Kontekstualisasi Pendidikan Keluarga dalam Hadits Tarbawi
Abstract
Pendidikan anak adalah proses multidimensional yang menempatkan orang tua sebagai elemen utama dalam pembentukan kepribadian dan karakter anak. Orang tua bukan hanya bertindak menjadi pendidik saja, melainkan sebagai contoh teladan dalam mempengaruhi nilai moral, etika, dan sikap hidup anak. Ajaran dan hadits Nabi Muhammad SAW menekankan pentingnya komitmen orang tua ketika mendidik anak supaya memiliki pribadi muslim yang berakhlak mulia dan maslahah bagi masyarakat. Dalam Islam, kasih sayang dan empati yang dicontohkan Rasulullah SAW dalam mendidik keluarga menjadi pondasi utama dalam mengintraksikan hubungan yang harmonis. Di era modern, tantangan baru bagi orang tua muncul seiring perkembangan teknologi, yang memerlukan perhatian khusus agar anak terhindar dari pengaruh negatif. Selain itu, penanaman nilai-nilai agama sejak dini, seperti anjuran Rasulullah SAW dalam mengajarkan ibadah, membekali anak dengan fondasi iman yang kokoh. Dengan teladan, kasih sayang, dan bimbingan bijaksana, orang tua dapat membantu membentuk generasi unggul secara akademis, tetapi juga berkarakter dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Pendidikan dalam keluarga, yang berpijak pada nilai-nilai Islam, menjadi fondasi kuat bagi perkembangan anak sebagai generasi penerus yang mampu membawa perubahan positif bagi dunia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dishion, T. J., Patterson, G. R., Stoolmiller, M., & Skinner, M. L. (1991). Family, school, and behavioral antecedents to early adolescent involvement with antisocial peers. Developmental Psychology, 27(1), 172–180. https://doi.org/10.1037/0012-1649.27.1.172
Goldsmith, H. H., & Alansky, J. A. (1987). Maternal and infant temperamental predictors of attachment: A meta-analytic review. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 55(6), 805–816. https://doi.org/10.1037/0022-006X.55.6.805
Gómez-Lugo, M., Espada, J. P., Morales, A., Marchal-Bertrand, L., Soler, F., & Vallejo-Medina, P. (2016). Adaptation, Validation, Reliability and Factorial Equivalence of the Rosenberg Self-Esteem Scale in Colombian and Spanish Population. The Spanish Journal of Psychology, 19, E66. https://doi.org/10.1017/sjp.2016.67
Hakim, R., & Noviyanti, R. (2024). Imām al-Māwardī’s View on the Concept of Taxation (Kharaj) in al-Aḥkām Sultḥāniyyah. Journal of Islamic Thought and Civilization, 14(1), 266–282. https://doi.org/10.32350/jitc.141.16
Hubbell, W. K. (1951). CHILDHOOD AND SOCIETY. By Erik H. Erikson. New York: W. W. Norton and Company, 1950. 397 pp. $4.00. Social Forces, 29(4), 464–465. https://doi.org/10.2307/2572742
Huebner, M., Vach, W., & le Cessie, S. (2016). A systematic approach to initial data analysis is good research practice. The Journal of Thoracic and Cardiovascular Surgery, 151(1), 25–27. https://doi.org/10.1016/j.jtcvs.2015.09.085
Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40
Karina, Z., & Sodik, M. A. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesehatan. https://doi.org/10.31219/osf.io/f4ytx
Khorida Filasofa, L. M. (2021). Pendidikan ibadah shalat anak usia dini pada era modern. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(1), 79. https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.3894
Mak, K.-H., Vidal-Petiot, E., Young, R., Sorbets, E., Greenlaw, N., Ford, I., Tendera, M., Ferrari, R., Tardif, J.-C., Udell, J. A., Escobedo, J., Fox, K. M., & Steg, P. G. (2022). Prevalence of diabetes and impact on cardiovascular events and mortality in patients with chronic coronary syndromes, across multiple geographical regions and ethnicities. European Journal of Preventive Cardiology, 28(16), 1795–1806. https://doi.org/10.1093/eurjpc/zwab011
Mihara, S., & Higuchi, S. (2017). Cross‐sectional and longitudinal epidemiological studies of I nternet gaming disorder: A systematic review of the literature. Psychiatry and Clinical Neurosciences, 71(7), 425–444. https://doi.org/10.1111/pcn.12532
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Rahmawati, F., & Wirdati, W. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. An-Nuha, 1(4), 584–597. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.114
Ross-Stewart, L., Short, S. E., & Terrance, C. A. (2010). A Narrative Review of the Relationships among Imagery, Exercise, and Self-Efficacy. Journal of Imagery Research in Sport and Physical Activity, 5(1). https://doi.org/10.2202/1932-0191.1051
Witt, S., & Smith, K. (2019). Libraries in times of crisis. IFLA Journal, 45(1), 3–4. https://doi.org/10.1177/0340035219830549
Yakub dan Herman. (2011). Teori K3. Convention Center Di Kota Tegal, 4(80), 4.
Yuniar, S. E., & Hikmah, K. (2024). Jinas Al-Asy’ar Fi Al-Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Li Asy-Syaikh Az-Zarnujy (Dirasah Tahliliyyah Balaghiyyah). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3622–3628. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3940
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.8.1.1-11
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License