STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO UCHIA SPORT

Krisna Mukti Wibowo, Mubarok .

Abstract


Di tengah perkembangan bisnis di Indonesia yang semakin kompetitif, Uchia Sport menyadari pentingnya inovasi dan kreatif dalam menghadapi pesaingan yang ketat. Terutama dengan perubahan trend konsumen dan maraknya platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran digital yang diterapkan Uchia Sport dalam meningkatkan penjualan dan daya saing di pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini menggunakan teori marketing mix dan analisis SWOT untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan Uchia Sport. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif serta teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Uchia Sport telah berhasil meningkatkan brand awareness dan penjualan produk mereka. Uchia Sport memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram, sebagai sarana promosi yang efektif, serta mengadopsi pendekatan pemasaran yang komprehensif melalui segmentasi pasar, targeting, dan positioning yang tepat. Analisis SWOT juga mengungkap kekuatan Uchia Sport, seperti koneksi langsung dengan produsen dan strategi pemasaran yang konsisten, namun juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, termasuk keterbatasan sumber daya dan persaingan dari e-commerce. Dengan strategi yang terus berkembang, Uchia Sport diharapkan dapat mempertahankan keberhasilan dan terus bersaing di pasar yang dinamis.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Uchia Sport, Analisis SWOT, Media Sosial.



Full Text:

Untitled

References


Abdullah, Thamrin dan francis Tantri. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT. Grafindo Persada

Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Afrilia, A. M., Arifina, A. S., & Rumah, P. P. (2020). Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Penerbit Pustaka Rumah Cinta.

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Bauran Komunikasi Pemasaran Menurut. July, 1-23.

Nurlailah. 2014. Manajemen Pemasaran. Sidoarjo. CV. Cahaya Intan XII Afrilia, A. M. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “waroenk ora umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147-157.

Delvani, G. A., Mandaru, S. S. ., & Tuhana, V. E. (2022). Komunikasi Pemasaran Pada Perusahaan Untuk Menarik Minat Beli Pelanggan Selama Pandemi Covid-19. Komunikasi Pemasaran Pada Perusahaan Untuk Menarik Minat Beli Pelanggan Selama Pandemi Covid-19, 2(2), 273-283.

Azizah, Nur, Putri Shafira Carolina, and Mochamad Rifqi Alfaizi. “Pengaruh Penentuan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Produk Lokal.” Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna 8.2 (2020): 87-98.

Basu Swasta dan Hani Handoko. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Bahri, S., Harahap, R. R., Rahmah, H., Maulana, S., & Suhairi, S. (2023). Analisis Strategi Komunikasi Bisnis Efektif di Era Digital: Studi Kasus dari Berbagai Industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14374-14379.

Bahri, Syamsul, Riau Rizki Harahap, Hajrah Rahmah, Syahlaa Maulana, and Suhairi Suhairi. “Analisis Strategi Komunikasi Bisnis Efektif di Era Digital: Studi Kasus dari Berbagai Industri.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 2 (2023): 14374-14379.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.