Kontekstualisasi Pendidikan Keluarga dalam Hadits Tarbawi

Badrul Qomar, Khoiriyah Khoiriyah

Abstract


Pendidikan anak adalah proses multidimensional yang menempatkan orang tua sebagai elemen utama dalam pembentukan kepribadian dan karakter anak. Orang tua bukan  hanya bertindak menjadi pendidik saja, melainkan  sebagai contoh teladan dalam mempengaruhi nilai moral, etika, dan sikap hidup anak. Ajaran dan hadits Nabi Muhammad SAW menekankan pentingnya komitmen orang tua ketika mendidik anak supaya memiliki pribadi muslim yang berakhlak mulia dan maslahah bagi masyarakat. Dalam Islam, kasih sayang dan empati yang dicontohkan Rasulullah SAW dalam mendidik keluarga menjadi pondasi utama dalam mengintraksikan hubungan yang harmonis. Di era modern, tantangan baru bagi orang tua muncul seiring perkembangan teknologi, yang memerlukan perhatian khusus agar anak terhindar dari pengaruh negatif. Selain itu, penanaman nilai-nilai agama sejak dini, seperti anjuran Rasulullah SAW dalam mengajarkan ibadah, membekali anak dengan fondasi iman yang kokoh. Dengan teladan, kasih sayang, dan bimbingan bijaksana, orang tua dapat membantu membentuk generasi unggul secara akademis, tetapi juga berkarakter dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Pendidikan dalam keluarga, yang berpijak pada nilai-nilai Islam, menjadi fondasi kuat bagi perkembangan anak sebagai generasi penerus yang mampu membawa perubahan positif bagi dunia.


Keywords


Pendidikan anak , Peran Orang Tua, Nilai Moral dan Agama

Full Text:

PDF

References


Dishion, T. J., Patterson, G. R., Stoolmiller, M., & Skinner, M. L. (1991). Family, school, and behavioral antecedents to early adolescent involvement with antisocial peers. Developmental Psychology, 27(1), 172–180. https://doi.org/10.1037/0012-1649.27.1.172

Goldsmith, H. H., & Alansky, J. A. (1987). Maternal and infant temperamental predictors of attachment: A meta-analytic review. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 55(6), 805–816. https://doi.org/10.1037/0022-006X.55.6.805

Gómez-Lugo, M., Espada, J. P., Morales, A., Marchal-Bertrand, L., Soler, F., & Vallejo-Medina, P. (2016). Adaptation, Validation, Reliability and Factorial Equivalence of the Rosenberg Self-Esteem Scale in Colombian and Spanish Population. The Spanish Journal of Psychology, 19, E66. https://doi.org/10.1017/sjp.2016.67

Hakim, R., & Noviyanti, R. (2024). Imām al-Māwardī’s View on the Concept of Taxation (Kharaj) in al-Aḥkām Sultḥāniyyah. Journal of Islamic Thought and Civilization, 14(1), 266–282. https://doi.org/10.32350/jitc.141.16

Hubbell, W. K. (1951). CHILDHOOD AND SOCIETY. By Erik H. Erikson. New York: W. W. Norton and Company, 1950. 397 pp. $4.00. Social Forces, 29(4), 464–465. https://doi.org/10.2307/2572742

Huebner, M., Vach, W., & le Cessie, S. (2016). A systematic approach to initial data analysis is good research practice. The Journal of Thoracic and Cardiovascular Surgery, 151(1), 25–27. https://doi.org/10.1016/j.jtcvs.2015.09.085

Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40

Karina, Z., & Sodik, M. A. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesehatan. https://doi.org/10.31219/osf.io/f4ytx

Khorida Filasofa, L. M. (2021). Pendidikan ibadah shalat anak usia dini pada era modern. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(1), 79. https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.3894

Mak, K.-H., Vidal-Petiot, E., Young, R., Sorbets, E., Greenlaw, N., Ford, I., Tendera, M., Ferrari, R., Tardif, J.-C., Udell, J. A., Escobedo, J., Fox, K. M., & Steg, P. G. (2022). Prevalence of diabetes and impact on cardiovascular events and mortality in patients with chronic coronary syndromes, across multiple geographical regions and ethnicities. European Journal of Preventive Cardiology, 28(16), 1795–1806. https://doi.org/10.1093/eurjpc/zwab011

Mihara, S., & Higuchi, S. (2017). Cross‐sectional and longitudinal epidemiological studies of I nternet gaming disorder: A systematic review of the literature. Psychiatry and Clinical Neurosciences, 71(7), 425–444. https://doi.org/10.1111/pcn.12532

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Rahmawati, F., & Wirdati, W. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. An-Nuha, 1(4), 584–597. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.114

Ross-Stewart, L., Short, S. E., & Terrance, C. A. (2010). A Narrative Review of the Relationships among Imagery, Exercise, and Self-Efficacy. Journal of Imagery Research in Sport and Physical Activity, 5(1). https://doi.org/10.2202/1932-0191.1051

Witt, S., & Smith, K. (2019). Libraries in times of crisis. IFLA Journal, 45(1), 3–4. https://doi.org/10.1177/0340035219830549

Yakub dan Herman. (2011). Teori K3. Convention Center Di Kota Tegal, 4(80), 4.

Yuniar, S. E., & Hikmah, K. (2024). Jinas Al-Asy’ar Fi Al-Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Li Asy-Syaikh Az-Zarnujy (Dirasah Tahliliyyah Balaghiyyah). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3622–3628. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3940




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.8.1.1-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License