Literasi Data dan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Artificial Intelligence bagi Pengajar SMA Negeri 2 Surakarta
Abstract
Teknologi Artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran tidak bisa dihindari. Hal tersebut memerlukan peningkatan kompetensi guru dan infrastruktur digital di dalam lingkungan sekolah. Hadirnya teknologi tersebut sering kali disalah gunakan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Memperhatikan situasi tersebut pengajar atau guru dituntut untuk meningkatkan kompetensi dalam menggunakan teknologi informasi dalam memanfaatkan AI secara baik dan tepat sasaran. Selain itu belum adanya skill atau background pendidikan guru yang berelasi dengan mata pelajaran yang diampu menjadikan permasalahan yang perlu diatasi dalam jangka waktu yang dekat karena siswa perlu mendapatkan pemahaman yang tepat dari materi yang diajarkan. Sehingga perlu dukungan dari insan Perguruan Tinggi untuk melaksanakan pengabdian dengan memberikan pelatihan maupun pendampingan dalam pemanfaatan teknologi AI di dalam menunjang pembelajaran, apalagi untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Informatika yang mana transformasi digital yang pergerakannya sangat cepat. Pelatihan dan Pendampingan yang dilakukan bertujuan untuk membantu pengajar SMA menyesuaikan materi pembelajaran berdasarkan pola belajar, kebutuhan, kekuatan, kelemahan masing-masing siswa, dan dapat membantu pengajar untuk memanajemen tugas-tugas administratif seperti membuat bahan ajar, RPP atau silabus, penjadwalan, dan penilaian. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu siswa belajar secara mandiri dengan memanfaatkan AI berbasis tutor virtual sesuai dengan tema pembelajaran, serta siswa dapat menggunakan teknologi secara bertanggung jawab dan etis. Pelatihan ini juga mengenalkan teknologi untuk mendeteksi karya hasil kecerdasan buatan atau AI. Hasil dari implementasi pelatihan literasi dan pemanfaatan AI bagi pengajar SMA berupa publikasi di media online, video dan jurnal/prosiding.
Artificial intelligence has already been creating an impact on education. AI's impact on education is transformative and multi-faceted. Artificial intelligence is inevitable. AI powered adaptive learning which can provide immersive experience. Therefore, Artificial intelligence tools can enhance the teachers' and students' experience by providing personalized learning materials, automating administrative tasks, and even offering tutoring assistance. AI can enhance learning outcomes and ensure students receive the support they require to succeed. Therefore, teaching training programs and training courses were held by the university to enhance teachers’ understanding in line with the technology, especially in the use of AI. The training and courses assist in automating administrative tasks, freeing up valuable time for educators. From grading assignments and providing feedback to generating reports, teachers can focus more on individualized instruction and student support. This helps create a more efficient and productive learning environment. By using technology effectively educators can make informed decisions to improve teaching methods, curriculum design, and educational policies. Educators can create educational systems that are more personalized, efficient, and responsive to the needs of students. This purpose of this study is to improve teachers' knowledge on AI. By using AI educators create educational systems that are more personalized, efficient, and responsive to the needs of students. The result of this research included the teachers' product such as books, video, journal, and proceeding by implementing AI.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Maharani, D., Anggraeni, D., & Nofitri, R. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembuatan Presentasi bagi Guru-Guru Brainfor Islamic School Kisaran. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 2(1). https://doi.org/10.59435/jiss.v2i1.219
Montessori, M., & Indrawadi, J. (2022). Pelatihan Literasi Digital dalam Pembelajaran PPKn bagi Guru PPKn SMA. Journal of Education, Cultural and Politics, 2(1). https://doi.org/10.24036/jecco.v2i1.34
Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. J. (2020). Artificial Intellegence dengan Pembentukan Nilai dan Karakter di Bidang Pendidikan. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 4(2). https://doi.org/10.21043/ji.v4i2.8625
Mushthofa, Wahyono, Asfarian, A., Ramadhan, A. D., Putro, P. H., Wisnubhadra, I., Saputra, B., & Pratiwi, H. (2021). INFORMATIKA SMA KELAS X. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Prasetyo, W. H., & Gunarsi, S. H. (2019). Fabrikasi Fitnah Dan Gerakan Dakwah Pemuda: Penguatan Literasi Media Dan Pengelolaan Media Sosial Pada Organisasi Kepemudaan Masjid Forsam Klaten Selatan. The 9th University Research Colloqium (Urecol), 9(2).
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1). https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680
Setiawati, T., Rahman, N., & Agustini, V. D. (2021). Pelatihan Literasi Media Digital dan Keamanan Data untuk Pelajar SMA Islam Al Fajar. Journal of Servite, 3(2). https://doi.org/10.37535/102003220212
Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Santo Gitakarma, M. (2022). Peran artificial intelligence (AI) untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Komteks, 1(1). https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/Komteks/article/view/1062
Wijayanti, S. W., Masbukhin, F. A. A., Sausan, I., Suciana, D., & Wathi, A. F. D. (2023). Pelatihan Kahoot! pada Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Tangerang Selatan Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan TPACK dalam Pembelajaran. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4). https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i4.9475
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.6.2.201-208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Andy Supriyadi, Nurul Firdaus, Fiddin Yusfida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.