Demonstrasi dan Edukasi Postur Tubuh yang Baik dan Benar di TPA Ummi Chamidah Kota Malang
Abstract
Postur tubuh merujuk pada cara seseorang ketika berdiri, duduk, atau bergerak. Postur yang baik penting untuk kesehatan fisik dan kesejahteraan, sedangkan postur yang buruk, seperti membungkuk atau duduk terlalu lama dalam posisi tidak nyaman, bisa menyebabkan masalah seperti nyeri punggung, ketegangan otot dan masalah tulang belakang lainnya. Dampak jangka panjang yang serius seperti gangguan muskuloskeletal dapat menyebabkan ketegangan, nyeri otot dan sendi, serta mengurangi stabilitas dan kekuatan tulang belakang, sehingga meningkatkan terjadinya risiko cedera kedepannya. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang masalah gangguan postur tubuh, terutama tentang pengertian, jenis, dan penyebab gangguan postur tubuh serta strategi pencegahan dari sedini mungkin. Pelaksanaan program ini dilaksanakan dengan tiga tahapan, yaitu tahap pra pelaksanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap pasca pelaksanaan yang dilakukan di TPA Ummi Chamidah Kota Malang pada 16 siswa sekolah dasar dengan cara melakukan penyuluhan menggunakan media poster kemudian mengajukan beberapa pertanyaan kuesioner sebagai alat ukur pengetahuan dan diakhiri dengan pengecekan postur pada setiap anak. Hasil yang didapat menunjukkan 13 siswa dari 16 siswa yang mengikuti kegiatan dapat mendemonstrasikan 4 cara postur yang baik dan benar ketika berdiri, berjalan, duduk dan mengambil barang.
Posture refers to the way a person stands, sits or moves. Good posture is important for physical health and well-being, while poor posture, such as slouching or sitting too long in an uncomfortable position, can cause problems such as back pain, muscle strain and other spinal problems. Serious long-term impacts such as musculoskeletal disorders can cause strain, muscle and joint pain, and reduce spinal stability and strength, increasing the risk of future injury. The purpose of this program is to provide knowledge to students about the problem of posture disorders, especially about the definition, types, and causes of posture disorders and prevention strategies from as early as possible. The implementation of this program was carried out in three stages, namely the pre-implementation stage, the implementation stage, and the post-implementation stage carried out at TPA Ummi Chamidah Malang City on 16 elementary school students by conducting counseling using poster media then asking several questionnaire questions as a knowledge measurement tool and ending with checking the posture of each child. The results obtained showed 13 students out of 16 students who participated in the activity could demonstrate 4 ways of good and correct posture when standing, walking, sitting and picking up items.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Erika, K. A., R, A. P., Asri, R. M., Azzahra, N. I., & Risna. (2022). Demonstrasi Postur Tubuh Yang Baik Dan Benar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 3(2), 104–109.
Indah Permata Sari, & Wanti Hasmar. (2023). Edukasi Postur Tubuh yang Benar pada Kasus Kifosis terhadap Siswa SMP Nurul Ilmi Jambi. Jurnal Medika: Medika, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.31004/w1r7rd07
Ismiyasa, S. W., Oktarina, M., Dhari, I. F. W., Nazhira, F., & Wahyuningtyas, W. (2024). Pendampingan Anak Sekolah SMP dalam Pemeriksaan Postur Tubuh untuk Mencegah Kelainan Tulang Belakang. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 50. https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.9944
Kasenda, J. F., Kawatu, P. A., & Sumampouw, O. J. (2020). Hubungan Antara Posisi Kerja Dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Anak Buah Kapal Di Pantai Pelabuhan Perikanan Tumumpa Kota Manado. Jurnal Kesmas, 9(6), 1–7.
Nabilah, N. D., Agustin, L., Susilo, T., & Sutandra, L. (2022). Hubungan Karakteristik Dengan Kejadian Skoliosis Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta Al Muslimin Pandan. Jurnal Kesehatan Dan Fisioterapi, 2, 26–34.
Naufal, A. F., & Wahyuni.H, N. I. (2022). Postur Abnormal dan Keseimbangan Pada Anak: Literature Study. FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 3(2), 113–119. https://doi.org/10.23917/fisiomu.v3i2.18040
Nugraha, R., Halimah, A., Tang, A., & Burhan. (2023). Analisis Kejadian Skoliosis Pada Anak Sekolah Dasar Di Kelurahan Sudiang Tahun 2023. Media Fisioterapi Politeknik Kesehatan Makassar, 15(2), 22–28. https://doi.org/10.32382/fis.v15i2.381
Pristianto, A., Setya, P., Utami, W., Gamal, A. A., Dwi Amri, N., & Lathifani, D. I. (2023). Upaya Preventif Gangguan Postur Pada Siswa dan Siswi SDN 2 Gonilan Dengan Media Boneka Karakter Tangan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6774
Rahman, I., Zalukhu, A. V., Aulia, A. R., & Fauzian, M. (2022). Sosialisasi Fisioterapi Terhadap Pencegahan Postur Tubuh Yang Buruk Pada Siswa Di SDN Baros Mandiri 4 Kota Cimahi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Digital (JUPED), 1(2), 18–22.
Rosida, M. N., Shinta, I. S., & Rahmanto, S. (2024). Edukasi Fisioterapi Bad Posture Pada Siswa-Siswi Di Smp Negeri 1 Kota Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 7(2), 134–140. https://doi.org/10.36341/jpm.v7i2.4239
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/abdimasku.4.1.1-7
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kedokteran
View My Stats