Peran Guru PAI dalam Penanganan Kesehatan mental Siswa

Disa Insanul Ikhlas

Abstract


Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan meningkatkan kesehatan mental siswa. Dalam perspektif Islam, terdapat kaitan erat antara prinsip-prinsip ajaran Islam dan kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru PAI dalam menangani kesehatan mental siswa pada tingkat MTs dengan pendekatan kualitatif dan metode penelitian kepustakaan. Pembahasan menguraikan konsep Pendidikan Agama Islam, dukungan dan tantangan kesehatan mental remaja, pandangan Islam tentang kesehatan mental, tugas guru PAI, upaya pembinaan mental, faktor penghambat, dan peran guru PAI dalam meningkatkan kesehatan mental siswa. Hasil menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pembimbing, motivator, pendidik nilai moral-spiritual, fasilitator pembinaan mental, serta penyedia dukungan emosional-spiritual. Mereka juga menjembatani sekolah dan keluarga dalam menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan mental siswa. Faktor penghambat seperti pengaruh keluarga dan pergaulan perlu diatasi melalui kolaborasi antara guru, orang tua, dan lingkungan sosial siswa. Dengan menjalankan perannya secara efektif, guru PAI dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan mental siswa secara holistik dan berkelanjutan.


Keywords


Kesehatan mental, Peran Guru, PAI, Siswa

Full Text:

PDF

References


Aldris, M. 2024. KESEHATAN MENTAL REMAJA MENJAGA KESEJAHTERAAN DI MASA TRANSISI. Circle Archive, 1(4).

Al Mansyur, Y., & Salim, H. 2023. Peran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menjaga Kesehatan Mental Siswa di SMP Negeri 2 Wonogiri. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001).

Chabib Thoha. 1996. “Pendidikan Agama Islam.” Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hadi, S. 2022. Peranan Guru PAI Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Melalui Pembiasaan Pada Siswa SMP Negeri 10 Mukomuko-Bengkulu. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan KeIslaman, 11(1), 81-96.

Hamidah, R. N., & Rosidah, N. S. 2021. Konsep kesehatan mental remaja dalam perspektif Islam. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 2(1), 26-33.

Khasanah, D. 2022. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Membina Kesehatan Mental Peserta Didik Kabupaten Cilacap.

Muvid, M. B., Miftahuuddin, M., & Abdullah, M. 2020. Pendidikan Islam Kontemporer Perspektif Hasan Langgulung Dan Zakiah Darajat. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 115-137.

Pratama, S., & Alamsyah, A. 2022. Pengaruh Guru Pendidikan Islam dalam Membangun Kesehatan Mental Belajar Siswa. JBKPI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 1(02), 22-30.

Saputra, A., & Suryadi, A. 2022. Prinsip pengelolaan pendidikan kesehatan mental berbasis islam. Perspektif, 1(4), 412-427.

Sudarto, S., Muti, F., & Samsudin, S. Peran Ayah dalam Mendidik Keluarga Perspektif Al-Qur'an Surat At-Tahrim Ayat: 6. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 6(2), 190-204.

Syamsih, D. 2024. TUNTUNAN MEMBANGUN KESEJAHTERAAN MENTAL: PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING. Journal of Therapia, 1(1).

Tafsir, Ahmad. “Metodologi Pengajaran Agama Islam”. (2000).

Tanhan, A., & Young, J. S. 2022. “Traditional Beliefs and Stigma Related to Mental Health Problems among the Bugis Makassar Community in South Sulawesi, Indonesia: A Qualitative Study.” Journal of Ethnic & Cultural Studies, 9(1), 71-86.

Umar, M., & Ismail, F. 2020. Pendidikan Agama Islam.

Zakiah Daradjat. 2003. “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.” Bandung: Sinar Baru Algesindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.7.1.44-55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License