IMPLIKASI REVOLUSI INDUSTRI TERHADAP LINTAS GENERASI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Tubuh pendidikan Islam membutuhkan reformasi agar mampu menjawab tantangan-tantangan yang dihadirkan dari perubahan zaman. Implikasi dari perubahan era bagi dunia pendidikan pasti memberikan paradigma pada setiap logika bahwa era revolusi industri ini memunculkan fenomena disrupsi (disruption) yang mengharuskan pendidikan Islam memiliki solusi yang dapat ditawarkan agar pendidikan Islam mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Pendidikan Islam dihadapkan dengan tantangan untuk meningkatkan potensi pelaku pendidikan sehingga menghadirkan peluang-peluang untuk bisa meraungi lokomotif perubahan. Tawaran solutif yang bisa direkomendasikan yaitu menghadirkan literasi baru agar bisa lebih membuka pengetahuan dan juga berpengaruh pada sikap dan karakter, pembaharuan (upgrade) sistem, SDM, dan KBM agar pendididkan Islam mampu menghasilakn output-output yang siap terjun dalam kehidupan era disrupsi. sintesis dan sinergisitas revolusi indusri 4.0 ini sebagai batu loncatan agar pelaku tidak hanya sekedar menjadi penonton melainkan pemain yang berkualitas dan memunculkan wajah baru generasi pendidikan Islam yang unggul dan siap mendisrupsikan diri menjadi lebih baik.
Full Text:
PDFReferences
Barbas, M., Loureiro, A., Messias, I., & Pacheco, N. (2015). Visualyzart Project - The Role In Education. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.256
Esturgo, E., & Sala-Roca, J. (2009). Disruptive Behaviour Of Students In Primary Education and Emotional Intelligence. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.tate.2009.10.020
Hamidi, F., Bagherzadeh, Z., & Gafarzadeh, S. (2010). The Role Of Islamic Education In Mental Health. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.420
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Idoia, E., & Oskoz, A. (2017). Writing With 21st Century Social Tools In The L2 Classroom: New Literacies, Genres, and Writing Practices. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.jslw.2017.04.002
Munastiwi, E. (2015). The Management Model of Vocational Education Quality Assurance “Using Holistic Skills Education (Holsked).†Elsevier Ltd, 218–230. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.144
Pincus, K. V., Stout, D. E., Sorensen, J. E., Stocks, K. D., & Lawson, R. A. (2017). Forces For Change In Higher Education and Implications For the Accounting Academy. 1–18. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2017.06.001
Smith, B., & Magnani, J. (2019). New Technologies, New Disparities: The Intersection Of Electronic Health and Digital Helth Literacy. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.ijcard.2019.05.066
Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revolusi Mental. 1, 102–110.
Svagzdiene, B., Jasinskas, E., Simanavicius, A., Bradauskiene, K., & Vveinhardt, J. (2015). Social Competence Of Aesthetic Education Of Sport Industry Managers: Fundamentality and Innovations Synergies. 348–353. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.148
Waghid, Y. (2010). Islamic Education. Elsevier Ltd.
Ziai, J. M., & Smith, B. (2012). Pathology Resident And Fellow Education In A Time Of Disruptive Technologies. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.cll.2012.07.004
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/cois.v0i0.8076
Refbacks
- There are currently no refbacks.