Tingkat Kesadaran Pelaku Usaha dalam Implementasi Pertanggungjawaban Sosial (Corporate Social Responsibility)
Abstract
Akhir-akhir ini, rendahnya tingkat kepedulian masyarakat terhadap lingkungan menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya membuktikan tingkat kesadaran pelaku usaha dalam mengimplementasikan pertanggungjawaban sosial terhadap lingkungannya. Populasi dalam penelitian ini adalah para karyawan dan karyawati perusahaan di DIY dan sekitarnya dan diperoleh sampel sebanyak 40 orang manajer menengah ke atas. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui persepsi pelaku usaha terhadap arti penting implementasi pertanggungjawaban sosial. Analisis data dilakukan dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas untuk membuktikan kesahihan instrumen, kemudian analisis deksriptif untuk mengetahui sebaran tingkat kesadaran pelaku usaha dalam implementasi pertanggungjawaban sosial. Hasil penelitian menunjukkan hanya enam dari enam belas pernyataan yang mencerminkan pertanggungjawaban sosial terhadap lingkungan yang telah dilakukan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Berdasarkan temuan tersebut, terbukti bahwa tingkat kesadaran pelaku usaha dalam implementasi pertanggungjawaban sosial masih rendah. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan pembentukan kesadaran peduli terhadap lingkungan sebaiknya dilakukan sedini mungkin melalui pendidikan karakter yang berkesinambungan mulai dari pendidikan dasar sampai dengan perguruan tinggi sehingga dapat mencetak generasi yang memiliki rasa tanggung jawab sosial.
Kata kunci: kesadaran, pendidikan karakter, pelaku usaha, pertanggungjawaban sosial
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.