PENGARUH JARAK, TINGGI TIMBUNAN, DAN JENIS TANAH DASAR TERHADAP STABILITAS STRUKTUR SLAB ON PILE

Muhammad Sofwan Imron, Yusuf Eza Supryanto

Abstract


Kemacetan yang terjadi di jalan Madukoro sampai dengan Bandara Ahmad Yani Semarang disebabkan karena jalan menuju Bandara Ahmad Yani tergabung dengan jalan utama. Hal ini mengakibatkan kemacetan yang terjadi terus menerus. Pembangunan fly over menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi kemacetan           di daerah ini, fly over akan dibangun dari Jalan Anjasmoro melintasi Jalan Arteri Yos Sudarso membentang hingga jalan Madukoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruk jarak, tinggi timbunan, dan jenis tanah dasar terhadap stabilitas struktur slab on pile pada pembangunan fly over Bandara Ahmad Yani Semarang.

Penelitian Tugas Akhir ini menggunakan program plaxis V20 dengan 12 permodelan yang memiliki variasi jarak, tinggi timbunan, dan jenis tanah yang berbeda. Variasi jarak yaitu 2 dan 10 meter, variasi tinggi timbunan yaitu 3,6, dan 9 meter serta variasi jenis tanah yaitu firm clay dan soft clay.

Berdasarkan ketiga variasi yaitu variasi jenis tanah, tinggi timbunan dan jarak antar pile yang memiliki pengaruh paling besar yaitu pada variasi jenis tanah. Sedangkan variasi tinggi timbunan dan jarak antar pile tidak cukup berpengaruh. Jadi variasi yang menjadi permbeda pada output total displacement yaitu variasi jenis tanah. Jenis tanah soft clay menyebabkan nilai total displacement lebih tinggi dibandingkan jenis tanah firm clay.

 

Kata Kunci: slab on pile; jarak; tinggi timbunan; jenis tanah; plaxis V20


Full Text:

Untitled

References


Akbar Siregar, N., & Putra Munir, A. (2013). KAJIAN PERMEABILITAS BEBERAPA JENIS TANAH DI LAHAN PERCOBAAN KWALA BEKALA USU MELALUI UJI LABORATORIUM DAN LAPANGAN (Permeability Study of Several Soil Types in Kwala Bekala Field Trials USU Through Laboratory and Field Test). In Keteknikan Pertanian J.Rekayasa Pangan dan Pert (Vol. 1, Issue 4).

Akon, A., & Faisal, A. (2017). STUDI DAYA DUKUNG LATERAL PADA PONDASI TIANG GRUP DENGAN KONFIGURASI 2 x 2.

Anwarrizqika, M. I. (2023). Analisis Pengaruh Kedalaman Pemancangan Prefabricated Vertical Drain (PVD) Terhadap Waktu Konsolidasi.

Berlinda, K. S., & Susanto, F. (2007). Analisa Stabilitas Lereng Waduk Cacaban Akibat Pengaruh Aliran Rembesan.

Fahriana, N., Ismida, Y., Lydia, E. N., & Ariesta, H. (2019). ANALISIS KLASIFIKASI TANAH DENGAN METODE USCS (MEURANDEH KOTA LANGSA).

Faisal, R., Sugiarto, & Syara, A. (2016). Simulasi Arus Lalu Lintas Pada Segmen Penyempitan Jalan Akibat Pembangunan Fly Over Simpang Surabaya Tahun 2016 Menggunakan Software Vissim 8.0.

Haris, V. T., Yos, J., Km, S., Pekanbaru, R., & Lubis, F. (2018). NILAI KOHESI DAN SUDUT GESER TANAH PADA AKSES GERBANG SELATAN

UNIVERSITAS LANCANG KUNING. In SIKLUS: Jurnal Teknik Sipil (Vol. 4, Issue 2).

Herman, ST., M. (2016). Bahan Ajar.

Kastama, Y. F., Sudika, I. G., & Astariani, N. K. (2016). Perbandingan Perilaku Struktur Beton Bertulang Terhadap Beban Gempa Berdasarkan SNI 03- 1726-2002 dan 03-1726-2012.

Mina, E., Kusuma, R. I., & Dwimanda, S. (2017). Analisis Kelongsoran Galian Basement Menggunakan Dinding Penahan Soldier Pile dengan Software Plaxis.

Nararatih, D. (2002). Perubahan Parameter Penurunan Dan Kuat Geser Tanah Pada Penggunaan Lime Coloumn.

Naseriman, A. N. E., Sompie, O. B. A., & Sarajar, A. (n.d.). PENGUJIAN KUAT GESER PADA STABILISASI TANAH LEMPUNG DENGAN CAMPURAN ARANG TEMPURUNG KELAPA DAN TRAS DITINJAU DARI WAKTU PEMERAMAN. Jurnal Sipil Statik, 8(5), 779-788.

Nurul Siska, H., & Achmad Yakin, Y. (n.d.). Karakterisasi Sifat Fisis dan Mekanis Tanah Lunak di Gedebage.

Purba, D. T. (2020). ANALISIS PENGARUH PRE-FABRICATED VERTICAL DRAIN DALAM MEMPERCEPAT PROSES KONSOLIDASI TANAH PADA PROYEK PERPANJANGAN RUNWAY BANDAR UDARA SUPADIO, PONTIANAK.

Purnomo, E., Purwanto, E., & Supriyadi, A. (2014). ANALISIS KINERJA STRUKTUR PADA GEDUNG BERTINGKAT DENGAN ANALISIS DINAMIK RESPON SPEKTRUM MENGGUNAKAN SOFTWARE ETABS (STUDI KASUS: BANGUNAN HOTEL DI SEMARANG).

Putra, A. (2018). Analisis Dan Desain Struktur Beton Bertingkat Banyak Berdasarkan Hasil Perbandingan Analisis Respons Spektrum Dan Dinamik Riwayat Waktu.

Putri, K. Y. (2019). PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN PEMUPUKAN NITROGEN JANGKA PANJANG TERHADAP PERMEABILITAS TANAH PADA PERTANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L) DI LAHAN POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG.

Rispanda. (2022). STABILISASI TANAH GAMBUT DENGAN CAMPURAN SEMEN DAN ASAM FOSFAT (H 3 PO 4).

Sandy, Y. T., & Ramadlan, Z. A. (2022). Analisa Daya Dukung dan Penurunan Tanah Terhadap Pondasi Bored Pile Pada Proyek Gedung Student Center Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Sundari, T., Amudi, A., Yulianto, T., & Ramadhani, R. (2020). ANALISIS STATIK BEBAN GEMPA PADA PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG REKTORAT UNHASY TEBUIRENG JOMBANG (Vol. 14, Issue 3).

Syafi’i, M. A., & Rohman, M. M. (2020). Perencanaan Dinding Penahan Tanah Kantilever Dengan Menggunakan Program Plaxis.

Utomo, B. P. (2019). Analisis Stabilitas Lereng Dengan Perkuatan Soil Nailing Dengan Menggunakan Program Geoslope Pada Bantaran Sungai Code.

Wibowo, N. A. (2016). Pengaruh Kondisi Ekstrim Terhadap Stabilitas Internal dan Eksternal Dinding Penahan Tanah Menggunakan Plaxis 8.2 (Studi Kasus Pada Jalan Nasional III Yogyakarta-Wonosari Km 17, sta 00+ 060 (Doctoral dissertation, UII Yogyakarta).

ZIKRI, F. N. (2019). PENGARUH JARAK TIANG TERHADAP KAPASITAS DUKUNG PONDASI BORED PILE DENGAN METODE REESE&O’NEIL, BROM, POULUS, & DAVIS DAN ELEMEN HINGGA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.