Pendampingan Pengembangan Teknologi Informasi pada UMKM Rangkul Semarang
Abstract
UMKM Rangkul (Rakyat Semarang Kuliner) merupakan suatu wadah perkumpulan bagi para pelaku UMKM di bidang kuliner yang ada di Kecamatan Ngaliyan. Sasaran UMKM Rangkul adalah meningkatkan pemasaran lokal maupun global produk – produk UMKM sebesar rata-rata 5 % per tahun. Namun terbatasnya akses masyarakat di luar anggota UMKM atas informasi produk-produk yang ada pada paguyuban membuat potensi pemasaran sangatlah kecil. Oleh karena itu dibutuhkan pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi guna mendukung promosi pemasaran pada UMKM Rangkul ini. Salah satu solusinya adalah dengan katalog online yang dapat diakses masyarakat luas untuk lebih mudah mengetahui produk-produk apa saja yang ada pada paguyuban UMKM Rangkul semarang. Solusi dari permasalahan ini direalisasikan dalam bentuk pengembangan Katalog Online produk-produk anggota UMKM Rangkul semarang yang dapat diakses melalui internet dan handal dalam menyajikan informasi.
UMKM Rangkul (Rakyat Semarang Kuliner) is an association forum for MSME actors in the culinary field in Ngaliyan District. The target of UMKM Rangkul is to increase local and global marketing of UMKM products by an average of 5% per year. However, the limited access of people outside of UMKM members to information on products in the association makes the marketing potential very small. Therefore, it is necessary to use and develop information technology to support marketing promotions in this UMKM Rangkul. One solution is to use an online catalog that can be accessed by the wider community to more easily find out what products are in the UMKM Rangkul Association, Semarang. The solution to this problem is realized in the form of developing an Online Catalog of products for members of UMKM Rangkul Semarang which can be accessed via the internet and is reliable in presenting information.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bukit, F. R. A., AS, G. G., Irvan, I., & Fahmi, F. (2019). Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 229–236.
Hajriyanti, R., & Akbar, R. (2021). Analisis Dampak Pandemi COVID 19 Terhadap Pemasaran Online di Kecil dan Usaha Menengah (UMKM). Jurnal EMT KITA, 5(2), 140–145.
Hakim, F. N., Solechan, A., & Migunani, M. (2015). Perancangan Katalog Digital Pada UMKM Sentra Bordir Desa Padurenan Kudus. Jurnal Informatika Upgris, 1(2 Desember).. http://e-jurnal.upgrismg.ac.id/index.php/JIU/article/view/874
Hayami, R. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Katalog Online Dan Sistem Pemesanan Produk. JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer), 9(2), 440–447.
Hidayat, A. K., Nugroho, R. S., Setiawan, G. P., & Padmantyo, S. (2020). Pengembangan UMKM di Kabupaten Jepara Melalui Pembuatan Promosi Katalog Mebel. Proceeding of The URECOL, 22–26.
Izzah, A., & Kusuma, S. F. (2016). Pembuatan Katalog Online Layanan Jasa Berbasis Web sebagai Media Periklanan Penyedia Layanan Jasa. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 108–115.
Pasaribu, R. (2020). Optimalisasi media online sebagai solusi promosi pemasaran umkm di semarang pada masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(1), 33–44.
Rustiarini, N. W., Anggraini, N. P. N., & Satwam, I. K. S. B. (2021). Perancangan Katalog Produk Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2615–2624.
Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. Proceedings, 1(1).
Susanti, N. (2018). Perancangan e-marketing UMKM kerajinan Tas. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(1), 717–722.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.4.1.66-73
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.