RESPON GURU PAI TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU

Khusnul Khotimah, Sugeng Hariyadi, Samsudin .

Abstract


Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan baru yang telah mendapat berbagai respon, dari pro sampai kontra dari berbagai Lembaga Pendidikan dan orang-orang yang berkecimpung dalam dunia Pendidikan. Penelitian ini membahas tentang respon guru PAI terhadap implementasi kurikulum Merdeka dan implikasinya pada kinerja guru di MA se-kecamatan Bonang Demak. Penelitian ini dilakukan dilokasi tersebut dikarenakan mayoritas sekolah sudah menerapkan kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon guru PAI setelah dilakukanya perubahan kurikulum dan pengaruhnya terhadap kinerja guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dalam bentuk regresi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan uji deskriptif, uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan uji linearitas, dan uji hipotesis berupa uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Berdasarkan hasil uji empiris disimpulkan bahwa respon guru PAI terhadap implementasi kurikulum Merdeka dan implikasinya pada kinerja guru. Hubungan antara kedua variabel bersifat signifikan namun Respon guru PAI cenderung kurang optimal terhadap kinerja yang dilakukan.

Kata Kunci: Respon, Guru PAI, Implementasi, Kurikulum


Full Text:

Untitled

References


Ahmadi, Abu. Ilmu Pendidikan. 1st ed. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Ardy, Wiyani Novan. Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Taqwa. 1st ed. Yogyakarta: Jogjakarta Teras, 2012.

Astrid, S.Susanto. Komunikasi Sosial Di Indonesia. Jakarta: Bina Cipta, 1980.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. “Respons.” KBBI VI Daring, 2016. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/respons.

D Marimba, Ahmad. Pegantar Filsafat Pendidikan Islam. 8th ed. Bandung: PT. Al-Maarif, 1989.

Dkk, Alrizka Hairi Dilfa. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Edited by Ira Atika Putri. 1st ed. Malang: 2023, 2023.

Dkk, H. Ali Bowo. Buku Pedoman Penulisan Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI Unissula. Edited by Ahmad Muflihin. 1st ed., 2021.

Eka. “Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia: Transformasi Menuju Pendidikan Yang Lebih Berkualitas.” GuruInovatif, 2023. https://guruinovatif.id/artikel/sejarah-perkembangan-kurikulum-di-indonesia- transformasi-menuju-pendidikan-yang-lebih-berkualitas.

Fahri, Zulfikar. “8 Sistem Pendidikan Di Berbagai Negara, Mana Yang Terbaik?” detikEdu, 2023. https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6760292/8-sistem- pendidikan-di-berbagai-negara-mana-yang-terbaik.

Fathiya, Yasmin Annisaa’. “Respon Guru PAI Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Islam Manba’ul Ulum Mayong Jepara.” Universitas Islam Negeri Walisongo, 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.