik Indonusa Surakarta, 4(2), 7-16.
Thompson, J. B. (2020). Mediated Interaction In The Digital Age. Theory, Culture And Society, 37(1), 3-28.
Refbacks
- There are currently no refbacks.