Pelatihan Pengurangan Risiko Bencana (Prb) STIKes WCH Bekerja Sama dengan SMA/SMK Malang

Yahmi Ira Setyaningrum, Guritan Indra Sukma

Abstract


Abstrak

Gempa merupakan bencana alam yang sering terjadi di Malang Raya. Gempa menimbulkan berbagai dampak negatif yang merugikan baik material maupun non material. Gempa tidak dapat dihindari, tetapi dapat diminimalkan risiko kerugian melalui suatu pelatihan pengurangan risiko bencana (PRB). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan remaja dalam menghadapi bencana gempa bumi melalui pelatihan PRB. Metode penelitian dengan quasi eksperimen rancangan the group pretest-posttest. Hasil implikasi pelatihan PRB terhadap siswa SMA/SMK menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan mengenai definisi gempa, potensi gempa, usaha PRB sebesar 55 poin. Pengetahuan siswa sebelum pelatihan rata-ratanya 42, setelah mengikuti pelatihan meningkat menjadi 97. Kesadaran remaja terhadap  PRB juga meningkat sebesar 64%. Kesadaran siswa sebelum pelatihan sebesar 18%, setelah pelatihan kesadaran menjadi 63%. Kesiapsiagaan remaja ketika terjadi bencana juga akan meningkat dari 18% menjadi 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelatihan PRB mampu meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kesiapsiagaan remaja SMK/SMK di Malang dalam menghadapi bencana gempa bumi.

 

Kata kunci: gempa; bencana; pelatihan; pengurangan; risiko.

 

 

Abstract

Earthquake is a disaster that frequently occurs in Malang. The earthquake has caused  undesireble impacts not only material but also non material loss. Earthquakes cannot be avoided, but the risks of loss can be minimized through  disaster risk reduction training ( PRB).  The training target is enhancing knowledge and preparedness of teenages in facing disaster through PRB training. The method  carried out is by quasi experimentdesign using pre-test and post-test. The implication result of PRB training to  high school and vocational highschool  students shows there is enhnced  knowledge on disaster definition, disaster potentials recognition, and  disaster risk reduction effort as much as  55 point. Students knowledge before training  is 49 for the average.after the training it becomes 97. The students’ awareness on disaster risk reduction improves 64 % .The students’ awareness before is 18 % and  it becomes  63% after the training. The teenagers’ preparedness when a disaster occurs improves  18 % to become 89%. Based on the research it can be concluded that disaster risk reduction training PRB could enhance knowledge, awareness and preparedness of high school and vocational high school students in facing disaster especially earthquake.

 

Keywords: earthquake; disaster; training; reduction; risk


Keywords


gempa; pengurangan; resiko; bencana; earthquake; disaster; training; reduction; risk

Full Text:

PDF

References


Desmonda, N.I, dan Pamungkas A. (2014). Penentuan Zona Kerentanan Bencana Gempa Bumi Tektonik Di Kabupaten Malang Wilayah Selatan. Jurnal Teknik Pomits, vol. 3, pp. 1-10. http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/7232.

Frantika R., Ardoni. (2019). Kemas Ulang Informasi Dalam Pembuatan Buku Pintar Siaga (Studi Kasus: Pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Barat). Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, vol. 8, pp. 1-10. http://103.216.87.80/index.php/iipk/article/view/107311

Hardaningrum, O., Sulaeman, C., Supriyana, E. (2016). Zonasi Rawan Bencana Gempa Bumi Kota Malang Berdasarkan Analisis Horizontal Vertical To Spectral Ratio (HVSR)â€, dalam Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016 “Peran Penelitian Ilmu Dasar Dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan†Jatinangor, vol. 1, pp. 170-175. http://riset.fmipa.unpad.ac.id/data/uploads/paper/semnas/2016/034.-170-175-oxtavi-hardaningrum.pdf.

Indriasari, F. N. (2016). Pengaruh Pemberian Metode Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Anak Di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal Of Nursing), vol. 11, pp. 1-10. http://www.jks.fikes.unsoed.ac.id /index.php/jks/article/view/700

Khatimah, S., Sari, A., Dirhamsyah, M. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Simulasi School Watching Terhadap Sikap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Ilmu Kebencanaan (JIKA), vol. 2, pp. 11-18. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIKA/article/view/5617

Manesh,K..A., Ashkenazi, M., Djalali, A., Ingrassia, P. L., Friedl,T., Armin, G.V., Lupesco, K. Kaptan, C. Arculeo, B. Hreckovski, R. Komadina, P. Fisher, S. Voigt, J. James, Gursky, E. (2015). Education In Disaster Management And Emergencies: Defining A New European Course. Project Disaster Medicine And Public Health Preparedness, vol. 0, pp. 1-11. https://www.cambridge.org/core/journals/disaster-medicine-and-public-health-preparedness/article/education-in-disaster-management-and-emergencies-defining-a-new-european-course/FA722D474D090481986927BA9EC12F28.

Manesh, A.K. (2017). “Youth Are Our Future Assets In Emergency And Disaster Managementâ€, Bull Emerg Trauma vol. 5, pp. 1-3.https://www.cambridge.org/core/journals/disaster-medicine-and-public-health-preparedness/article/education-in-disaster-management-and-emergencies-defining-a-new-european-course/FA722D474D090481986927BA9EC12F28.

Mutianingsih, dan Mustikasari. (2019) “Dampak Psikologis Gempa Bumi Terhadap Kelompok Rentan : Lansia,†Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, vol. 15, pp. 18-23. http://ejournal.stikesmuhgombong.ac.id/index.php/JIKK/article/view/290.

Rinanda, S. (2013). Pengaruh Metode Simulasi Tanggap Bencana Alam Terhadap Kemampuan Mitigasi Pada Anak Tunagrahita Ringan Di Kelas C/D Vi Slb Perwari Padang. Jurnal ilmiah pendidikan khusus, vol. 1, pp. 164-173. http://103.216.87.80/index.php/jupekhu/article/view/944

Suciana, F, dan Permatasari, D. (2019). Pengaruh Edukasi Audio Visual dan Role Play Terhadap Perilaku Siaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar. Journal Of Holistic Nursing Science, vol. 6, pp. 44-51. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/nursing/article/view/2543




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.2.1.92-100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.