Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kurikulum Merdeka

Ira Oktaria, Alwizar Alwizar, Djeprin Ehulawa

Abstract


Pemikiran Fazlur Rahman sangat penting dipelajari khususnya dalam lingkup pendidikan Islam sebagai upaya untuk mengatasi dualisme dalam lingkup pendidikan dan kurikulum pendidikan Islam. Fazlur Rahman dikenal dengan pemikirannya yang cerdas sehingga dijuluki sebagai sosok intelektualisme Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan metode analisis isi. Sumber utamanya adalah buku-buku primer Fazlur Rahman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Fazlur Rahman terhadap nilai-nilai pendidikan Islam di antaranya: a) Integrasi Ilmu dan Agama, b) Pendidikan sebagai proses yang dinamis, c) Kontekstualisasi, d) Pendidikan untuk semua. Kemudian dalam kaitannya dengan kurikulum merdeka di antaranya: a) Profil Pelajar Pancasila, b) Mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dan hadis, c) Menanamkan nilai-nilai kejujuran, disiplin dan tanggung jawab, d) Integrasi ilmu di berbagai mata pelajaran, e) Pengembangan kemampuan berpikir kritis kreatif dan kolaboratif, f) Menggunakan metode pembelajaran yang dapat memperkuat pemahaman ajaran Islam, g) Pelatihan dan pengembangan kompetensi guru. Sementara itu, relevansi pemikiran Fazlur Rahman terhadap nilai-nilai pendidikan Islam dalam kurikulum Merdeka diharapkan dapat membuat pribadi peserta didik menjadi sosok yang kreatif.

 

Keywords


Pemikiran Fazlur Rahman, Nilai-nilai Pendidikan Islam, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Abdullah, K. (2018). Berbagai Metodologi dalam Penelitian Pendidikan dan Manajemen. Samata-Gowa: Gunadarma Ilmu

Ansori Haerul, (2021). Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Pendidikan dan Relevansinya Dengan Dunia Modern, ATTA’DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 60-61

Afandi, Muksin & Fadatul Risa M, (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 10(2), 196

Bisri Khasan, (2021). Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Pendidikan Islam dan Aktualisasinya Dengan Dunia Modern, Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(3), 1397-1405

Boang Juliati Manalu, Pernando Sitohang & Heriwati Netty Henrika, (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 82-84

Bungin Burhan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Fathurrohim F, (2023). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam, Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(2), 184-194

Fazlur Rahman. (2017). Islam Sejarah Pemikiran dan Peradaban. Bandung: Penerbit Mizan

Fazlur Rahman, (2017). Islam, Bandung: Penerbit Pustaka

Fazlur Rahman, (1983). Membuka Pintu Ijtihad, Bandung: Penerbit Pustaka

Fazlur Rahman, (1982). Islam dan Modernitas Tentang Transformasi Intelektual, Bandung: Penerbit Pustaka

Fazlur Rahman, (1983). Tema Pokok Al-Qur’an, Bandung: Penerbit Pustaka

Iqbal Muhammad. (1988). Fazlur Rahman: His Life and Work. Oxford: University Press

Labuem, W. N. M. Y. S., Al Mansur, D. W. A. M., Masgumelar, H. A. N. K., Wijayanto, A., Or, S., Kom, S., ... & Or, S. (2021). Implementasi dan problematika merdeka belajar. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Lestari Sevi, (2022). Kajian Konsep Merdeka Belajar dari Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 58

Muhammad Sahrul, Rahmayanti Indah & Muhammad Fadli Ramadhan, (2023). Relevansi Pendidikan Kurikulum Merdeka Belajar dengan Pemikiran Saintis Muslim Ibnu Sina dan Ibnu Rusyd, Studi Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 7(1), 286.

Madaniyah, Roza Ellya, (2024). Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pandangan Perspektif Tujuan Pendidikan Islam, AL Mikraj: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 5(2), 921-923

Nata Abuddin. (2013). Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Nur’ainun Ritonga, & Maragustam Siregar, (2024). Pemikiran Pendidikan Islam Fazlur Rahman dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 146-147.

Rohma Nur Zulika & Yuli Nita Astuti, (2024). Studi Analisis: Relevansi Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Sina dengan Kurikulum Merdeka, Moderasi: Joernal of Islamic Studies, 4(1), 15-16.

Rohmah H, (2019). Pembinaan Karakter Siswa di SMP Negeri 4 Metro RI Ayah, Jurnal Sosial dan Keagamaan, 4(1), 98

Saihu, (2020). Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 84-85.

Susilowati Evi, (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Al-Miskawih: Journal of Science education, 1(1), 122-123

Syahrizal, (2024). Integrasi Nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadis dalam Kurikulum Merdeka Pada Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 15538

Tjahjono, A. B., Sholeh, M. A., Muflihin, A., Anwar, K., Sholihah, H., Makhshun, T., ... & Athoillah, S. (2023). Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Budaya Akademik Islami (BUDAI). CV. Zenius Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.8.1.31-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License