Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Metode SWOT Dan QSPM Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Spider Fitting Di PT Fajar Lestari Sejati (Dekkson)

Gamar Samira Alkatiri, Nuzulia Khoiriyah, Eli Mas'idah

Abstract


PT Fajar Lestari Sejati (Dekkson) merupakan perusahaan distributor yang bergerak dibidang aksesoris pintu dan jendela yang menjual produk seperti Spider Fitting. Produk-produk tersebut di produksi di China yang kemudian diimpor ke Indonesia di PT Fajar Lestari Sejati (Dekkson) untuk dijual. Permasalahan yang dihadapi adalah adanya produk Spider Fitting yang tidak mencapai target penjualan atau mengalami penurunan dimana total produk masuk dalam 1 tahun terakhir sebesar 6600 pcs dengan target penjualan produk tersebut sebesar 90 persen sedangkan produk yang terjual kurang dari target dalam 1 tahun terakhir yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu yang mempengaruhi dari faktor internal yaitu promosi atau pemasaran yang hanya dilakukan melalui kunjungan langsung ke arsitek dan konsultan gedung seperti Ikatan Arsitek Indonesia oleh tim marketing dan menyediakan produk tersebut ke beberapa toko. Sedangkan faktor eksternal adalah adanya merek-merek Spider Fitting tersebut yang sudah terkenal seperti Onassis dan OMGE di Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran dan menentukan strategi pemasaran yang paling sesuai dan tepat. Hasil perumusan strategi yang didapat dari matriks SWOT ada 8 alternatif strategi yang dapat diterapkan pada PT Fajar Lestari Sejati (Dekkson). Kemudian selanjutnya dilakukan analisa matriks QSPM untuk memperoleh alternatif strategi yang dapat diterapkan dengan menggunakan score TAS tertinggi. Adapun alternatif strategi dengan score TAS tertinggi yang diperoleh adalah pengembangan pasar dengan skor sebesar 6,83 berupa mengembangkan strategi pemasaran digital untuk memanfaatkan peluang pasar yang berkembang, mengembangkan jaringan distribusi baru untuk wilayah pasar yang lebih luas, serta menanggapi harga dengan strategi penyesuaian harga yang lebih fleksibel.

Kata Kunci: Spider Fitting, Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM, PT Fajar Lestari Sejati (Dekkson)


Full Text:

Untitled

References


Akbar, M. J., Qurtubi, Q., & Maghfiroh, M. F. N. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM untuk Meningkatkan Penjualan Beras. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8(1), 61-67. https://doi.org/10.30656/intech.v8i1.4595

Annisa Lestari1, Azizah Suci Pratiwi2, D. F., & Finda Nurmayanti4, Luthfi Nurul Azizah5, V. R. (2023). “Rene Ngopi” dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1, 742-752.

Ariyanti, R. I., & Budianto, F. (2017). Strategi Peningkatan Pemasaran Perusahaan Marmer MM Galeri Di Sidoarjo. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, 02(02), 24-42.

Atikah, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Swot Dan Qspm (Studi Kasus: Restoran Ramen Aboy). Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 6(1), 88-99. https://doi.org/10.33005/mebis.v6i1.208

Dityo, D. R., Wulandari, S., & ... (2023). Perancangan Strategi Pemasaran Kawancerita. id Menggunakan Metode Analisis SWOT dan QSPM. EProceedings, 10(2), 1211-1224. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/19862%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/19862/19228

Dityo, D. R., Wulandari, S., & Suhendra, A. (2023). Perancangan Strategi Pemasaran Kawancerita.id Menggunakan Metode Analisis SWOT dan QSPM. E-Proceeding of Engineering, 10(2), 1211-1224.

Dzakwan, A. O., Budiman, R., & Prima, F. (2020a). PENGUNJUNG UMKM CENTER KOTA PONTIANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM Abyan Odhy Dzakwan, Riadi Budiman, Febri Prima Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Pontianak 78124. Jurnal Tin Universitas Tanjung Pura, 4(2), 214-223.

Dzakwan, A. O., Budiman, R., & Prima, F. (2020b). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Umkm Center Kota Pontianak Dengan Mengunakan Metode Swot Dan Qspm. Jurnal Teknik Industri, 4(2), 214-223.

Evelin, O., Prima, F., & Sujana, I. (2021). Strategi Pemasaran Madu Kelulut Dalam Rangka Mendukung Produk Unggulan Khas Kalimantan Barat Menggunakan Analisis Swot Dan Qspm. Jurnal TIN Universitas Tanjungpura, 5(1), 45. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jtinUNTAN/article/view/47523

Hanafi, F., Rizki, M., Nofirza, N., & Kusumanto, I. (2023). Analisis Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT Dan QSPM Di UMKM Pempek Lenlin. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(1), 533-539. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i1.6472

Handayani, R., Runtuwene, R. F., & Sambul, S. A. P. (2018). Pengaruh startegi pemasaran terhadap peningkatan penjualan produk ikan kaleng isabella pada PT.Sinar Purefoods Internasional Bitung. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 34-40.

Hasibuan, S., & Amela, F. (2019). Implementasi Quantitative Strategic Planning Matrix ( Qspm ) Dalam Merencanakan Strategi Pemasaran Pada Usaha Minuman Happy Bubble Drink Di Kota Binjai. Jurnal Bisnis Administrasi (BIS-A), 08(c), 26-36.

Kotler, P., Armstrong, G., Yasin, N. M., Ariffin, A. A. M., & Jaffar, G. (2000). Prinsip pemasaran: Philip Kotler, Gary Armstrong: penterjemah Norjaya Mohd. Yasin, Ahmad Azmi Mohd. Ariffin: penyunting Ghaz. Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=UECwnQAACAAJ

Lanipi, Y., Tumbuan, W., & Palandeng, I. (2017). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pada Konsumen Pasar Pinasungkulan Karombasan Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2367-2374.

Lihawa, L., Baruwadi, M. H., & Wibowo, L. S. (2023). Strategi Pemasaran 4P pada Home Industry Winwin Bakery dalam Meningkatkan Promosi Penjualan di Era Milenial (Study Kasus di Kecamatan Tilamuta). Jurnal Ilmiah Membangun Desa Dan Pertanian, 8(4), 127-135. https://doi.org/10.37149/jimdp.v8i4.464

Makmur, S. (2015). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian). Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 3(1), 41-56. https://www.neliti.com/id/publications/58203/strategi-pemasaran-dalam-meningkatkan-volume-penjualan-studi-pada-s-mart-swalaya

Marimin. (2004). Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. March 2004. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3743.2800

Ningrum, M. P., Pribadiyono, P., & Istanti, E. (2021). Analisis SWOT sebagai Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha pada Aspek Operasional Perusahaan Cargo PT. Power Express Indonesia. Benchmark, 1(2), 75-84. https://doi.org/10.46821/benchmark.v1i2.145

Nurul Sabry, A. (2020). RUMUSAN STRATEGI PEMASARAN DALAM PENJUALAN PRODUK DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (Quantitative Startegic Planning Matrix) (Studi Kasus CV. Bimanda Elektronik Pekanbaru). Jurnal Surya Teknika, 7(1), 118-129. https://doi.org/10.37859/jst.v7i1.2359

Palit, I. G., Talumingan, C., & A.J.Rumangit, G. (2017). Strategi Pengembangan Kawasan Agrowisata Rurukan Ireine Gratia Palit Celcius Talumingan. Jurnal Agri-Sosio Ekonomi Unsrat, 13(2), 21-34.

Pemasaran, S., Penjualan, P., Pada, K., Lestari, A., Suci Pratiwi, A., Fauziah, D., Nurmayanti, F., Azizah, L. N., & Rahmadhani, V. (2023). “Rene Ngopi” dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1, 742-752. https://journal.csspublishing/index.php/ijm

PUTRA, T., Ma’mun Sarma, & Lukman M. Baga. (2023). Strategy for increasing Internal Audit Capability on Inspectorate of Jember Regency. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 20(2), 198-207. https://doi.org/10.31113/jia.v20i2.966

Putri, M. A., Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. (2023). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT, matriks IFE, matriks EFE, dan matriks IE (Studi kasus pada bisnis Banjjagim.id). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(1), 224-234. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i1.20703

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: teknik membedah kasus bisnis cara perhitungan bobot rating dan OCAI.

Rinawati, D. I., Puspitasari, N. B., & Rahayu, N. (2017). Perancangan Strategi Bisnis PT Karya Paduyasa Menggunakan SWOT Dan Quantitative Strategi Planning Matrix (QSPM). Jurnal Teknik Industri, 6(3), 1-10. www.kriya.co.id/berita_ukm,

Saputro, S. A., Mas’idah, E., & Sugiyono, A. (2021). Marketing Strategy Analysis Using the Method Swot and Qspm in Industrial Screen Printing Industries. Journal of Applied Science and Technology, 1(01), 12. https://doi.org/10.30659/jast.1.01.12-21

Setyorini, H., Effendi, ud, & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang) Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46-53.

Tanisri, R. H. A., & Fauzan, M. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Rak Sepatu Gantung Menggunakan Metode SWOT Dan QSPM Pada CV. Fafa Mandiri. Journal of Industrial Engineering Scientific Journal on Research and Application of Industrial System, 07(2), 146-155.

Teguh Permana Putra, Ma’mun Sarma, L. M. B. (2023). Jurnal Ilmu Administrasi Strategy for increasing Internal Audit Capability on Inspectorate of Jember Regency. Jurnal Ilmu Administrasi Strategy for Increasing Internal Audit Capability on Inspectorate of Jember Regency, 20(2), 198-207.

Yolanda Febrillyant, K., & Purnomo. (2022). Strategi Pemasaran Umkm Iniceker Malang Dengan Metode Swot Dan Qspm. Jurnal Teknik Industri UMC, 1(1), 16-30. https://doi.org/10.33479/jtiumc.v1i1.3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.